6 Cara Melacak HP Hilang dengan Email dan Berbagai Aplikasi dengan Praktis

Editor KapanLagi.com | Selasa, 05 Oktober 2021 19:11 WIB
6 Cara Melacak HP Hilang dengan Email dan Berbagai Aplikasi dengan Praktis

Kapanlagi.com - Kehilangan HP merupakan kasus yang kerap terjadi. Entah karena lupa, tertinggal, atau dicuri, HP kalian yang hilang ternyata masih bisa dilacak. Tak hanya melalui miscall dan mengetahui letak HP dari suaranya. Proses pelacakan sekarang ini sudah lebih maju dan canggih.

Sebelum itu, kalian perlu menenangkan diri dan membaca penjelasan tentang cara melacak HP hilang dengan email berikut ini. Jika masih dalam keadaan gelisah dan tergesa-gesa, bisa jadi proses pencarian malah akan terhambat. Lakukan cara melacak HP hilang dengan email ini secara sigap, jika perlu, kalian bisa minta bantuan teman. Cara ini bisa kalian tempuh karena email bisa terhubung ke Google Maps dan GPS di HP.

Karena itu pula, terdapat aplikasi yang bisa membantu kalian dalam melakukan pelacakan HP. Ya, selain cara melacak hp hilang dengan email, kalian juga bisa melakukannya dengan aplikasi. Agar mengetahuinya langkah-langkahnya secara detail, silakan simak informasi berikut ini.

1. Cara Melacak HP Hilang dengan Email

Cara melacak HP Hilang dengan email merupakan hal yang sangat memungkinkan. Oleh karena itu, kalian perlu mengetahui cara ini agar sudah siap jika mengalami musibah ini di masa depan.

- Buka HP pelacak.

- Masuk ke akun email yang sama dengan HP kalian yang hilang.

- Klik ikon titik sembilan pada kanan atas.

- Pilih ke 'Akun Google' (Google Account).

- Scroll ke bawah untuk menemukan 'Temukan Ponsel Anda'.

- Lalu pilih HP yang hilang.

- Klik opsi 'Temukan'

- Selanjutnya, kalian akan dialihkan ke Google Maps untuk menunjukkan keberadaan HP kalian.

2. Cara Melacak HP Hilang dengan Email di Google

2. Cara Mencari HP yang hilang dengan email di Google Maps

- Buka aplikasi Google Maps.

- Selanjutnya, ketuk icon garis tiga di pojok kiri atas.

- Masukkan akun HP yang hilang dengan opsi Add Account.

- Tekan ikon hamburger sekali lagi, dan kini pilih Your Timeline. Pelacakan akan dimulai.

- Lanjut klik ikon kalender jika ingin mengetahui lokasi HP yang telah hilang dalam hitungan hari, khususnya jika memang kondisi HP sudah mati.

3. Cara Mencari HP yang hilang dengan Email di Google Mail (Gmail)

- Buka Gmail dan masukkan alamat email yang terdapat pada HP yang hilang.

- Pilih tampilan Gmail versi Web.

- Pilih icon dengan titik Sembilan pada sisi atas kanan.

- Selanjutnya, masuk pada Akun Google (Google Account), kemudian kalian bisa scroll ke bawah.

- Pilih opsi Mulai pada tulisan Temukan Ponsel kalian. Lalu pilih HP yang hilang.

- Masukkan lagi kata sandi email yang berada di HP yang hilang. Lalu pilih opsi Temukan.

- Maka akan muncul google map, lalu klik Tutup.

- Pilih jenis Hp yang akan kalian lacak, lalu pilih icon Refresh agar posisi Hp yang hilang ter-update dan terbaca oleh Google Map.

- Selanjutnya akan muncul tampilan lokasi Hp yang hilang di layar.

3. Cara Melacak HP Hilang dengan Email Melalui Aplikasi

4. Cara Melacak HP Hilang dengan Email Melalui Aplikasi Find My Device

- Buka aplikasi Google Find My Device, lalu masuk ke akun Google atau Gmail yang terpasang pada ponsel yang hilang.

- Setelah itu, muncul petunjuk menunjukkan lokasi ponsel pada saat itu di peta. Jika ponsel yang hilang berada dalam kondisi mati, maka lokasi lokasi terakhir yang terdeteksi.

- Jika kalian berada lokasi sekitar yang ditujukan pada peta maka harus memilih 'Putar Suara' agar ponsel berbunyi. Fitur pada aplikasi ini tetap bisa membuat ponsel berbunyi meski ponsel dalam keadaan mode senyap atau mode getar.

- Kalian juga bisa memilih opsi 'Amankan Perangkat'. Fitur ini digunakan untuk mengunci layar ponsel sekaligus memberi pesan di layar ponsel tersebut.

- Jika kalian masih belum dapat menemukan ponsel, tetapi merasa tidak akan berhasil menemukan data pada ponsel dan takut disalahgunakan, maka bisa memilih 'Hapus Perangkat'. Perintah ini digunakan untuk menghapus data secara permanen termasuk akun Google, sehingga aplikasi tersebut tidak dapat melacak ponsel lagi.

5. Samsung ID

Selain beberapa cara melacak hp hilang dengan email di atas, kalian juga bisa menemukannya dengan mengakses Samsung Find My Mobile (https://findmymobile.samsung.com/), lalu sign ini menggunakan ID HP yang hilang. Selanjutnya, setujui semua legal information yang diberikan oleh Samsung dan klik Agree.

Setelah itu, Samsung Find My Mobile akan mengungkapkan lokasi terakhir HP kalian, mengetahui informasi jaringan yang terhubung, dan sisa baterai. Kontrol HP bisa dilakukan dengan mengunci perangkat, hapus data, atau bunyikan alarm.

6. iCloud

Bagi pengguna iPhone, kalian bisa melacak HP yang hilang dengan mengunjungi situs iCloud (https://www.icloud.com/), lalu sign in menggunakan Apple ID HP yang hilang. Skip Two-Factor Authentication, lalu pilih opsi Find My iPhone. Setelah lokasi terungkap, HP bisa dikontrol dengan mengaktifkan Lost Mode, hapus data, atau bunyikan alarm.

Itulah beberapa cara melacak HP hilang dengan email yang bisa kalian ikuti. Perkembangan teknologi yang semakin pesat telah memunculkan berbagai solusi dengan mudah bagi para pengguna.

(kpl/gen/ans)

Reporter:   Galuh Esti Nugraini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com