4 Cara Agar Tidak Terlihat Online di Whatsapp Oleh Nomor Lain, Sembunyikan dengan Mudah

Editor KapanLagi.com | Senin, 18 Oktober 2021 13:22 WIB
4 Cara Agar Tidak Terlihat Online di Whatsapp Oleh Nomor Lain, Sembunyikan dengan Mudah

Kapanlagi.com - Menyembunyikan status online di Whatsapp seringkali jadi pilihan penggunanya untuk menjaga privasi. Namun ternyata, cara agar tidak terlihat online di Whatsapp oleh nomor lain sangatlah mudah. Untuk melakukannya, kalian bisa menggunakan fitur bawaan aplikasi WA ataupun via menu settings ponsel.

Ada banyak fitur canggih di Whatsapp yang bisa digunakan penggunanya secara gratis. Di antaranya seperti berkirim pesan teks, video, gambar, status, pesan suara, dan seterusnya. Apalagi pengguna juga bisa mengatur akun Whatsapp mereka dengan sangat mudah termasuk menjaga privasi.

Menjaga privasi di Whatsapp sangatlah penting. Sedangkan aplikasi Whatsapp sendiri telah menyertakan fitur seperti menonaktifkan last seen, menyembunyikan pesan telah terbaca, pemblokiran nomor kontak ataupun menyembunyikan status dari kontak lain.

Karena itulah berikut ini ada cara agar tidak terlihat online di Whatsapp oleh nomor lain. Cara agar tidak terlihat online di Whatsapp tersebut cukup mudah dipraktikkan. Mau tahu bagaimana cara sembunyikan status online di WA? Berikut ulasannya telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber tentang cara agar tidak terlihat online di Whatsapp.

1. Cara Agar Tidak Terlihat Online di Whatsapp Via Menu Privasi

Aplikasi Whatsapp sebenarnya dilengkapi dengan fitur keamanan atau privasi. Nah salah satu fitur privasi yang bisa dimanfaatkan penggunanya adalah Last Seen atau Terakhir Dilihat. Melalui menu privasi inilah kalian bisa menggunakannya sebagai cara agar tidak terlihat online di Whatsapp. Adapun cara agar tidak terlihat online di Whatsapp via menu privasi tersebut dapat kalian simak melalui ulasan berikut ini.

- Pertama buka aplikasi Whatsapp.

- Selanjutnya masuk menu pengaturan dengan cara klik ikon titik tiga pada bagian pojok kanan atas.

- Setelah itu pilih Settings.

- Klik Akun.

- Pilih Privasi atau Privacy.

- Selanjutnya pilih Last Seen lalu pilih opsi Noboby atau Tidak Ada.

- Selesai status online di Whatsapp via menu privasi sudah berhasil kalian aktifkan.

2. Cara Agar Tidak Terlihat Online di Whatsapp Via Laporan Dibaca

Cara agar tidak terlihat online di Whatsapp selanjutnya adalah melalui menu Laporan Dibaca. Fitur Laporan Dibaca ini juga terletak pada menu Privasi. Adapun cara agar tidak terlihat online di Whatsapp via Laporan Dibaca dapat kalian simak melalui ulasan berikut ini.

- Pertama buka aplikasi Whatsapp.

- Selanjutnya masuk menu pengaturan dengan cara klik ikon titik tiga pada bagian pojok kanan atas.

- Setelah itu pilih Settings.

- Klik Akun.

- Pilih Privasi atau Privacy.

- Setelah itu pilih Laporan Dibaca atau Read Receipts.

- Kalian dapat menonaktifkan toggle buttons Laporan Dibaca ditandai dengan warna abu-abu.

- Selesai, kalian sudah berhasil menyembunyikan online di Whatsapp dengan cara menonaktifkan laporan dibaca.

Hanya saja kekurangan dari cara agar tidak terlihat online di Whatsapp melalui menu ini adalah kalian juga tidak bisa melihat laporan dibaca pesan orang lain. Sehingga walaupun pesan telah dibaca ataupun belum tidak bisa terlihat melalui akun WA kalian jika menonaktifkan Laporan Dibaca.

3. Cara Agar Tidak Terlihat Online di Whatsapp Via Settings Ponsel

Tak hanya melalui menu privasi bawaan aplikasi Whatsapp, kalian juga bisa mengatur cara agar tidak terlihat online di Whatsapp melalui settings ponsel. Cara agar tidak terlihat online di Whatsapp via settings ponsel juga sangat mudah kalian praktikkan. Apalagi cara ini bisa dilakukan tanpa perlu menginstal aplikasi dan sangat praktis. Berikut ulasannya tentang cara agar tidak terlihat online di Whatsapp via settings ponsel.

- Pertama aktifkan fitur Mode Pesawat melalui menu settings ponsel sebelum membuka Whatsapp.

- Setelah Mode Pesawat aktif, buka pesan Whatsapp ataupun kalian bisa membalas pesan tersebut dalam mode yang telah diaktifkan.

- Selanjutnya, keluar dari aplikasi Whatsapp.

- Nonaktifkan fitur Mode Pesawat pada ponsel.

- Maka pesan WA akan langsung terkirim ke nomor lain tanpa perlu terlihat status online kalian.

Meski begitu cara agar tidak terlihat online di Whatsapp via menu settings ponsel sebenarnya tidak sepenuhnya menghilangkan status online. Namun status online di WA apabila kalian mengaktifkan Mode Pesawat di ponsel dapat hilang dengan cepat.

4. Cara Agar Tidak Terlihat Online di Whatsapp dengan Blokir Nomor

Jika kalian memiliki salah satu nomor kontak Whatsapp yang sekiranya cukup mengganggu atau alasan lainnya bisa menggunakan fitur blokir nomor. Blokir nomor membuat penggunanya tidak akan mengetahui bahwa kalian tengah online di Whatsapp. Selain itu, pengguna nomor tersebut juga tidak bisa mengirim pesan atau panggilan ke nomor WA kalian. Profil Whatsapp juga akan berubah tanpa gambar atau kosong. Nah, jika memilih cara agar tidak terlihat online di Whatsapp dengan cara blokir nomor, berikut ulasannya yang perlu kalian ketahui.

- Pertama buka Whatsapp kalian.

- Lalu pilih Profil Whatsapp nomor kontak yang ingin kalian blokir.

- Selanjutnya klik Block pada profil nomor WA tersebut.

- Maka secara otomatis kalian sudah berhasil block nomor tersebut dan membuatnya tak mengetahui status online di WA.

Nah itulah cara agar tidak terlihat online di Whatsapp oleh nomor lain dengan sangat mudah. Cara agar tidak terlihat online di Whatsapp di atas bisa kalian jadikan referensi  buat mengatur privasi di WA.

(kpl/gen/nlw)

Editor:   Nurul Wahida

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com