Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Cara Kredit HP di Home Credit dengan Mudah, Pahami Dulu Syarat dan Ketentuannya

Rabu, 25 Mei 2022 16:44 WIB
Cara Kredit HP di Home Credit dengan Mudah, Pahami Dulu Syarat dan Ketentuannya

Kapanlagi.com - Membeli barang secara kredit kini jadi hal yang sudah cukup lumrah dilakukan. Bagi sebagian orang, pembelian secara kredit menjadi sebuah kemudahan. Apalagi, kini bermunculan berbagai platform penyedia jasa kredit, salah satunya home credit. Berbagai barang kebutuhan bisa dibeli secara kredit di platform tersebut. Sehingga, kalian juga bisa melakukan cara kredit hp di home credit.

Tak bisa dipungkiri kini hp memang jadi satu kebutuhan penting. Hp tak saja dipakai untuk komunikasi, tapi juga untuk kebutuhan penting lain seperti bekerja dan belajar. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang gemar membeli hp model terbaru dengan fitur tercanggih. Sayangnya harga hp terbaru sangatlah tinggi. Jika sudah begitu, cara kredit hp di home credit bisa jadi satu solusi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan terkait cara kredit hp di home credit.

 

 

1. Syarat dan Ketentuan

Gambar

Sebelum tahu cara kredit hp di home credit, ada baiknya pertama kita perlu tahu syarat dan ketentuannya. Ya, sama halnya pengajuan kredit di platform lain, home credit juga memberlakukan beberapa syarat dan ketentuan untuk pelanggannya. Tanpa terpenuhi syarat dan ketentuan, maka pengajuan kredit di home credit kemungkinan akan ditolak.

Berikut beberapa syarat dan ketentuan untuk cara kredit hp di home credit.

- Pengaju kredit harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan kepemilikan KTP.

- Pengaju kredit harus sudah berusia minimal 21 tahun, atau 19 tahun dengan catatan sudah dalam status perkawinan.

- Domisili atau tempat tinggal di area pelayanan home credit.

- Mempunyai penghasilan tetap yang bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan dan membayar angsuran kredit.

2. Cara Kredit HP di Home Credit

Cara kredit hp di home credit sebenarnya cukup praktis dan tidak ribet. Kalian bahkan bisa langsung mengunjungi toko dan membawa pulang hp impian kalian saat itu juga. Semua itu bisa dilakukan asalkan, semua syarat dan ketentuan yang telah dijelaskan sebelumnya terpenuhi.

Namun untuk lebih jelasnya, terkait tata cara kredit hp di home credit kalian bisa ikuti langkah demi langkahnya berikut ini.

- Pertama, siapkan ktp dan dokumen pendukung lainnya seperti slip gaji.

- Jangan lupa untuk download aplikasi My Home Credit, kemudian lakukan pendaftaran.

- Jika berkas yang dibutuhkan sudah siap dan kalian sudah terdaftar di aplikasi, kalian bisa langsung mengunjungi toko hp. Pastikan toko hp tersebut sudah termasuk dalam mitra home credit.

- Setibanya di toko hp, kalian bisa langsung memilih barang.

- Sampaikan ke sales yang melayani bahwa kalian akan melakukan pembelian secara kredit melalui home credit. Kemudian, scan QR code di toko mitra tersebut.

- Sales agent yang bertugas selanjutnya akan memproses pengajuan kredit kalian dalam waktu kurang lebih 3 menit.

- Kalian akan diberikan sebuah kontrak, baca kontrak tersebut dengan cermat. Apabila sepakat, kalian bisa langsung tanda tangan dan membayar uang muka (DP) yang ditentukan dan biaya administrasi.

- Selesai, proses pembelian hp secara kredit lewat home credit telah selesai dilakukan. Kalian bisa membawa hp baru impian kalian pulang saat itu juga.

3. Penyebab Pengajuan Kredit Ditolak

Gambar

Walaupun cara kredit hp di home credit terkesan mudah dan praktis, faktanya pengajuan tersebut tetap bisa saja dinyatakan gagal dan ditolak. Penolakan ini umumnya, bisa disebabkan oleh tidak terpenuhinya syarat dan ketentuan. Selain itu, secara lebih spesifik ada beberapa hal yang bisa mengakibatkan pengajuan kredit di home credit dinyatakan ditolak.

Maka dari itu, sebagai antisipasi, selain cara kredit hp di home credit penting juga untuk tahu penyebab kredit dinyatakan gagal. Adapun berikut beberapa poin yang bisa menyebabkan pengajuan kredit di home credit ditolak.

- Usia pengaju kredit belum mencukupi, yaitu belum mencapai 21 tahun atau 19 tahu tapi belum dalam status perkawinan.

- Mempunyai pendapatan di bawah 3 juta. Selain itu, pengaju dengan pendapatan 3 - 10 juta per bulan tapi mempunyai kartu kredit dari 2 penerbit juga berpotensi ditolak.

- Mempunyai rekam jejak yang kurang baik, khususnya dalam hal transaksi pembelian secara kredit di masa lalu.

4. Tips Kredit di Home Credit

Membeli barang dalam hal ini hp secara kredit melalui home credit memang memudahkan. Kendati demikian, kalian tak bisa menggampangkan. Sebab bagaimanapun besarnya cicilan ke depan tetap akan memengaruhi pengeluaran. Sehingga, dibutuhkan tips atau strategi untuk melunasi tagihan kredit home credit. Berikut beberapa tips melunasi kredit di home credit.

1. Kelola pemasukan perbulan. Pastikan alokasi untuk semua cicilan kredit kalian tidak mencapai 30 persen. Dengan begitu, kalian masih bisa memenuhi kebutuhan, memenuhi kewajiban cicilan, dan menabung.

2. Jangan menunda untuk bayar tagihan. Bayar setiap tagihan kredit secara tepat waktu sesuai dengan jumlah yang ditentukan. Ingat, rekam jejak pembayaran akan berpengaruh di pengajuan kredit ke depannya.

Itulah di antaranya beberapa ulasan tentang cara kredit hp di home credit. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/gen/psp)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com