Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Cara Masuk BIOS Laptop HP, Beserta Pengertian dan Juga Fungsinya

Editor KapanLagi.com | Sabtu, 29 Januari 2022 12:33 WIB
Cara Masuk BIOS Laptop HP, Beserta Pengertian dan Juga Fungsinya

Kapanlagi.com - BIOS merupakan sebuah sistem dasar pada komputer yang berfungsi sebagai pengatur proses input dan output data. Sehingga penting untuk KLovers tahu bagaimana cara masuk BIOS laptop HP. Ya, laptop jenis HP memang memiliki sedikit perbedaan untuk masuk BIOS.

Namun cara masuk BIOS laptop HP tidak sulit kok KLovers. Bagi KLovers yang ingin mengetahui sistem operasi laptop jenis HP kalian, atau mengatur konfigurasi dasar sistem komputer, serta lainnya, maka kalian bisa masuk terlebih dahulu ke menu BIOS. Dan perlu tahu bagaimana cara masuk BIOS laptop HP.

Nah, bagi KLovers yang ingin mengetahui bagaimana cara masuk BIOS laptop HP tersebut. Maka kalian bisa melihat beberapa cara masuk BIOS laptop HP beserta penjelasan tentang BIOS dan fungsinya. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Apa Itu BIOS Laptop?

Gambar

Sebelum KLovers mengetahui bagaimana cara masuk BIOS laptop HP, kalian juga perlu tahu apa itu BIOS laptop. Ya, BIOS atau memiliki kepanjangan Basic Input Output System adalah sebuah sistem dasar pada sebuah komputer yang berfungsi sebagai pengatur proses input dan output data pada sebuah komputer.

Program ini memiliki peran sebagai pengatur fungsi-fungsi yang ada di sebuah laptop ataupun komputer, dari perangkat keras komputer atau laptop. Sehingga bisa dibilang program BIOS ini merupakan program dasar yang terdapat pada sistem komputer atau laptop ya KLovers.

Karena BIOS sendiri merupakan sebuah program yang mengatur fungsi-fungsi, sehingga BIOS sendiri memiliki peran yang cukup penting pada sistem komputer. Tanpa adanya sistem BIOS, komputer ataupun laptop tidak akan dapat beroperasi secara normal dan bahkan tidak dapat hidup sama sekali.

2. Fungsi BIOS Laptop

Gambar

Nah, bila BIOS merupakan sebuah program penting yang ada di laptop. Maka apa fungsi BIOS ini? Ya, tentu saja ada banyak sekali fungsi dari BIOS, karena BIOS sendiri sistem yang harus ada di laptop ataupun komputer untuk berjalan dengan baik. Dan berikut ini beberapa fungsi dari BIOS yang ada di laptop ataupun komputer:

1. Memberikan Informasi Dasar Sistem Komputer

Fungsi BIOS yang pertama yaitu, untuk memberikan informasi dasar mengenai spesifikasi hardware yang terpasang pada komputer atau laptop. Selain itu BIOS juga akan memberikan informasi mengenai tahapan-tahapan interaksi hardware yang berjalan pada komputer ataupun laptop.

2. Mengatur Konfigurasi Dasar Sistem Komputer

Kemudian fungsi BIOS yang yang kedua yaitu, dapat digunakan untuk mengatur konfigurasi dasar sistem komputer, seperti mengaktif dan menonaktifkan perangkat-perangkat. Semua perangkat ini yang terpasang pada komputer sesuai dengan kebutuhan. Selain itu BIOS juga digunakan untuk mengatur waktu dan tanggal serta proses booting komputer.

3. Membantu Sistem Operasi Dan Aplikasi Mengatur Hardware Komputer

Pada saat komputer sudah hidup sempurna, pengguna kadang ingin melakukan pengaturan perangkat-perangkat keras yang terpasang pada komputer. BIOS sebagai program dasar memiliki peran penting pada proses ini untuk membantu sistem operasi maupun aplikasi dalam mengatur hardware komputer atau laptop.

