Cara Backup Whatsapp yang Mudah dan Tepat, Lewat Android, Iphone Hingga PC

Editor KapanLagi.com | Kamis, 21 Oktober 2021 18:22 WIB
Cara Backup Whatsapp yang Mudah dan Tepat, Lewat Android, Iphone Hingga PC

Kapanlagi.com - Whatsapp saat ini menjadi salah stau aplikasi komunikasi yang banyak digunakan, salah satunya di Indonesia. Apalagi ada banyak sekali fitur yang diberikan oleh aplikasi Whatsapp, seperti backup chat. Ada beberapa cara backup Whatsapp yang dapat kalian lakukan. Cara backup Whatsapp ini juga mudah kok untuk kalian lakukan.

Kalian bisa melakukannya di HP android, Iphone, hingga PC dan Laptop. Sehingga jangan takut untuk melakukan backup chat di Whatsapp. Saat ini sudah banyak fitur yang bisa kita gunakan pada aplikasi Whatsapp, bukan hanya mengirim chat saja, kalian juga bisa mengirim video, voice note, hingga telepon serta melakukan panggilan call lebih dari satu orang.

Aplikasi Whatsapp juga bisa membuat grup bila kalian ingin membuat sebuah grup kantor, teman sekolah, keluarga, sahabat, dan komunitas. Sehingga tidak heran bila Whatsapp banyak dipilih sebagai salah satu aplikasi komunikasi. Kalian bahkan bisa melakukan backup chat agar chat kalian tetap tersimpan dan masih ada ketika kalian ganti HP.

Nah, untuk KLovers yang penasaran bagaimana cara backup Whatsapp, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Cara backup Whatsapp ini bisa kalian lakukan di HP android, Iphone, PC hingga Laptop. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Manfaat Backup Whatsapp

Sebelum mengetahui bagaimana cara backup Whatsapp, kalian perlu mengetahui apa saja sih manfaat bila melakukan backup di Whatsapp? Dan berikut ini beberapa manfaat yang bisa kalian rasakan dengan melakukan backup chat di Whatsapp:

1. Memulihkan Riwayat Chat

Manfaat pertama yaitu kalian bisa memulihkan riwayat chat di aplikasi Whatsapp. WhatsApp menyebutkan bahwa kalian bisa melakukan backup data WhatsApp dengan menggunakan Google Drive dan/atau cadangan lokal. Cadangan lokal akan dibuat secara otomatis setiap pukul 02.00 dini hari dan akan disimpan sebagai sebuah file di ponsel.

2. Bisa Memulihkan Chat saat Ganti HP

Bagi kalian yang melakukan backup, maka kalian tidak perlu takut chat akan hilang bila berganti HP. Karena saat ganti HP, chat kalian akan tetap ada dari awal kalian melakukan backup tersebut. Sehingga tidak merugikan kalian yang memiliki hal penting seperti pekerjaan ataupun bisnis bila melakukan komunikasi di WhatsApp.

3. Bukti

Selain itu dengan melakukan pencadangan, kalian bisa memberikan sebuah bukti bila mengalami sesuatu yang merugikan kalian. Chat ini bisa menjadi sebuah bukti yang tidak terbantahkan. Kalian bisa melakukan pencadangan untuk chat saja, atau bisa dilakukan untuk foto ataupun video.

2. Cara Backup Whatsapp Dengan HP Android

Cara backup WhatsApp yang pertama yaitu untuk pengguna android. Yup! Bagi kalian pengguna android bisa kok melakukan pencadangan ataupun backup chat di WhatsApp. Berikut ini beberapa cara backup WhatsApp dengan HP android:

1. Sebelum melakukan backup, pastikan bahwa HP kalian sudah tersambung dengan Google Drive.

2. Lalu cara pertama seperti biasa, kalian bisa membuka aplikasi WhatsApp milik kalian.

3. Setelah itu kalian bisa mengklik ikon titik tiga yang ada di sudut kanan atas aplikasi.

4. Setelah di buka, maka akan ada pilihan dalam menu bar. kalian bisa memilih Setting.

5. Selanjutnya, pilih Accounts. Pada bagian ini, pilihlah akun Google mana yang akan kalian hubungkan dengan akun WhatsApp milik kalian.

6. Pilih bagian Chats, lalu pilih Chat Backup.

7. Kemudian pilih Back Up, maka WhatsApp akan secara otomatis melakukan backup data-data kalian ke akun Google Drive.

3. Cara Backup Whatsapp Dengan Iphone

Selain menggunakan HP android, kalian juga bisa melakukan backup dengan Iphone. Caranya juga tidak berbeda dengan menggunakan HP android kok KLovers. Berikut ini beberapa cara backup WhatsApp dengan menggunakan Iphone:

1. Pertama kalian buka aplikasi WhatsApp milik kalian.

2. Setelah itu kalian bisa klik Setting untuk melakukan backup.

3. Kemudian pilih Back Up Now, maka WhatsApp akan secara otomatis melakukan backup data-data ke iCloud milik kalian.

4. Namun untuk melakukan backup yang terjadwal otomatis, kalian hanya perlu mengetuk Auto Backup dan memilih frekuensi backup.

4. Cara Backup Whatsapp Dengan PC atau Laptop

Bagaimana bila melakukan backup WhatsApp di PC atau Laptop? Apakah bisa dilakukan dengan mudah? Sebenarnya aplikasi WhatsApp akan melakukan backup data ke SD card ponsel milik kalian. Sehingga, kalian bisa dengan mudah langsung memindahkan data-data yang ada di WhatsApp langsung ke komputer ataupun laptop kalian. Dan berikut ini beberapa cara yang bisa kalian lakukan:

1. Cara yang pertama yaitu, kalian bisa sambungkan ponsel kalian ke komputer dengan kabel USB.

2. Setelah tersambung, kalian bisa membuka folder WhatsApp pada drive ponsel kalian

3. Lanjut, kemudian kalian bisa membuka folder Databases.

4. Pilih data yang ingin kalian backup.

5. Kemudian copy paste data tersebut ke folder komputer kalian, maka data tersebut akan ter-backup di PC ataupun Laptop.

5. Cara Backup Whatsapp Secara Otomatis

Bagaimana dengan backup secara otomatis? Bila kalian sudah mengatur backup WhatsApp secara otomatis, maka kalian bisa melakukan beberapa cara ini agar tidak salah melakukan backup:

1. Seperti biasa, kalian bisa membuka aplikasi WhatsApp kalian.

2. Setelah itu pada aplikasi kalian bisa ketuk ikon titik tiga yang ada di sudut kanan atas aplikasi.

3. Selanjutnya buka bagian Settings.

4. Kemudian kalian bisa pilih bagian Chats, lalu pilih Chat Backup.

5. Selanjutnya, pilih Back up to Google Drive dan pilih frekuensi backup yang kalian inginkan.

6. Terakhir, pilih Back up over untuk memilih backup dilakukan melalui jaringan internet ponsel atau WiFi.

Itulah beberapa cara backup WhatsApp yang mudah dan tepat. Cara backup WhatsApp ini bisa kalian lakukan dengan menggunakan HP android, Iphone, hingga PC dan Laptop. Selamat mencoba KLovers.

(kpl/gen/dhm)

Editor:   Dhia Amira

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com