Cara Berbicara dengan Google, Ketahui Beragam Manfaat dan Fungsinya untuk Mudahkan Kegiatan

Editor KapanLagi.com | Kamis, 28 Oktober 2021 15:44 WIB
Cara Berbicara dengan Google, Ketahui Beragam Manfaat dan Fungsinya untuk Mudahkan Kegiatan

Kapanlagi.com - Google menjadi sebuah kehebatan tersendiri di bidang teknologi, yang membantu banyak manusia di muka bumi. Ditambah lagi, Google juga memiliki banyak fitur seperti bisa mencari lokasi bahkan di ujung dunia sekalipun. Ada pula fitur bicara dengan Google. Cara bicara dengan Google ini bisa kalian setting untuk mempermudah kalian dalam kehidupan sehari-hari.

Cara bicara dengan Google atau bisa dibilang dengan Google Assistant merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh Google untuk mempermudah kita. Baik dalam mencari informasi, mencari lokasi, hingga menulis teks, bisa dilakukan oleh Google Assistant ini. Dan tenang saja KLovers, cara bicara dengan Google ini bisa kalian set kok dengan mudah, bahkan kalian bisa mengatur untuk anak juga bisa menggunakan itu.

Nah, bagi kalian yang penasaran, berikut ini cara berbicara dengan Google beserta dengan manfaat dan fungsinya bagi kemudahan dalam kegiatan sehari-hari. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Apa itu Asisten Google

Sebelum kalian mengetahui bagaimana cara berbicara dengan Google atau mengaktifkan Google Assistant, kalian juga perlu tahu nih apa sih sebenarnya Asisten Google itu. Google Assistant merupakan sebuah kecerdasan buatan yang tersedia di perangkat seluler atau perangkat rumah pintar.

Kecerdasan buatannya tersebut, membuat Google Assistant dapat melakukan percakapan dua arah serta melakukan berbagai fungsi dan pekerjaan. Asisten ini telah diluncurkan sejak Mei 2016 lalu, sebagai bagian dari aplikasi perpesanan Google Allo.

Selain itu pembicara suara yang ada di Google Assistant diaktifkan melalui Google Home. Sejak tahun 2017, Google Assistant ini dirilis sebagai aplikasi yang berdiri sendiri pada Android dan juga pada operasi iOS sistem. Pada tahun itu juga, Google Assistant diperluas agar dapat mendukung berbagai perangkat, seperti dalam mobil, rumah, dan masih banyak lagi.

2. Manfaat dan Fungsi Google Assistant

Sebenarnya apa sih manfaat menggunakan Google Assistant? Ada banyak sekali manfaat yang dapat kalian rasakan bila menggunakan Google Assistant. Manfaat ini bahkan bisa mempermudah kalian dalam kehidupan sehari-hari loh KLovers. Dan berikut ini beberapa manfaat yang bisa kalian rasakan ketika menggunakan Google Assistant:

1. Menjadi Reminder

Manfaat dan fungsi pertama Google Assistant yaitu dapat menjadi reminder atau pengingat untuk kalian. Pasalnya, produk yang satu ini bisa terkoneksi dengan berbagai produk Google lainnya, seperti Gmail, Google Calendar, dan Google Keep.

Bagi kalian yang sering lupa akan sebuah jadwal, atau kalian yang memiliki banyak sekali jadwal, maka kalian bisa menggunakan salah satu fungsi Google Assistant ini. Caranya mudah banget kok, hanya dengan mengatakan, "OK Google, set a reminder for my weekly meeting,".

Maka Google Assistant akan memasang reminder untuk kalian. Kalian bahkan bisa mengatur pengingat waktu atau lokasi untuk rapat mingguan kalian sehingga kalian tidak mungkin lupa untuk hal tersebut.

2. Membantu Dalam Mengirim Pesan

Bahkan untuk memanjakan kita, Google Assistant juga bisa membantu kita dalam mengirimkan pesan loh KLovers. Google Assistant bisa sangat membantu kalian yang sangat sibuk dan sulit untuk membuat pesan pada seseorang. Nah, kalian tidak perlu khawatir, kalian bisa kok menggunakan Google Assistant untuk menangani pesan kalian. Hanya cukup mengucapkan "OK Google, send a text message to (friend name)."

Kemudian, kalian bisa mengatakan pesan apa yang ingin kalian sampaikan pada rekan kerja atau siapapun. Setelah itu, Google Assistant akan menanyakan apakah kalian masih mau mengedit pesan tersebut atau langsung mengirimnya. Bila tidak di edit, maka pesan akan terkirim dengan otomatis.

