5 Cara Cek Nomor Kartu Smartfren dengan Mudah dan Praktis, Perhatikan Langkah-Langkahnya Agar Tak Keliru

Editor KapanLagi.com | Kamis, 21 Oktober 2021 16:44 WIB
5 Cara Cek Nomor Kartu Smartfren dengan Mudah dan Praktis, Perhatikan Langkah-Langkahnya Agar Tak Keliru

Kapanlagi.com - Cara cek nomor kartu Smartfren jadi hal yang penting untuk diketahui penggunanya. Pasalnya, tak jarang pengguna kartu Smartfren melupakan nomornya sendiri. Akibatnya, pengguna jadi kesulitan sendiri saat akan membeli pulsa atau paket data karena tidak tahu nomor tujuannya. Selain itu, nomor HP saat ini juga jadi identitas yang dipakai untuk login media sosial hingga untuk transaksi e-commerce.

Untungnya, saat ini sebagai perusahaan penyedia layanan komunikasi, Smartfren memberikan kemudahan untuk pengguna dalam mengecek nomor. Dengan melakukan beberapa cara, pengguna kartu Smartfren kini bisa mengecek nomornya sendiri setiap saat. Sayangnya sampai saat ini, tampaknya masih banyak pengguna yang belum paham cara cek nomor kartu Smartfren.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara cek nomor kartu Smartfren yang sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan praktis.

1. Cara Cek Nomor Kartu Smartfren Melalui Panggilan Dial Up

Salah satu cara cek nomor kartu Smartfren yang paling umum dan mudah, bisa dilakukan melalui panggilan dial up. Cara ini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, kalian hanya perlu menghubungi kode khusus. Kemudian mengikuti arahan yang muncul berikutnya. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya berikut ini.

1) Pertama, buka aplikasi panggilan telepon di HP.

2) Kemudian masukkan kode USSD *995# lalu tekan call atau panggil.

3) Berikutnya, akan muncul daftar menu info. Pilih dengan cara mengetik nomor urut lalu tekan call atau panggil lagi.

4) Setelah beberapa saat, akan muncul informasi terkait nomor kartu Smartfren. Agar tak perlu repot-repot lagi ke depannya, kalian bisa catat dan simpan nomor tersebut langsung di HP.

2. Cara Cek Nomor Kartu Smartfren via SMS

Selain melalui panggilan dial up, pengguna kartu Smartfren juga bisa mengecek nomor yang dipakainya melalui SMS. Pengguna kartu Smartfren hanya perlu mengirimkan SMS sesuai format yang telah ditentukan ke nomor 995. Tak perlu khawatir terkait biaya, sebab layanan SMS untuk cek nomor ini tidak dipungut biaya. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah untuk cara cek nomor kartu Smartfren via SMS.

1) Pertama, buka aplikasi SMS di HP.

2) Ketik SMS dengan format INFO.

3) Kirimkan SMS tersebut ke nomor 995.

4) Tunggu hingga muncul laporan SMS terkirim. Jika SMS tersebut sudah dipastikan terkirim, kalian akan menerima SMS balasan berupa pemberitahuan berisi nomor Smartfren yang kalian gunakan.

3. Cara Cek Nomor Kartu Smartfren Lewat Whatsapp

Saat ini whatsapp menjadi salah satu media sosial yang punya kegunaan tak jauh beda dengan SMS. Whatsapp biasa dipakai untuk mengirimkan pesan, hanya saja lebih modern dan cepat karena mengandalkan internet. Selain itu, whatsapp juga memungkinkan seseorang mengirim pesan disertai gambar, rekaman video, suara, file tertentu, dan sebagainya.

Khusus bagi pengguna Smartfren juga bisa melakukan cara mengecek nomor melalui aplikasi whatsapp. Namun perlu diketahui, cara ini hanya bisa dipraktikkan apabila nomor Smartfren tersebut memang digunakan untuk aplikasi whatsapp. Adapun cara cek nomor kartu Smartfren lewat whatsapp adalah sebagai berikut.

1) Pertama, buka aplikasi whatsapp di HP.

2) Klik ikon titik tiga yang ada di bagian kanan pojok atas.

3) Setelah itu, secara otomatis akan muncul daftar menu setting atau pengaturan. Tapi kalian bisa langsung menekan bagian foto profil.

4) Jika sudah, maka kalian dapat melihat nomor Smartfren yang kalian pakai terpampang di halaman tersebut.

4. Cara Cek Nomor Kartu Smartfren Lewat Aplikasi

Tak mau kalah dengan perusahaan penyedia jasa telekomunikasi lainnya, Smartfren juga merilis sebuah aplikasi yang memudahkan pengguna lakukan berbagai aplikasi. Aplikasi khusus tersebut bernama MySmartfren. Dengan aplikasi MySmartfren, pengguna bisa melakukan berbagai hal termasuk mengecek nomor kalian sendiri.

Untuk melakukan cara cek nomor kartu Smartfren yang satu ini, tentunya kalian harus mendownload dan menginstal aplikasinya terlebih dahulu. Selain itu, juga perlu dipahami untuk melakukan cara ini dibutuhkan koneksi internet yang stabil. Jika sudah, kalian bisa ikuti cara cek nomor kartu Smartfren lewat aplikasi berikut ini.

1) Setelah aplikasi MySmartfren terpasang, buka aplikasi kemudian lakukan pendaftaran.

2) Tunggu beberapa saat hingga akun yang kalian buat berhasil terverifikasi.

3) Setelah pendaftaran dinyatakan berhasil, kalian bisa langsung menggunakan aplikasi MySmartfren. Untuk mengecek nomor, kalian bisa melihatnya secara langsung di halaman utama aplikasi.

5. Cara Cek Nomor Kartu Smartfren Lewat Layanan Operator

Cara cek nomor kartu Smartfren yang kelima sekaligus terakhir bisa dilakukan lewat layanan operator. Ya, jika mengalami kesulitan untuk melakukan cara-cara di atas, kalian bisa mengecek nomor dengan bantuan operator. Untuk melakukannya kalian bisa langsung menghubungi customer service kartu Smartfren pada 995 dan 500.

Setelah berhasil tersambung, customer service akan membantu menginformasikan nomor kartu Smartfren kalian. Hebatnya lagi, cara cek nomor pulsa untuk kartu Smartfren ini bisa dilakukan setiap saat selama 24 jam.

Itulah di antaranya beberapa cara cek nomor kartu Smartfren yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/gen/psp)

Editor:   Puput Saputro

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com