Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Cara Iklan di Facebook Ads, Jenis-Jenis, Serta Kelebihan yang Perlu Kalian Ketahui

Sabtu, 22 Januari 2022 10:33 WIB
Cara Iklan di Facebook Ads, Jenis-Jenis, Serta Kelebihan yang Perlu Kalian Ketahui

Kapanlagi.com - Facebook menyediakan fitur iklan bagi para pebisnis yang ingin melakukan perluasan pasar atau menjaring audiens baru. Meski fitur ini sudah banyak diketahui, sayangnya masih ada orang yang belum mengetahui tata cara iklan di Facebook.

Ya, bisa dikatakan bahwa cara iklan di Facebook itu susah-susah gampang. Untuk pengalaman pertama, menentukan target dan tujuan iklan Facebook mungkin akan terasa membingungkan. Namun, jika sudah memahami kemungkinan akan terasa lebih menguntungkan.

Nah, jika kalian mulai tertarik untuk memasang iklan di Facebook Ads, tak ada salahnya untuk segera mencoba. Agar mendapatkan informasi yang cukup, kalian bisa menyimak langkah-langkah atau cara iklan di Facebook pada penjelasan berikut ini.

1. Pengertian Facebook Ads

Gambar

Facebook Ads adalah fitur yang menyediakan layanan iklan berbayar di platform Facebook. Audiens dari iklan ini adalah para pengguna Facebook yang jumlahnya fantastis. Iklan yang dipasang biasanya akan muncul di beranda, entah berupa gambar atau video.

Sebagai pebisnis, sudah sewajarnya kalian memperhatikan tata cara iklan di Facebook. Kalian perlu mempelajari jenis-jenis, target, dan lain sebagainya.

Tak hanya punya target pasar yang luas dan bisa diatur sesuai kebutuhan, iklan Facebook ini masih punya banyak kelebihan lain yang bisa kalian manfaatkan dengan maksimal. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, kalian bisa menyimak informasi berikut ini.

2. Cara Iklan di Facebook Ads

Gambar

Bagi pelaku bisnis, memasang iklan di Facebook Ads bisa jadi pilihan sebagai usaha perluasan pasar. Namun sayangnya, masih ada orang yang belum mengetahui tata cara iklan di Facebook secara efektif. Oleh karena itu, berikut ini ada penjelasan mengenai langkah-langkah yang bisa kalian tempuh untuk melakukannya.

1. Log in ke akun Facebook dan buka halaman Facebook Ads.

2. Selanjutnya, pilih jenis halaman yang sesuai dengan bisnis kalian.

3. Pilih pembuatan iklan terpadu yang memungkinkan kalian untuk melakukan pengaturan secara spesifik.

4. Tentukan tujuan pembuatan iklan, seperti brand awareness, perluasan jangkauan, traffic website, klik saja sesuai kebutuhan.

5. Pilih jenis iklan, uji split atau pengoptimalan anggaran.

6. Selanjutnya, tulis nama iklan dan tujuan trafik.

7. Trafik bisa kalian arahkan ke salah satu platform media sosial, seperti Instagram atau Website.

8. Jika kalian menyiapkan promo untuk iklan, silakan centang pilihan promo yang tersedia. Hal ini dapat menarik perhatian audiens.

9. Tentukan target audiens agar iklan lebih terarah.

10. Misalnya, jika kalian punya produk fashion trendy anak muda, silakan arahkan ke usia 17 hingga 25 tahun.

11. Kalian juga bisa mengarahkan target sesuai lokasi, seperti kabupaten, kota, atau negara.

12. Bisa juga disesuaikan dengan hobi, profesi, jenis kelamin, dan lain sebagainya.

13. Setelah itu, kalian akan dihadapkan pada pilihan lokasi penempatan iklan, kalian bisa membiarkan ini secara otomatis sesuai pilihan Facebook.

14. Jangan lupa isi pemilihan jadwal yang berkaitan dengan durasi tayang iklan, sesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

15. Selanjutnya, atur format iklan. Bisa dalam bentuk gambar, tayangan slide, video, dan lain sebagainya.

16. Sertakan deskripsi yang menarik dan informatif.

17. Jika iklan kalian sudah siap, silakan lakukan pembayaran.

18. Lakukan top up di akun Facebook Ads dan saldo akan berkurang sesuai dengan biaya iklan yang kalian pasang.

19. Kalian bisa melakukan pembayaran melalui kartu debit, kartu kredit, dan aplikasi pembayaran pihak ketiga.

20. Kalian sudah siap melakukan perluasan pasar melalui iklan Facebook!

3. Kelebihan Iklan Facebook

Gambar

Sebagai pertimbangan bagi kalian untuk menerapkan tata cara iklan di Facebook seperti di atas, tak ada salahnya untuk menyimak beberapa kelebihan Facebook Ads berikut ini. Dengan begitu, kalian lebih bisa memahami dan mendapat keyakinan untuk memulainya.

1. Memiliki pengguna aktif.

2. Pengguna beragam dalam jenis kelamin, usia, profesi, dan lain sebagainya.

3. Sebab punya pengguna yang melimpah dan beragam, kalian bisa membuat target yang spesifik.

4. Cocok untuk berbagai tujuan marketing, seperti trafik, produk awareness, hingga penjualan produk.

5. Jangkauan audiens lebih luas dan jangkauan organik saja tidak cukup.

6. Biaya iklan Facebook terhitung murah, apalagi bagi kalian yang sudah mahir dalam hal ini, biaya iklan pun makin bisa diminimalkan.

4. Jenis Iklan di Facebook

Gambar

Cara iklan di Facebook dan jenis-jenis iklan Facebook sudah sedikit disinggung pada penjelasan sebelumnya. Selanjutnya, penjelasan yang lebih detail bisa kalian simak melalui informasi berikut ini.

1. CPC (Cost Per Clik)

Pembayaran iklan pada jenis ini dilakukan sesuai dengan banyaknya klik yang dilakukan oleh audiens. Jika target kalian adalah trafik, jenis ini paling sesuai untuk diarahkan pada CTA, seperti "Pelajari lebih lanjut" atau "Dapatkan sekarang".

2. CPA (Cost Per Action)

Penghitungan biaya CPA dilakukan sesuai dengan transaksi yang terjadi di website kalian. Tak hanya pada pembelian, bisa juga pada registrasi member, langganan, atau download ebook.

3. CPM (Cost Per Mille)

Biaya yang akan kalian keluarkan untuk iklan jenis CPM dihitung per 1000 penayangan. Kalian yang ingin mendapatkan brand awareness cocok menggunakan jenis ini. Konsep ini bisa dikatakan mirip dengan iklan di media elektronik lain.

4. CPL (Cost Per Like)

Selain jenis-jenis di atas, ada pula iklan Facebook yang menerapkan penghitungan biaya dari banyaknya like untuk halaman Facebook kalian. Mirip dengan CPM, jenis iklan ini cocok bagi kalian yang ingin meningkatkan brand awareness.

Nah, KLovers, itulah tata cara iklan di Facebook beserta penjelasan secara detail mengenai pengertian dan jenis-jenisnya. Kalian bisa menyimak dan menerapkannya untuk kebutuhan bisnis atau perluasan pasar.

(kpl/gen/ans)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com