4. Memuat dan Menjalankan Sistem Operasi Komputer

Pada saat komputer dihidupkan, program pertama yang berjalan pada komputer adalah BIOS, program ini selanjutnya akan mengecek kesiapan dari sistem operasi yang tersimpan dalam harddisk untuk selanjutnya dimuat dan dijalankan.

5. Menjalankan Perintah Power On Self Test (POST)

Dan fungsi BIOS yang terakhir adalah sebagai sarana untuk menjalankan perintah Power On Self Test. Perintah ini digunakan agar pengguna dapat mengetahui tingkat kompatibiliitas sistem operasi yang nanti dapat digunakan pada komputer tersebut.

3. Cara Masuk BIOS Laptop HP dengan Tombol Esc

Gambar

Cara masuk BIOS laptop HP yang pertama yaitu, kalian bisa menggunakan tombol Esc. Ya, bagi kalian yang ingin ke menu BIOS di Laptop jenis HP, maka kalian bisa menggunakan cara ini. Dan berikut ini cara masuk BIOS laptop HP dengan menggunakan tombol Esc:

1. Cara pertama, kalian bisa restart atau hidupkan laptop HP kalian.

2. Segera tekan tombol Esc berulang kali dengan cepat.

3. Kemudian akan muncul pilihan menu boot, termasuk masuk ke menu BIOS.

4. Di sini, kalian bisa pilih opsi masuk ke menu BIOS.

5. Windows 8 ke atas menggunakan fitur fast startup, sehingga proses booting berjalan dengan sangat cepat, hanya hitungan detik. Untuk itu kalian harus bergerak sangat cepat.

6. Untuk mengatasinya, kalian bisa mencoba menekan dan tahan tombol Esc terlebih dahulu, baru setelah itu menekan tombol power.

4. Cara Masuk BIOS Laptop HP dengan Tombol F10

Gambar

Selanjutnya cara masuk BIOS laptop HP yang selanjutnya dengan menggunakan tombol F10. Ya, bila cara masuk BIOS laptop HP dengan menggunakan tombol Esc tidak bisa dilakukan, maka kalian bisa menggunakan tombol F10. Dan berikut ini cara masuk BIOS laptop HP dengan menekan tombol F10:

1. Pertama, kalian bisa restart laptop HP kalian

2. Atau jika dalam keadaan mati, kalian bisa menekan tombol power.

3. Setelah itu, segera tekan tombol F10 secara berulang-ulang hingga kalian berhasil masuk BIOS.

4. Jika kalian menggunakan windows 8 atau Windows 10 yang menggunakan fitur Fast Startup, besar kemungkinan kalian terlambat menekan tombol sehingga tidak berhasil masuk BIOS.

5. Untuk mengatasinya, kalian bisa mencoba menekan dan tahan tombol F10 terlebih dahulu, baru setelah itu menekan tombol power.

5. Cara Masuk BIOS Laptop HP dengan Tombol F9

Gambar

Dan cara masuk BIOS laptop HP yang terakhir yaitu dengan menggunakan tombol F9. Tidak sulit, cara masuk BIOS laptop HP dengan menggunakan tombol F9 ini juga sama dengan cara masuk BIOS laptop HP dengan menggunakan tombol F10. Dan berikut ini beberapa cara masuk BIOS laptop HP F9 tersebut:

1. Pertama kalian bisa menekan tombol F9 memiliki fungsi yang sama seperti menekan tombol ESC.

2. Kemudian kalian akan di arahkan pada pilihan menu boot.

3. Restart atau hidupkan laptop HP kalian ya KLovers.

4. Segera tekan tombol F9 atau tekan dan tahan tombol F9 sebelum kalian menekan tombol power.

5. Pilih opsi masuk BIOS ketika muncul pilihan menu boot.

Itulah beberapa cara masuk BIOS laptop HP yang bisa kalian lakukan dengan mudah dan praktis. Bukan hanya cara masuk BIOS laptop HP saja, kalian juga bisa mengetahui apa itu BIOS dan apa fungsinya. Selamat mencoba KLovers.

(kpl/gen/dhm)

Editor:   Dhia Amira

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com