Cara Cek Nomor Kartu Keluarga Online dengan Mudah, Bisa Lewat Web dan Media Sosial

Rabu, 27 Oktober 2021 14:44 WIB
Cara Cek Nomor Kartu Keluarga Online dengan Mudah, Bisa Lewat Web dan Media Sosial

Kapanlagi.com - Cara cek nomor kartu keluarga kini bisa dilakukan secara online. Tentu saja hal ini sangat memudahkan karena bentuk kartu keluarga terhitung cukup besar dan tak efisien jika harus sering dibawa. Apalagi saat kalian membutuhkannya untuk mengurus administrasi tertentu dalam kondisi mendesak.

Cara cek nomor kartu keluarga online memang sudah seharusnya kalian ketahui. Dengan begitu, kalian tak perlu lagi ribet untuk pulang dan mengambil KK hanya untuk melihat nomornya. Selain itu, kalian juga tak perlu susah payah menghafal 16 digit nomor yang tertera. Kemudahan ini ada karena penyesuaian di dunia digital yang sudah semakin maju.

Sebenarnya, situs web Dukcapil sendiri sudah ada cukup lama. Sayangnya, masih ada saja orang yang belum mengetahui cara cek nomor kartu keluarga online ini. Nah, agar kalian tak kesusahan lagi, silakan simak langkah-langkah untuk mengetahui informasi dari kartu keluarga kalian berikut ini.

1. Cara Cek Nomor Kartu Keluarga di Situs Layanan Online

Kartu keluarga bisa dijadikan sebagai bukti valid dan sah untuk menyatakan status keanggotaan dalam keluarga. Oleh karena itu, kalian juga perlu mengetahui cara cek nomor kartu keluarga jika dibutuhkan sewaktu-waktu.

Misalnya, saat kalian membutuhkannya sebagai syarat pembuatan KTP, identitas akan mengacu pada informasi di KK, seperti NIK, domisili, dan lain sebagainya. Selain melihatnya secara langsung di KK cetak kalian juga bisa melihatnya di situs alternatif layanan online berikut ini.

- Buka browser kalian.

- Akses situs https://layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id/

- Selanjutnya, masukkan nomor ponsel, password, dan captcha yang diminta.

- Namun, jika belum terdaftar, buat akun terlebih dahulu dengan mengisi data-data yang diminta.

- Setelah masuk dengan akun pribadi maka situs akan menampilkan informasi kartu keluarga yang terdaftar.

2. Cara Cek Nomor Kartu Keluarga Online di Situs Web Dukcapil

Cara cek nomor kartu keluarga bisa kalian lakukan melalui situs web resmi Dukcapil. Nomor KK merupakan nomor seri yang akan tetap berlaku selamat taka ada perubahan yang dilaporkan. Oleh karena itu, kalian perlu melaporkan kondisi keluarga jika ada perubahan susunannya ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di daerah kalian.

Data semacam itu dibutuhkan, apalagi jika kalian membutuhkan data valid itu sewaktu-waktu. Nah, saat kalian berada dalam kondisi mendesak, silakan terapkan tata cara cek nomor kartu keluarga online berikut ini.

- Pertama, buka browser kalian.

- Akses Situs Dukcapil Kementerian Dalam Negeri di alamat website https://dukcapil.kemedagri.go.if

- Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) kalian pada kolom yang tersedia.

- Selanjutnya, data kalian termasuk nomor KK akan muncul jika NIK yang kalian masukkan memang valid atau sudah terdaftar.

3. Cara Cek Nomor Kartu Keluarga Melalui Situs Dukcapil Alternatif

Selain melalui laman resmi yang sudah disebutkan di atas, cara cek nomor kartu keluarga online juga bisa kalian lakukan melalui situs yang dikembangkan oleh kota atau kabupaten tempat kalian tinggal. Hal ini akan sangat membantu jika kebetulan situs pusat sedang mengalami gangguan. Caranya pun tak jauh beda dengan sebelumnya, hanya saja alamat web yang berbeda. Langsung saja simak daftarnya berikut ini.

- Bandung: https://disdukcapil.bandung.go.id/cari-biodata

- Batam: https://disdukcapilbisa.batam.go.id/periksa/nokk

- Kalimantan Barat: https://dukcapil.kalbarprov.go.id/cek-kk

- Sragen: http://dukcapil.sragenkab.go.id/informasi/cek_kk

- Tangerang: https://disdukcapil.tangerangkota.go.id/ceknik/

- Tegal: https://disdukcapil.tegalkab.go.id/informasi/cek_kk

- Grobogan: https://www.dispendukcapil.grobogan.go.id/ceknik

- Kendal: https://dispendukcapil.kendalkab.go.id/ceknik

- Surakarta: htpp://dispendukcapil.surakarta.go.id/pelayanan-kami/pelayanan-online/

- Kota Bogor: http://disdukcapil.kotabogor.go.id/sikancil/

- Medan: https://sibisa.pemkomedan.go.id/app

4. Cara Cek Nomor Kartu Keluarga Melalui Media Sosial

Tak hanya melalui situs web, cara cek nomor kartu keluarga juga bisa kalian lakukan dengan mengirim pesan secara langsung. Berikut ini terdapat sejumlah akun media sosial yang bisa kalian hubungi.

4. WA atau SMS

Cara cek nomor kartu keluarga online bisa langsung kalian lakukan dengan mengirim WA atau SMS. Kalian hanya perlu menulis pesan berisi nama lengkap, NIK, nomor telepon, dan maksud tujuan kalian, kemudian kirimkan ke nomor +628118005373. Selanjutnya, kalian tinggal menunggu balasan dari Dukcapil yang akan menginformasikan nomor KK kalian.

5. Email

Informasi mengenai Nomor KK juga bisa kalian dapatkan dengan cara mengirim pesan melalui email atau surat elektronik. Kalian hanya perlu mengirimkan email berisi NIK KTP, data diri, seperti nama lengkap, serta tujuan permintaan Nomor KK di bodi email.

Selanjutnya, kirim pesan tersebut ke callcenter.dukcapil@gmail.com. Cara cek kartu keluarga online ini cukup memakan waktu karena kalian perlu menunggu hingga 1x24 untuk mendapat jawaban.

6. Facebook dan Twitter

Tak hanya mengirim WA dan Email, tata cara cek nomor kartu keluarga online bisa kalian lakukan melalui Facebook dan Twitter resmi. Akun resmi Facebook bisa kalian temukan dengan mengetik nama 'Ditjen Dukcapil' dan '@ccdukcapil' untuk Twitter. Untuk menghindari penyalahgunaan atau peluang seseorang melancarkan aksi penipuan, sebaiknya kalian menghubungi lewat direct message (DM).

Setelah itu, kalain bisa mengirimkan NIK yang tertera pada KTP untuk dilakukan pengecekan oleh petugas Dukcapil.

Nah, KLovers, itulah beberapa cara cek nomor kartu keluarga online dengan mudah. Selamat mencoba!

(kpl/gen/ans)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com