Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Cara Buat Stiker Whatsapp dengan atau Tanpa Aplikasi Tambahan, Mudah Dilakukan - Perhatikan Langkah-langkahnya

Editor KapanLagi.com | Rabu, 22 September 2021 15:22 WIB
Cara Buat Stiker Whatsapp dengan atau Tanpa Aplikasi Tambahan, Mudah Dilakukan - Perhatikan Langkah-langkahnya

Kapanlagi.com - Whatsapp atau WA jadi salah satu media sosial yang populer saat ini. Kepopuleran WA dibuktikan dengan banyaknya orang yang menggunakan. Dengan WA seseorang bisa bertukar pesan tulisan, suara, gambar, hingga video. Berbagi pesan di WA pun semakin menyenangkan karena bisa disertai stiker. Bahkan, beberapa orang sampai mencari cara buat stiker whatsapp.

Ya, pengguna whatsapp tak saja bisa menggunakan stiker yang terpasang di aplikasi sebagai bawaan. Pengguna bisa men-download dan membuat stiker WA-nya sendiri. Dengan begitu, setiap orang bisa berkreasi membuat stiker WA yang unik dan bisa mewakili perasaan dan situasi tertentu.

Membuat stiker WA sendiri sebenarnya bukanlah hal yang terlalu sulit dilakukan. Bahkan, ada beberapa cara buat stiker whatsaap yang bisa coba dipraktikkan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut langkah-langkah untuk membuat stiker whatsapp sendiri.

1. Persiapan Cara Buat Stiker Whatsapp

Gambar

Seperti yang kita tahu, stiker WA umumnya berupa gambar atau foto yang dikemas secara lucu dan menarik. Jika diperhatikan lebih menjauh, artinya membuat stiker WA tentunya akan membutuhkan waktu dan kemampuan khusus dalam mengedit foto. Oleh sebab itu, sebelum memulai mencoba cara buat stiker whatsapp, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebagai langkah persiapan.

Berikut beberapa langkah persiapan sebelum membuat stiker whatsapp.

1) Memilih foto

Untuk dibuat stiker, kalian bisa memilih gambar, foto, screenshoot video, atau bahkan foto selfie. Pilih foto atau gambar yang menarik dan lucu, sesuai dengan ekspresi yang akan disampaikan lewat stiker tersebut.

2) Mengedit foto

Setelah memilih foto atau gambar, langkah persiapan selanjutnya adalah mengedit foto. Pada langkah ini, kalian bisa menghapus background foto atau gambar. Untuk melakukannya kalian bisa menggunakan fitur background eraser di Adobe Photoshop. Kalian juga bisa mengedit dengan menambahkan tulisan, atau efek-efek lainnya.

3) Menyimpan stiker

Selanjutnya, kalian bisa menyimpan gambar atau foto yang telah diedit dalam format PNG.

2. Cara Buat Stiker Whatsapp dengan Aplikasi

Gambar

Secara umum, ada dua cara buat stiker whatsapp, salah satunya bisa dengan bantuan aplikasi tambahan bernama Personal Sticker for WhatsApp. Penggunaan aplikasi ini akan membantu kalian untuk melakukan proses finishing dari pembuatan stiker. Setelah men-download dan menginstal aplikasi Personal Sticker for WhatsApp, kalian bisa langsung membukanya. Kemudian, pilih menu "create sticker pack".

Kalian bisa menuliskan judul atau nama stiker pack yang telah dibuat. Lalu, ikuti panduan yang muncul untuk masukkan semua gambar tadi ke dalam sticker pack. Jika kemudian muncul pertanyaan untuk mengakses folder gambar dan video milik kalian, maka pilih jawaban "allow". Terakhir, kalian tinggal menekan tombol "add" untuk menambahkan stiker ke dalam whatsapp.

Dengan begitu, kalian akan lebih mudah untuk menemukannya saat sedang melakukan chat.

3. Cara Buat Stiker Whatsapp Tanpa Aplikasi Tambahan

Gambar

Cara buat stiker whatsapp juga bisa dilakukan tanpa menggunakan bantuan aplikasi tambahan. Untuk melakukan cara ini, kalian bisa menggunakan hp atau laptop kemudian mengakses situs https://wasticker.app lewat browser. Lebih jelasnya, simak panduannya berikut ini.

1) Buka browser kemudian akses situs https://wasticker.app di HP atau laptop kalian.
2) Setelah situs terbuka, pilih menu Bahasa Indonesia yang ada di pojok kanan atas layar.

3) Selanjutnya, klik tombol "Pilih Gambar" lalu cari dan pilih gambar yang akan ingin kalian jadikan stiker whatsapp.

3) Kalian bisa pilih gambar dengan format JPG, PNG, WEBP untuk membuat stiker gambar tak bergerak.

4) Namun jika kalian ingin membuat stiker bergerak (animasi), kalian bisa menggunakan gambar dengan format GIF.

5) Setelah memilih gambar, isi nomor whatsapp pada kotak yang sudah tersedia. Pastikan kalian mengisi nomor whatsapp diawali dengan kode negara indonesia yaitu (+62).

7) Jika sudah, kalian bisa klik tombol "Buat" lalu tunggu prosesnya sampai selesai.

8) Apabila muncul pesan stiker terkirim, kalian bisa langsung periksa aplikasi whatsapp kalian.

9) Simpan stiker baru tersebut dengan cara ketuk stiker tersebut. Lalu pilih menu "Tambah ke Favorit".

4. Cara Menambahkan Stiker dari Orang Lain

Gambar

Selain membuat stiker sendiri, pengguna whatsapp juga bisa menyimpan atau menambahkan stiker WA dari pengguna lain. Cara yang perlu dilakukan tentu lebih mudah dibanding membuat stiker. Adapun cara untuk menambahkan stiker WA dari orang lain adalah sebagai berikut.

1) Klik stiker yang dikirimkan teman kalian saat chatting

2) Klik "tambah ke favorite", maka secara otomatis stiker tersimpan di aplikasi WA kalian.

3) Buka ikon emoticon di pojok kiri bawah, pilih ikon di bawah di samping kanan ikon GIF.

4) Klik ikon bergambar bintang, dan klik stiker yang kalian simpan tadi.

Itulah di antaranya cara buat stiker whatsapp sendiri dengan aplikasi tambahan maupun tidak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/gen/psp)

Reporter:   Galuh Esti Nugraini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com