Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Cara Cek BI Checking di HP Android yang Mudah dan Praktis, Beserta dengan Pengertiannya

Editor KapanLagi.com | Selasa, 07 Desember 2021 11:55 WIB
Cara Cek BI Checking di HP Android yang Mudah dan Praktis, Beserta dengan Pengertiannya

Kapanlagi.com - Bagi sebagian orang memang sulit mengajukan kredit, sehingga penting mengetahui cara cek BI checking. Bahkan kalian juga bisa mengetahui cara cek BI checking di HP android kalian loh KLovers. Namun selain mengetahui bagaimana cara cek BI checking di HP android, kalian juga penting mengetahui apa sebenarnya BI checking itu.

BI Checking adalah informasi berisi riwayat pelunasan kredit atau pinjaman seseorang yang bisa diakses oleh seluruh bank. Kalian perlu memahami hal-hal seputar blacklist atau daftar hitam BI Checking yang bisa membuat kalian langsung ditolak saat mengajukan kredit. Hal ini penting diketahui bila memang kalian ingin mengajukan sebuah kredit.

Nah, bagi KLovers yang penasaran dengan bagaimana cara cek BI checking di HP android dengan mudah dan praktis. Berikut ini cara cek BI checking di HP android beserta dengan pengertian BI checking. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. BI Checking Adalah?

Gambar

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa, BI checking adalah sebuah Informasi Debitur Individual atau bisa disingkat dengan IDI Histori yang memberikan rekam jejak soal kelancaran atau kemacetan angsuran kredit. Rekam jejak tersebut merupakan data valid yang dikumpulkan secara sistematis untuk menentukan apakah seorang debitur mampu dalam membayar utang atau tidak.

Data tersebut digunakan untuk menentukan kelayakan calon debitur. Jika rekam jejaknya menunjukkan banyaknya kemacetan ketika membayar kredit, maka debitur tersebut akan berpotensi ditolak. Sebaliknya, jika pembayaran cicilannya lancar, maka potensi penerimaan pengajuan kredit baru akan lebih besar. Tidak sedikit individu atau calon debitur yang kecewa setelah mendapatkan kabar bahwa permohonan kreditnya tidak disetujui bank.

Hal ini kembali lagi karena catatan buruk mereka yang kurang mampu dalam membayar cicilan. Dalam BI checking ada pula istilah "Blacklist", namun apa sebenarnya itu? Blacklist BI checking adalah sebuah daftar hitam yang menyatakan bahwa individu tidak bisa mengajukan kredit karena catatan kredit sebelumnya macet. Sehingga rekam jejak kreditnya masuk dalam daftar hitam.

2. Siapkan Dokumen Pendukung

Gambar

Setelah mengetahui pengertian dari BI checking, berikut ini tahapan awal yang bisa kalian lakukan sebagai cara cek BI checking di HP android. Tahap pertama yaitu, kalian bisa siapkan dokumen pendukung. Ada dua jenis dokumen yang harus disiapkan, dokumen debitur perorangan dan dokumen debitur badan usaha. Berikut ini beberapa dokumen yang harus disiapkan tersebut:

1. Debitur perorangan
- Fotokopi identitas diri dan tanda pengenal asli berupa KTP (untuk Warga Negara Indonesia).
- Bagi Warga Negara Asing, fotokopi identitas diri dan bukti identitas asli berupa paspor.
- Fotokopi identitas yang menyertai surat kuasa asli (jika diberi kuasa).

2. Debitur badan usaha
- NPWP.
- Akta Pendirian.
- Perubahan anggaran dasar yang memuat struktur dan yurisdiksi pengurus, serta identitas asli pengurus dan badan usaha (atau fotokopi yang dilegalisir).
- Membawa surat kuasa asli, fotokopi dan identitas asli badan usaha, fotokopi dan identitas asli surat kuasa (jika diberi kuasa).

3. Isi Form Antrian BI Checking Online

Gambar

Bila kalian sudah mempersiapkan dokumen yang di atas, cara cek BI checking di HP android yang selanjutnya yaitu dengan melakukan pengisian form antrian BI checking online. Berikut ini beberapa tahapan serta jadwal antrian online sebagai salah satu cara cek BI checking di HP android:

1. Cara pertama yaitu, kalian bisa buka link ini ke situs OJK: Form antrian online OJK https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registrasi.

2. Kemudian isi formulir permohonan IDEB.

3. Setelah itu pilih "Antrian" berupa jadwal waktu dan keterangan sisa slot antrian. Berikut ini layanan antrian online yang dibuka oleh OJK terbagi dalam sesi-sesi:
08:00 - 09:00 (Senin - Jumat)
09:00 - 10:00 (Senin - Jumat)
10:00 - 11:00 (Senin - Jumat)
11:00 - 12:00 (Senin - Jumat)
13:00 - 14:00 (Senin - Jumat)
14:00 - 15:00 (Senin - Jumat)

4. Lakukan Verifikasi Data dan Cek Email

Gambar

Setelah mengisi formulir antrian online, kalian akan menerima persetujuan melalui email. Untuk melengkapi tahap verifikasi data, kalian akan diminta menghubungi nomor Whatsapp OJK-SLIK yang tertera di email. Perhatikan baik-baik isi email tersebut agar tidak terjadi kesalahan apapun, sehingga kalian dapat menyelesaikan proses verifikasi sesuai dengan panduan.

Setelah itu, kalian diwajibkan untuk cek email masuk pada akun kalian, lakukan ini setelah menyelesaikan semua langkah di atas. SLIK OJK akan menyampaikan detil Debitur SLIK ke alamat email. Jika kalian memiliki kendala saat membaca konten debitur, OJK telah memberikan panduan cara melakukannya melalui situs resminya. Bila selesai, maka semua tahapan telah selesai.

5. Skor BI Checking

Gambar

Setelah selesai dengan semua tahapan pada cara cek BI checking di HP android, maka kalian bisa mengetahui skor BI checking. Dilansir dari laman OJK, riwayat kredit akan diukur berdasarkan aktivitas kredit setiap debitur dari skala satu sampai lima atau sering disebut kolektibilitas (kol). Dan berikut ini beberapa skala skor dalam BI checking tersebut:

1. Kredit Lancar atau (Kol 1)
Kredit di mana debitur mampu menyelesaikan segala kewajibannya tanpa ada cela.

2. Kredit Dalam Perhatian Khusus (DPK) atau (Kol 2)
Kredit dengan tunggakan selama 1-2 bulan karena keterlambatan pembayaran.

3. Kredit Tidak Lancar atau (Kol 3)
Kredit dengan tunggakan selama 3-4 bulan.

4. Kredit Diragukan atau (Kol 4)
Kredit tidak lancar yang telah jatuh tempo dengan tunggakan lebih dari 5-6 bulan.

5. Kredit Macet atau (Kol 5)
Kredit tidak lancar dengan tunggakan lebih dari 6 bulan. Telah diusahakan untuk diaktifkan kembali tapi tetap tidak membuahkan hasil.

Itulah beberapa tahapan atau cara cek BI checking di HP android yang bisa kalian lakukan. Semua cara cek BI checking di HP android ini akan mempermudah kalian dalam melakukan mengecekan pada BI checking. Selamat mencoba KLovers.

(kpl/gen/dhm)

Reporter:   Galuh Esti Nugraini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com