Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Cara Cek KIS dari Pemerintah Aktif Atau Belum, Ketahui Juga Perbedaanya dengan BPJS Kesehatan

Editor KapanLagi.com | Senin, 06 Desember 2021 14:11 WIB
Cara Cek KIS dari Pemerintah Aktif Atau Belum, Ketahui Juga Perbedaanya dengan BPJS Kesehatan

Kapanlagi.com - Kartu Indonesia Sehat atau disingkat KIS merupakan salah satu program pemerintah untuk membantu masyarakat yang kurang mampu. Sesuai dengan namanya, KIS bisa dimanfaatkan oleh pemilik kartu untuk mendapatkan akses layanan kesehatan. Maka dari itu, penting untuk masyarakat tahu cara cek KIS dari pemerintah.

KIS hanya diberikan pada mereka yang tergolong kurang mampu secara finansial. Itu artinya, tidak sembarang orang bisa memegang Kartu Indonesia Sehat atau KIS. Bahkan, untuk pemilik kartu KIS sendiri pun juga tidak bisa menggunakan kartu tersebut secara asal. Sebelum menggunakannya, pemegang kartu terlebih dahulu harus melakukan cara cek KIS dari pemerintah apakah statusnya telah aktif atau belum.

Sayangnya, masih banyak orang yang bingung untuk melakukannya. Padahal, cara cek KIS dari pemerintah bisa dilakukan dengan sangat mudah. Dirangkum dari berbagai sumber, langsung saja simak informasi penting seputar Kartu Indonesia Sehat atau KIS dan cara mengeceknya berikut ini.

1. Perbedaan KIS dan BPJS

Gambar

Sebelum tahu cara cek KIS dari pemerintah, penting untuk tahu perbedaan antara Kartu Indonesia Sehat dan BPJS. Pasalnya, hingga saat ini masih banyak pihak yang berpikir keduanya sama, karena sama-sama dipergunakan untuk mengakses fasilitas kesehatan. Padahal, KIS dan BPJS adalah dua hal yang berbeda. Berikut beberapa perbedaan KIS dan BPJS.

1. Terkait syarat peserta, KIS lebih dikhususkan untuk masyarakat golongan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yaitu masyarakat yang tergolong tidak mampu secara ekonomi. Sementara, BPJS merupakan program yang bisa diikuti oleh siapa saja dengan sistem mendaftar dan membayar iuran.

2. Karena dikhususkan untuk masyarakat golongan PMKS, maka pemanfaatan KIS tidak akan dipungut biaya alias gratis. Karena iuran ditanggung oleh pemerintah. Sementara, iuran BPJS ditanggung oleh peserta. Setiap peserta BPJS wajib membayarkan sejumlah iuran sesuai dengan kelas yang dipilih.

3. Terkait prosedur pelayanan, KIS bisa digunakan dari fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama, seperti puskesmas, klinik kesehatan, dokter umum, dan rumah sakit di seluruh Indonesia. Untuk pasien yang membutuhkan perawatan lanjut, peserta KIS bisa mendapatkan rujukan dari faskes pertama agar bisa dirawat secara gratis di fasilitas kesehatan lanjutan.

Sementara, kartu BPJS Kesehatan lebih berlaku di fasilitas kesehatan tingkat satu berupa puskesmas yang telah terdaftar. Selebihnya, jika pemegang kartu BPJS Kesehatan membutuhkan perawatan lanjutan, akan diberi surat rujukan untuk dapat ke rumah sakit.

2. Cara Cek KIS dari Pemerintah Melalui Call Center

Gambar

Setelah tahu perbedaan antara Kartu Indonesia Sehat atau KIS dan BPJS, pemegang kartu KIS wajib tahu beberapa hal lainnya, khususnya terkait cek status keaktifan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cara cek KIS dari pemerintah, salah satunya bisa dengan menghubungi call center. Cara ini terbilang mudah dan praktis karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Bagi kalian yang ingin mengecek status KIS dari pemerintah, kalian bisa menghubungi call center BPJS Kesehatan, di nomor 1500400. Namun perlu dipahami, bahwa layanan pengecekan via telepon ini tidak bebas pulsa. Itu artinya, sebelum melakukan panggilan ke call center pastikan kalian mempunyai saldo pulsa yang mencukupi.

3. Cara Cek KIS dari Pemerintah Melalui Faskes

Jika tak puas dengan cara cek KIS dari pemerintah via telepon call center, kalian juga bisa mengurusnya langsung dengan datang ke fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama, dalam hal ini puskesmas. Namun pastikan, bahwa faskes yang akan kalian datangi merupakan faskes yang sesuai dengan yang terdaftar di KIS.

Kalian bisa langsung mendatangi faskes tingkat pertama dengan membawa KIS. Tunjukkan Kartu Indonesia Sehat atau KIS ke petugas, dan kalian bisa meminta tolong agar dicekkan status keaktifannya. Petugas akan langsung mengecek status keaktifan kartu melalui sistem yang telah terdaftar. Kalian hanya perlu menunggu jawaban dan arahan dari petugas.

4. Cara Cek KIS dari Pemerintah Langsung ke BPJS Kesehatan atau Dinsos

Gambar

Apabila tempat tinggal kalian lebih dekat dengan kantor BPJS atau kantor Dinas Sosial (Dinsos), kalian juga bisa mengecek status Kartu Indonesia Sehat atau KIS di dua kantor pemerintahan tersebut. Cara cek KIS dari pemerintah di BPJS ataupun Dinsos juga tidaklah sulit.

Kalian hanya perlu datang dan mengambil antrean. Tunggu giliran untuk dipanggil petugas. Ketika sudah dipanggil, kalian bisa langsung menunjukkan KIS ke petugas yang bertugas. Sama seperti di faskes tingkat pertama, petugas BPJS dan Dinsos akan langsung mengecek status dari KIS yang kalian bawa.

Itulah di antaranya beberapa penjelasan penting terkait Kartu Indonesia Sehat atau yang sering disingkat KIS. Dari uraian di atas, kalian kini bisa mengetahui perbedaan antara Kartu Indonesia Sehat atau KIS dan BPJS Kesehatan. Selain itu, jika kalian pemegang KIS, kalian juga bisa coba mempraktikkan beberapa cara cek KIS dari pemerintah di atas. Semoga artikel ini bermanfaat.

(kpl/gen/psp)

Editor:   Puput Saputro

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com