5 Cara Cek RAM Laptop dengan Mudah dan Cepat, Bisa Dilakukan Hanya dengan Dua Kali Klik

Editor KapanLagi.com | Kamis, 25 November 2021 13:11 WIB
5 Cara Cek RAM Laptop dengan Mudah dan Cepat, Bisa Dilakukan Hanya dengan Dua Kali Klik

Kapanlagi.com - Cara cek RAM laptop menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui. Pasalnya, RAM menjadi salah satu komponen terpenting dalam laptop. Kondisi RAM bisa menentukan cepat atau lambatnya kinerja laptop. Oleh karena itu, pengecekan RAM sebaiknya dilakukan sesekali waktu, atau lebih baik lagi jika secara rutin.

Sayangnya, masih banyak orang yang tidak tahu cara cek RAM laptop. Kebanyakan orang hanya tahu cara menggunakan, dan mengabaikan cara perawatan laptop dengan mengecek RAM. Padahal, dengan mengecek kondisi RAM secara rutin, laptop bisa lebih awet, terhindar dari gangguan dan kerusakan. Selain itu, kondisi RAM yang baik juga akan membuat laptop bisa bekerja lebih maksimal.

Setelah tahu pentingnya mengecek RAM, kini kalian juga harus tahu cara melakukannya. Cara mengecek RAM laptop sebenarnya sangatlah mudah. Untuk mengetahuinya, kalian bisa simak ulasan berikut ini.

1. Cara Cek RAM Laptop dari DxDiag

Salah satu cara cek RAM bisa dilakukan melalui DxDiag. Bagi yang masih merasa asing, DxDiag merupakan bagian dari sistem yang berguna untuk menganalisa fungsi dan kondisi program di laptop. Adapun cara mengecek RAM laptop dari DxDiag adalah sebagai berikut.

1) Untuk mengaktifkan DxDiag, pertama tekan tombol Windows + R pada keyboard, hingga muncul menu 'Run'.

2) Selain itu, kalian juga bisa membuka menu 'Run' melalui tombol 'Start' atau kolom pencarian yang ada pada taskbar. Kalian bisa langsung mengetik "Run", kemudian klik.

3) Setelah berhasil membuka menu 'Run', pada kolom menu 'Run', kalian bisa ketik "dxdiag". Lalu klik 'OK' atau tekan tombol 'enter'.

4) Jika sudah nantinya akan muncul halaman yang menampilkan kondisi berbagai perangkat pada laptop, termasuk kapasitas RAM yang tertulis 'Memory'.

2. Cara Cek RAM Laptop Melalui Control Panel

Cara cek RAM laptop yang kedua bisa dilakukan dengan mengakses control panel. Seperti yang kita tahu, control panel merupakan bagian yang menampilkan pengaturan dari berbagai perangkat keras komputer atau laptop, termasuk RAM. Berikut langkah-langkah cek kapasitas RAM melalui control panel.

1) Pertama, kalian bisa klik menu 'Start'.

2) Kemudian, pada kolom pencarian, kalian ketik "control panel".

3) Lalu, pilih menu 'System and Security'.

4) Selanjutnya, kalian bisa pilih menu 'System'.

5) Setelah itu, dengan secara otomatis akan muncul halaman yang menampilkan kondisi berbagai perangkat pada laptop, termasuk kapasitas RAM.

3. Cara Cek RAM Laptop Melalui Task Manager

Ketiga, kalian juga bisa mencoba cara cek RAM melalui task manager. Secara umum, task manager merupakan komponen windows yang bisa menunjukkan berbagai program dalam laptop yang sedang dijalankan. Dari task manager, kalian juga mengecek kapasitas RAM. Berikut cara mengecek RAM lewat task manager.

1) Pertama, tekan tombol Ctrl + Shift + Esc pada keyboard, atau kalian juga bisa melakukan klik kanan pada taskbar dan pilih 'task manager'.

2) Setelah melakukan langkah pertama, akan muncul sebuah halaman task manager, berikutnya kalian bisa pilih 'Performance'.

3) Setelah itu, dengan secara otomatis akan muncul halaman yang menampilkan kondisi berbagai perangkat pada laptop, termasuk kapasitas RAM dalam istilah 'Memory'.

4. Cara Cek RAM Laptop Melalui Command Prompt

Keempat, kalian juga bisa mengecek kondisi terkini RAM laptop kalian melalui command prompt. Caranya tak kalah mudah dengan yang sudah-sudah. Kalian bisa langsung ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1) Pertama, tekan tombol Windows + R pada keyboard, hingga muncul menu 'Run'.

2) Selain dengan cara di atas, kalian juga bisa membuka menu 'Run' melalui tombol 'Start', kemudian mengetik 'Run' di kolom pencarian yang ada pada taskbar. Kemudian, klik.

3) Setelah menu 'Run' terbuka, kalian bisa mengetik "CMD" pada bar pencarian. Kemudian, klik 'OK' atau tekan tombol 'enter'.

4) Setelah itu, akan muncul halaman CMD.

5) Berikutnya, ketik "systeminfo".

6) Selanjutnya, perhatikan setiap keterangan yang terdapat di bawah tulisan "systeminfo". Pada deret barisan keterangan tersebut, di antaranya akan terdapat kondisi kapasitas RAM yang terpasang pada laptop saat ini.

5. Cara Cek RAM Laptop Menggunakan Aplikasi Speccy

Cara cek RAM laptop lainnya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi bernama Speccy. Speccy merupakan aplikasi yang bisa dipakai untuk mengontrol komponen dalam laptop. Cara mengecek RAM dan komponen lain di laptop melalui Speecy juga sangatlah mudah.

Namun tentunya untuk melakukan cara ini, kalian terlebih dahulu perlu menginstal aplikasi speecy di laptop. Setelah men-download dan menginstal Speecy, kalian bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1) Buka aplikasi Speccy dengan cara lakukan double click.

2) Setelah itu, secara otomatis, aplikasi Speccy akan membuka halaman khusus yang menampilkan kondisi berbagai komponen dalam laptop, termasuk RAM.

Itulah di antaranya sederet cara cek RAM laptop yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/gen/psp)

Editor:   Puput Saputro

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com