Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Cara Mematikan Laptop dengan Benar dan Aman, Ketahui Risiko Jika Dimatikan secara Sembarangan

Kamis, 30 September 2021 17:11 WIB
Cara Mematikan Laptop dengan Benar dan Aman, Ketahui Risiko Jika Dimatikan secara Sembarangan

Kapanlagi.com - Mematikan laptop mungkin jadi hal yang sering dianggap sepele. Padahal, mematikan laptop bisa sangat menentukan kondisi dan keawetan laptop. Ya, jika dilakukan secara asal-asalan, laptop bisa mengalami berbagai kendala kerusakan. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara mematikan laptop yang benar.

Terlebih seperti yang kita tahu, saat ini teknologi terus berkembang termasuk pada perangkat dalam laptop. Maka, bisa saja satu jenis laptop dengan yang lainnya mempunyai sistem yang berbeda. Sehingga, cara pengoperasian laptop tentu saja juga akan berbeda-beda. Begitu pula dalam tata cara mematikannya yang harus mempunyai tata cara berbeda.

Lantas, bagaimana cara mematikan laptop yang benar agar tidak cepat rusak? Dirangkum dari berbagai sumber, simak beberapa ulasannya berikut ini.

1. Bahaya Mematikan Laptop Sembarangan

Gambar

Di balik kegunaannya yang luar biasa, sebenarnya laptop terbilang barang yang rentang mengalami kerusakan. Oleh karena itu, laptop harus digunakan secara hati-hati agar tidak rusak. Berbagai hal yang terkesan sepele, seperti asal-asalan saat mematikan bisa meningkatkan risiko kerusakan pada laptop.

Cara mematikan laptop yang benar seringkali disebut dengan istilah shut down. Mematikan laptop tak bisa dilakukan hanya dengan menekan tombol power. Sayangnya karena terburu-buru, seringkali orang justru melakukannya. Padahal, mematikan laptop lewat tombol power bisa jadi kesalahan fatal yang harus dihindari pengguna.

Berikut beberapa bahaya akibat mematikan komputer secara asal-asalan dengan langsung menekan tombol power (tanpa shut down).

1) RAM Akan Bermasalah

Pada sebuah komputer atau laptop, RAM memiliki peran yang sangat penting. RAM berfungsi membagi tugas atas perintah yang diberikan pengguna untuk komputer. Apabila kita mematikan komputer melalui shut down, maka RAM akan menutup semua aplikasi secara baik dan teratur. Sebaliknya, jika kita mematikan laptop secara paksa maka, aplikasi tak akan tertutup sempurna, sehingga bisa berisiko terjadi kerusakan fatal.

2) Hard Disk Menjadi Bad Sector

Salah satu kerusakan yang paling sering terjadi akibat mematikan komputer tanpa shut down yaitu terjadinya bad sector pada hard disk. Penyebabnya, piringan yang berada dalam hard disk akan terus berputar ketika digunakan. Jika komputer mati secara paksa, maka hard disk akan turut berhenti secara tiba-tiba.

3) Registry Menjadi Berantakan

Bahaya mematikan laptop tanpa shut down berikutnya yaitu gangguan pada sistem operasi, khususnya di bagian registry. Saat laptop sedang menjalankan sebuah aplikasi, kemudian secara tiba-tiba dimatikan dengan menekan tombol power, maka registry tersebut akan menjadi berantakan dan tidak dapat bekerja sesuai dengan fungsinya.

2. Cara Mematikan Laptop dengan Mouse

Gambar

Bagaimanapun laptop merupakan satu alat elektronik yang di dalamnya didukung sejumlah perangkat dan sistem. Salah satu perangkat yang biasa dipakai untuk mendukung kerja laptop adalah mouse. Tak saja memudahkan kita saat bekerja, ternyata pemakaian mouse juga berguna untuk menjaga kondisi laptop. Pasalnya, mouse bisa kalian gunakan untuk mematikan laptop secara benar dan aman.

Untuk lebih jelasnya, berikut cara mematikan laptop dengan menggunakan mouse:

1) Khusus untuk mematikan komputer dan laptop Windows 8 dan 8.1, kalian bisa langsung gerakkan kursor ke sisi kanan atas layar laptop.

2) Setelah itu, klik opsi Pengaturan di sudut kanan bawah.

3) Kemudian, klik tombol Power, setelah mengklik opsi daya, antarmuka seperti itu muncul.

4) Berikutnya, klik opsi matikan, setelah mengklik opsi ini sistem komputer dan laptop benar-benar mati.

3. Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

Gambar

Jika tak menggunakan mouse, kalian juga bisa menggunakan cara mematikan laptop langsung dengan keyboard. Caranya tak kalah mudah dan praktis. Bahkan kalian bisa mengaksesnya dengan sangat cepat melalui beberapa kombinasi tombol pintas, seperti Alt + F4, Ctrl + Alt + Del, dan Win + X.

4. Cara Mematikan Laptop dengan Sistem Windows 10

Gambar

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, setiap laptop yang memakai sistem berbeda juga akan mempunyai cara pengoperasian yang berbeda pula. Oleh karena itu, cara mematikan laptop dengan sistem windows 10 berbeda dengan laptop yang memakai sistem jenis atau versi windows lainnya. Adapun cara mematikan laptop dengan sistem windows 10 adalah sebagai berikut.

1) Khusus untuk mematikan laptop dengan sistem windows 10, kalian bisa klik tombol jendela di sisi kiri bawah layar laptop.

2) Setelah itu, akan muncu ltombol power, kemudian klik.

3) Terakhir, klik opsi daya lalu, klik opsi matikan.

Di samping cara di atas, ada satu lagi cara untuk mematikan laptop dengan sistem windows 10. Cara ini bisa dilakukan dengna menekan tombol pintas kombinasi Ctrl + Alt + Del, Alt + F4, dan WIN + X.

Itulah di antaranya cara mematikan laptop dengan benar dan aman. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/psp)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com