6 Cara FYP di TikTok Sebagai Jurus Ampuh untuk Mendulang Popularitas

Editor KapanLagi.com | Kamis, 30 September 2021 16:22 WIB
6 Cara FYP di TikTok Sebagai Jurus Ampuh untuk Mendulang Popularitas

Kapanlagi.com - TikTok adalah platform untuk membuat video dan musik yang cukup viral di berbagai belahan dunia. Meski sempat diblokir pada tahun 2018 di Indonesia, kini TikTok tampak berhasil menarik perhatian para pengguna baru setiap hari. Para pengguna pun berlomba mencari cara FYP di TikTok untuk mendulang popularitas.

FYP sendiri merupakan kependekan dari 'For Your Page'. Ketika konten kalian berhasil masuk ke FYP banyak pengguna lain maka viewers akan meningkat dan peluang untuk mendapat followers pun makin besar. Oleh karena itu, kalian perlu mengetahui cara FYP di TikTok agar konten kalin mendapatkan banyak perhatian.

Cara FYP di TikTok pun sebenarnya tidak terlalu sulit. Bahkan terkadang, konten kalian bisa masuk FYP banyak orang tanpa sengaja. Hal itu bisanya ditandai dengan viewers yang berkali lipat lebih banyak dari followers. Meski bisa didapat tanpa sengaja, tentu kalian ingin memaksimalkan akun yang sudah susah payah kalian bangun, kan?

Oleh karena itu, untuk mendukung kreativitas kalian dalam menggunakan fitur TikTok, kalian bisa mengikuti beberapa tips yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

 

1. Syarat FYP di TikTok

TikTok sempat merilis faktor-faktor yang menentukan konten bisa banyak muncul di halaman pengguna lain atau FYP. Bagi kalian yang ingin mengetahui cara FYP di TikTok, tentu harus mengetahui syarat ini.

Interaksi pengguna: video tersebut sesuai dengan apa yang kalian sukai, yang kalian komentari, akun yang kalian follow, dan konten yang kalian buat;

Informasi video: meliputi caption, audio yang digunakan, dan hashtag;

Setelan akun: meliputi preferensi bahasa, negara, dan tipe perangkat yang kalian pakai.

Lalu bagaimana cara agar video TikTok kalian bisa masuk ke FYP banyak orang? Ada beberapa cara yang bisa kalian ikuti pada informasi berikut ini.

2. Cara FYP di TikTok dengan memperhatikan Kualitas Video

Cara FYP di TikTok yang pertama, yaitu dengan memperhatikan kualitas video yang kalian produksi. Kualitas video yang dimaksud meliputi kejernihan, angle kamera, serta paduan warna outfit dan background.

Selain itu, kalian juga perlu memperhatikan durasi video yang dibuat. Durasi video yang relatif singkat bisa membuat viewers bisa menontonnya sampai selesai. Kreativitas pun juga sangat dibutuhkan untuk menghasilkan konten yang menarik, original, dan bermanfaat bagi banyak orang.

Dengan begitu, viewers akan tertarik untuk membagikan video dan menjaring banyak penonton baru untuk kalian. Tak hanya menari dan menyanyi mengikuti template yang ada, kalian pun bisa membuat konten original, seperti tips dan trik, gaya hidup, dan lain sebagainya.

3. Cara FYP di TikTok dengan Musik yang Sedang Populer

Jurus jitu yang bisa kalian gunakan sebagai cara FYP di TikTok selanjutnya adalah dengan memperhatikan pemilihan musik. Kalian perlu memperhatikan musik yang sedang populer atau viral sebelum membuat konten. Hal ini bisa berpengaruh pada algoritma TikTok dengan menjadikan konten kalian sebagai rekomendasi bagi pengguna yang menelusuri musik tersebut.

TikTok akan merekomendasikan video kalian kepada para pengguna yang punya selera musik serupa denganmu. Meski begitu, kalian juga tak boleh asal mencomot. Pastikan musik tersebut sesuai dengan suasana, tempo, dan elemen lain pendukung musik kalian.

4. Cara FYP di TikTok dengan Hashtag Popular

Hashtag populer atau tanda pagar yang kalian sematkan di kolom caption bisa menjadi salah satu cara FYP di TikTok yang cukup ampuh. Pemilihan hastag bisa kalian tentukan dengan memperhatikan trending dan hastag yang relevan dengan video kalian. Hashtag ini memungkinkan video kalian masuk FYP dan dilihat banyak orang yang bukan followers. Hal itu jelas bisa meningkatkan jumlah viewers dengan maksimal.

5. Cara FYP di TikTok dengan Mengikuti Tren dan Challenge

Mirip seperti hastag populer, cara FYP di TikTok juga bisa kalian tempuh dengan mengikuti tren yang sedang terjadi. Mengetahui berbagai challenge terbaru dan viral menjadi hal penting untuk meningkatkan traffic dan followers TikTok kalian.

Informasi mengenai tren dan challenge populer TikTok bisa kalian lihat pada menu 'Discover'. Semakin rajin kalian melihatnya dan membuat konten mengikuti tren dan challenge, peluang video kalian masuk FYP banyak orang kemudian viral akan semakin besar.

6. Cara FYP di TikTok dengan Memperhatikan Prime Time

Cara FYP di TikTok selanjutnya bisa kalian lakukan dengan menentukan waktu yang tepat saat mengunggah video. Mengunggah video di waktu yang tepat (Prime Time) bisa membuka peluang konten kalian untuk mendapat atensi yang lebih tinggi. Prime time pengguna TikTok di Indonesia, yakni pukul 12.00-13.00 (siang hari), 16.00-17.00 (sore hari), dan 19.00-23.00 (malam hari).

Nah, KLovers, itulah sejumlah cara FYP di TikTok yang bisa kalian coba. Jika berhasil, kalian berpeluang mendulang popularitas untuk menjadi kreator TikTok. Dengan begitu, kesempatan bagus untuk mendapat endorsement produk bisa kalian dapatkan. TikTok yang mungkin awalnya hanya untuk senang-senang, kini bisa jadi sumber penghasilan.

(kpl/ans)

Editor:   Anik Setiyaningrum

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com