3. Memberitahu Keadaan Lalu Lintas

Bagi kalian yang sibuk dan selalu berada dalam kegiatan di luar ruangan, atau kalian yang butuh waktu cepat dalam perjalanan, maka kalian bisa menggunakan Google Assistant ini. Kalian bisa meminta Google Assistant untuk menemukan rute terbaik ketika ingin pergi ke suatu tempat, termasuk pulang ke rumah.

Kalian cukup mengatakan, "OK Google, get me home," dan Google Assistant akan menunjukkan rute dari lokasi kalian saat ini ke rumah. Kalian juga bisa menggunakan elemen pengaktifan suara untuk memeriksa kondisi ter-update lalu lintas, serta mendapat informasi tentang pengalihan atau penutupan jalan.

4. Menerjemahkan Kata

Kemudian manfaat Google Assistant yang selanjutnya yaitu menjadi alat bantu untuk kalian yang ingin menerjemahkan sebuah kata atau kalimat. Cara ini bisa membantu kalian yang sulit mengartikan kata tersebut. Kalian hanya perlu mengucapkan sebuah kalimat, maka Google akan secara otomatis mengartikannya ke bahasa kalian.

5. Memberikan Rekomendasi Restoran dan Pom Bensin Terdekat

Kalian sedang berada di luar kota? Jangan takut untuk kesulitan mencari tempat untuk makan dan pom bensin. Kalian bisa dengan mudah menemukan itu dengan menggunakan Google Assistant. Kalian cukup mengatakan "Ok Google" lalu beri perintah "Tunjukkan restoran terdekat" dan dalam hitungan sepersekian detik, Google akan memberikan daftar lengkapnya.

6. Membacakan Berita

Bahkan bagi kalian yang sibuk di pagi hari, namun masih ingin mengetahui perkembangan berita di pagi hari, maka kalian bisa menggunakan Google Assistant untuk membacakan berita. Kalian hanya perlu mengatakan, "OK Google, play the news." Maka, Google Assistant akan membacakan berita dari sumber berita pilihan kalian.

Kalian juga bisa memintanya untuk berhenti, berhenti sejenak, atau mulai membacakan berita kapan saja dari situs media tertentu. Bahkan Google Assistant juga bisa membacakan kalian berita baik loh KLovers. Bila kalian jenuh dengan berita negatif, maka kalian cukup mengatakan, "OK Google, tell me something good." maka Google Assistant akan membacakan ringkasan berita bahagia untuk kalian.

3. Cara Mengaktifkan Google Assistant Dengan Suara

Nah, setelah mengetahui pengertian dan fungsi serta manfaat dari Google Assistant, maka bagaimana ya cara berbicara dengan Google? Bagaimana cara mengaktifkan fitur Google Assistant ini? Caranya cukup mudah kok. Berikut ini beberapa cara untuk mengaktifkan Google Assistant:

1. Cara pertama yaitu, pada ponsel atau tablet Android, kalian bisa buka aplikasi Asisten Google Asisten.

2. Bila Asisten Google nonaktif, maka akan melihat opsi untuk mengaktifkannya di bagian bawah.

3. Kalian bisa ketuk Aktifkan.

4. Setelah itu buka aplikasi Asisten Google Asisten dan ucapkan, "Setelan Asisten".

5. Kemudian di bagian "Setelan populer", ketuk Voice Match. Namun pastikan Ok Google aktif ya KLovers.

6. Setelah itu kalian bisa ketuk model suara lalu latih ulang model suara kalian agar diingat oleh Google Assistant.

7. Kemudian ikuti langkah-langkah untuk merekam suara.

8. Dan selesai, kalian bisa melakukan apapun dengan Google Assistant melalui suara.

4. Mengizinkan Anak untuk Menggunakan Google Assistant

Selain bisa mengatur itu untuk diri sendiri, kalian juga bisa mengatur Google Assistant untuk anak loh KLovers. Manfaat anak bisa melakukan kegiatan Google Assistant yaitu, bisa membantu dalam mengajukan pertanyaan, menyetel video, bermain game, dan masih banyak lagi. Dan berikut ini beberapa tahapan yang menjadi cara berbicara dengan Google untuk anak:

1. Pertama, kalian harus memiliki akun yang dikelola dengan Family Link

2. Bila sudah, kalian bisa langsung ke perangkat Android.

3. Lalu akses ke speaker, Layar Smart, atau Smart Clock.

4. Selesai, maka dengan otomatis anak akan bisa mengakses Google Assistant.

Itulah beberapa cara berbicara dengan Google yang mudah dan praktis. Bahkan dengan mengaktifkan Google Assistant ini, bisa membantu kalian dalam berbagai kegiatan dan mempermudah kalian yang sangat sibuk dengan jadwal padat.

(kpl/gen/dhm)

Editor:   Dhia Amira

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com