Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Cara Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Via Online yang Mudah dan Nggak Ribet

Editor KapanLagi.com | Senin, 17 Januari 2022 17:44 WIB
Cara Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Via Online yang Mudah dan Nggak Ribet

Kapanlagi.com - BPJS Ketenagakerjaan ialah program yang dibentuk oleh pemerintah guna memberikan perlindungan sosial ekonomi kepada para pekerja. Pemberi pekerjaan wajib untuk mendaftarkan karyawannya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga bagi KLovers yang sudah memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan, maka kalian perlu tahu cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Ya, kalian bisa melakukan cetak kartu BPJS ke kantor BPJS. Namun, bagi KLovers yang super sibuk dan sulit menemukan waktu yang tepat, maka ada cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan via online. Bahkan cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan via online ini akan mempermudah kalian dan tidak memakan waktu yang lama loh. Sehingga kalian bisa menggunakan cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan via online ini.

Nah, bagi KLovers yang ingin tahu bagaimana cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan via online, maka berikut ini tahapannya beserta dengan manfaat BPJS Ketenagakerjaan bagi pegawai. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Manfaat Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Gambar

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk karyawan penting untuk diketahui. Dan untuk manfaatnya, dapat dinikmati baik saat masih bekerja ataupun saat purna kerja. Manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk karyawan terbagi dalam empat program. Manfaat-manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan dapat dinikmati pekerja Indonesia baik di dalam maupun di luar negeri. Dan berikut ini manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan tersebut:

1. Jaminan Kecelakaan Kerja

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan yang pertama yaitu, jaminan kecelakaan kerja. Jaminan kecelakaan kerja dalam BPJS Ketenagakerjaan memberikan perlindungan atas risiko-risiko kecelakaan yang terjadi dalam hubungan kerja, termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju ke tempat kerja atau sebaliknya, hingga perjalanan dinas.

Manfaat tersebut diberikan tak terbatas biaya, sesuai dengan kebutuhan medis sampai pekerja sembuh. Selain itu, pekerja juga akan memperoleh santunan upah selama tidak bekerja. Upah yang diberikan yakni upah utuh selama 12 bulan pertama serta seterusnya 50 persen sampai sembuh. Jaminan kecelakaan kerja juga memberikan santunan kematian akibat kecelakaan kerja bagi keluarga peserta.

2. Jaminan Kematian

Selanjutnya yaitu ada jaminan kematian diberikan kepada ahli waris saat peserta meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja. Untuk besar manfaat yang diberikan berkala 24 bulan yaitu sebesar Rp12 juta yang dibayar sekaligus. Selain itu, jaminan kematian juga menanggung biaya pemakaman sebesar Rp10 juta.

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk karyawan juga memberikan beasiswa pendidikan untuk dua orang anak dari peserta yang meninggal dunia dalam 3 tahun maksimal Rp174 juta. Sehingga manfaat yang diberikan jaminan kematian sebesar Rp42 juta.

3. Jaminan Hari Tua

Jaminan hari tua dari BPJS Ketenagakerjaan cukup penting untuk memenuhi kesejahteraan di hari tua. Jaminan hari tua ialah manfaat yang berupa uang tunai yang besarnya adalah nilai akumulasi iuran ditambah hasil pengembangan yang di atas bunga deposito.

Jaminan hari tua akan dibayarkan sekaligus jika peserta mencapai usia 56 tahun, meninggal dunia, atau cacat total tetap. Besarnya iuran jaminan hari tua yaitu sebesar 5,7 dari upah yang ditanggung 2 persen pekerja dan 3,7 persen pemberi kerja.

4. Jaminan Pensiun

Jaminan pensiun yakni jaminan sosial yang tujuannya untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi peserta dan atau ahli warisnya dengan memberikan penghasilan setelah peserta memasuki usia pensiunnya. Jaminan pensiun berupa uang tunai yang diberikan kepada peserta, yang memenuhi iuran minimum 15 tahun yang setara dengan 180 bulan saat memasuki usia pensiun sampai dengan meninggal dunia.

Jaminan pensiun termasuk juga manfaat pensiun janda atau duda, berupa uang tunai bulanan yang diberikan kepada janda atau duda yang menjadi ahli waris sampai dengan meninggal dunia ataupun menikah lagi. Jaminan pensiun juga termasuk pensiun cacat, yang berupa uang tunai bulanan yang diberikan kepada peserta.

Jaminan pensiun pun meliputi manfaat pensiun anak yang berupa uang tunai bulanan, yang diberikan kepada anak yang menjadi ahli waris peserta (dengan maksimal dua orang anak yang didaftarkan pada program pensiun) sampai dengan usia anak mencapai 23 tahun. Kemudian bagi peserta lajang yang belum berkeluarga, jaminan pensiun diberikan kepada orang tua yang menjadi ahli waris peserta lajang.

2. Cetak Kartu BPJS Via Aplikasi

Gambar

Setelah mengetahui apa saja manfaat BPJS Ketenagakerjaan, maka ini adalah beberapa cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan via online. ya, KLovers bisa cetak kartu BPJS via aplikasi loh. Dan berikut ini cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan via aplikasi BPJS tersebut:

1. Cara pertama yaitu, kalian bisa unduh aplikasi BPJSTKU via ponsel.

2. Setelah itu, daftar pada menu yang tersedia.

3. Jika sudah, kalian bisa login pada aplikasi ya KLovers.

4. Pada menu, klik Kartu Digital, kemudian klik tampilan kartu digital tersebut.

5. Pilih tiga titik di pojok kanan atas, lalu simpan kartu ke galeri atau kirim via email.

6. Buka di galeri dan kalian sudah bisa mencetaknya secara mandiri. Selesai.

3. Cetak Kartu BPJS Via Website

Gambar

Dan cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan yang terakhir yaitu, bisa via Website. Ya, bagi KLovers yang ingin menggunakan Website resmi, maka berikut ini beberapa tahapan serta cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan via Website tersebut:

1. Pertama kalian bisa kunjungi situs BPJSTKU atau klik sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

2. Setelah itu, masukkan nama Email yang sudah kalian daftarkan.

3. Jika belum, maka kalian bisa buat akun baru.

4. Setelah itu, login nama dan password, lalu isi captcha.

5. Pada menu, klik kartu digital, lalu kalian bisa pilih atau klik gambar kartu BPJSTKU.

6. Simpan kartu digital tersebut dan selesai, kalian sudah bisa mencetaknya dengan kertas HVS.

Itulah beberapa cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan yang bisa KLovers ketahui via online. Selain cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan yang mudah via online ini, KLovers juga bisa mengetahui manfaat kartu BPJS Ketenagakerjaan secara garis besar.

(kpl/gen/dhm)

Editor:   Dhia Amira

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com