Cara Daftar Kartu Axis untuk Pengguna Lama dan Baru, Ketahui Juga Langkah Cek Status Registrasi

Editor KapanLagi.com | Sabtu, 25 September 2021 13:22 WIB
Cara Daftar Kartu Axis untuk Pengguna Lama dan Baru, Ketahui Juga Langkah Cek Status Registrasi

Kapanlagi.com - Sebelum menggunakan kartu prabayar, pengguna diwajibkan mendaftarkannya terlebih dahulu. Hal ini sudah menjadi peraturan wajib yang ditetapkan pemerintah. Untungnya, proses pendaftaran kartu prabayar sebenarnya tidaklah sulit. Namun, setiap jenis kartu prabayar punya tata cara pendaftarannya sendiri. Itulah sebabnya, penting untuk mengetahui cara daftar kartu Axis bagi penggunanya.

Umumnya, pendaftaran dilakukan dengan memasukkan beberapa data pribadi. Pengguna juga bisa melakukannya secara mandiri, tanpa harus mengunjungi kantor penyedia layanan. Meski begitu, pendaftaran kartu Axis tetap harus dilakukan dengan teliti sesuai ketentuan. Sebab jika tidak, proses pendaftaran bisa dianggap gagal kemudian pengguna akan menerima berbagai konsekuensi.

Untuk itu, pengguna Axis wajib tahu panduan cara pendaftaran kartu yang mereka gunakan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan cara daftar kartu Axis yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis.

1. Konsekuensi Jika Kartu Axis Tidak Terdaftar

Seperti yang disinggung sebelumnya, pendaftaran kartu prabayar sudah jadi aturan wajib yang ditetapkan pemerintah melalui Peraturan Kominfo No. 12/2016. Mendukung aturan wajib tersebut, pihak AXIS sebagai perusahaan penyedia layanan, memberlakukan beberapa konsekuensi atau sanksi bagi pengguna yang tidak melakukan registrasi.

Dilansir dari situs resmi axis.co.id, pengguna yang tidak melakukan registrasi akan mengalami pemblokiran secara bertahap. Untuk lebih jelasnya, berikut detail aturan dan sanksi pemblokiran yang dimaksud.

1) Pada tahap pertama, pengguna yang tidak mendaftar akan mengalami pemblokiran layanan panggilan keluar dan layanan kirim SMS. Aturan ini berlaku sejak 30 hari dari tanggal pemberitahuan.

2) Tahap kedua, pemblokiran layanan panggilan masuk dan layanan SMS masuk. Aturan ini berlaku mulai 15 hari sejak tanggal pemblokiran tahap pertama.

3) Tahap ketiga, pemblokiran layanan internet. Aturan ini berlaku jika pengguna tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 15 sejak tanggal pemblokiran tahap kedua.

2. Data yang Harus Dipersiapkan

Tak jauh berbeda dengan kartu prabayar lainnya, cara daftar kartu Axis dilakukan dengan memasukkan sejumlah data pribadi. Oleh sebab itu, sebelum mulai melakukan pendaftaran ada beberapa data yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Adapun data-data yang diperlukan yaitu NIK (KTP) dan juga nomor KK.

3. Cara Daftar Kartu Axis untuk Pengguna Lama

Aturan registrasi atau pendaftaran kartu Axis tak saja dikhususkan untuk pengguna baru. Sebaliknya, pengguna kartu lama juga diwajibkan melakukan pendaftaran. Bagi pengguna lama, pendaftaran bisa dilakukan dengan mengirimkan sms sesuai format yang telah ditentukan.

Untuk lebih jelasnya, berikut tata cara daftar kartu Axis untuk pengguna lama:

1) Pertama, buka fitur SMS pada hp kalian, lalu buka bagian buat pesan baru.

2) Setelah itu, ketik SMS dengan format, sebagai berikut:

ULANG#NIK (berjumlah 16 digit)#NOMOR KARTU KELUARGA.

3) Kirimkan SMS tersebut ke nomor 4444.

4) Setelah itu, kalian tinggal menunggu SMS balasan berisi pemberitahuan bahwa kalian telah menyelesaikan proses registrasi.

5) Setelah proses pendaftaran kartu perdana selesai, kalian dianjurkan untuk melakukan restart pada smartphone untuk mulai menikmati layanan kartu Axis.

4. Cara Daftar Kartu Axis untuk Pengguna Baru secara Manual

Cara daftar kartu Axis untuk pengguna lama dan baru tentu berbeda. Bagi pengguna baru ada dua cara yang bisa dilakukan, salah satunya bisa secara manual, dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1) Saat menyalakan hp pertama kali setelah memasang kartu Axis, akan muncul jendela pop up yang meminta kalian untuk melakukan registrasi kartu. Tekan opsi "OK" untuk menutup jendela tersebut.

2) Setelah itu kalian hanya perlu mengisi kolom yang tersedia dengan nomor NIK dan nomor KK. Setelah dipastikan nomor terisi dengan benar, tekan "OK".

3) Setelah dinyatakan berhasil, pengguna bisa melakukan restart pada smartphone. Kemudian menghidupkannya kembali untuk menikmati berbagai layanan yang disediakan Axis.

5. Cara Daftar Kartu Axis untuk Pengguna Baru via SMS

Selain secara manual, pengguna baru kartu Axis juga bisa melakukan pendaftaran dengan mengirimkan SMS. Pendaftaran lewat SMS bagi pengguna baru mempunyai format yang sedikit berbeda dengan pengguna lama. Meski begitu, caranya tetap simpel dan praktis. Berikut cara daftar kartu Axis bagi pengguna baru via SMS.

1) Pertama, buka fitur SMS pada hp kalian, lalu buka bagian buat pesan baru.

2) Setelah itu, ketik SMS dengan format, sebagai berikut:

DAFTAR#NIK (berjumlah 16 digit)#NOMOR KARTU KELUARGA.

3) Kirimkan SMS tersebut ke nomor 4444.

4) Setelah itu, kalian tinggal menunggu SMS balasan berisi pemberitahuan bahwa kalian telah menyelesaikan proses registrasi.

5) Setelah proses pendaftaran kartu perdana selesai, kalian dianjurkan untuk melakukan restart pada smartphone untuk mulai menikmati layanan kartu Axis.

6. Cara Cek Status Registrasi Kartu Axis

Jika merasa telah menyelesaikan proses pendaftaran tapi kunjung dapat pemberitahuan, kalian tak perlu khawatir. Kalian bisa langsung mengecek status pendaftaran atau registrasi nomor kalian dengan mudah dan praktis.

Kalian hanya perlu menghubungi nomor *123*4444# melalui menu panggilan di ponsel. Apabila pendaftaran telah berhasil, secara otomatis di layar akan muncul nomor Axis lengkap dengan NIK dan Nomor KK yang digunakan untuk mendaftar.

Itulah di antaranya beberapa cara daftar kartu Axis untuk pengguna lama dan baru. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/gen/psp)

Reporter:   Galuh Esti Nugraini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com