Cara Membantu Seseorang yang Positif Virus Corona Covid-19, Begini Langkah Tepatnya

Galuh Esti Nugraini| Sabtu, 04 April 2020 08:22 WIB
Galuh Esti Nugraini | Sabtu, 04 April 2020 08:22

Kapanlagi.com - Dalam masa kecemasan dan jarak sosial seperti saat ini, apa yang bisa kita lakukan untuk saling memperhatikan? Situasi saat ini menjadi dilema besar akibat pandemi virus corona yang dapat menular. Tak jarang kita memakai ego untuk tetap menjaga keselamatan diri masing-masing. Namun, apa jadinya jika orang yang kita kenal dekat positif menderita corona? Apa langkah yang tepat untuk membantunya?

Meningkatnya kasus masyarakat yang berstatus ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan) membuat diri semakin cemas dan khawatir. Belum lagi jika wilayah rumah kalian masuk ke dalam zona merah akibat virus ini. Banyaknya orang yang sudah mengisolasi diri menambah rasa was-was mengingat akses untuk membantu sangat terbatas.

Dalam situasi ini, jika anggota keluarga maupun tetangga positif corona, Langkah ini dapat menjadi opsi yang tepat untuk kalian lakukan.

1 Dari 4 Halaman

1. Ada yang Sakit, Apa yang Harus Dilakukan?

Ada yang Sakit, Apa yang Harus Dilakukan? (credit: freepik)
Apabila ada seseorang yang membutuhkan bantuan kalian, pastikan kalian juga harus melindungi diri sendiri. Berikut ini cara melindungi diri, jika harus merawat orang yang sakit.

- Memisahkan orang yang sakit ke ruang terpisah untuk sementara waktu.

- Hanya diperbolehkan 1 orang yang merawatnya, hal ini untuk mencegah penularan ke banyak orang.

- Wajib cuci tangan setelah melakukan kontak langsung dengan orang yang sedang sakit.

- Gunakan masker untuk orang yang sedang sakit, dan gunakan tisu ketika batuk maupun bersin.

- Jangan meminjamkan barang-barang rumah tangga maupun alat makan lainnya.

- Jika memungkinkan, buka jendela untuk menambah ventilasi.

2 dari 4 halaman

2. Bagaimana Jika Seseorang Terpapar Covid-19?

Bagaimana Jika Seseorang Terpapar Covid-19? (credit: freepik)
Agar virus tidak menyebar, melakukan karantina mandiri adalah kunci untuk menjaga supaya orang lain tidak terkena virus ini. Namun, apabila kerabat atau orang dekat yang kalian kenal terpapar corona, apa yang bisa kalian lakukan?

Perlu kalian perhatikan, orang yang terinfeksi virus corona, mungkin saja dapat menularkan virus ini kepada kalian. Oleh sebabnya, untuk merawat orang yang sakit hanya di butuhkan 1 orang saja, hal ini untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Berikut ini langkah yang dapat kalian lakukan, jika kalian termasuk orang yang merawatnya.

-Pertama, kalian membantu dalam hal kebutuhan makanan orang yang sedang terpapar virus ini. Selain itu, keperluan harian juga perlu kalian siapkan. Dalam hal ini, jangan berbagi barang-barang rumah tangga dan peralatan makan lainnya. Saat memberikan makan, juga ada beberapa aturan seperti memberikannya di meja yang sudah di siapkan. Dalam artian, tidak perlu menyerahkan makanan secara langsung dengan penderita.

-Tugas kalian yaitu selalu memastikan keadaan orang yang terpapar baik-baik saja. Lalu, untuk menghindari kontak secara langsung, gunakan teknologi untuk berkomunikasi.

-Jika diperlukan, kalian perlu membantu menghubungi tenaga medis untuk memastikan keadaan orang terdekat kalian baik-baik saja.

Jika terpaksa seseorang memerlukan bantuan kalian, risiko yang harus kalian lakukan yaitu, kalian dapat menolong secara langsung. Namun dalam menolongnya, kalian harus menggunakan alat pelindung diri yang sesuai standar. Jangan sampai kalian lalai akan hal itu, karena akan berujung pada keselamatan kalian.

 

3 dari 4 halaman

3. Cara Melindungi Diri dari Pasien Positif Corona

Cara Melindungi Diri dari Pasien Positif Corona (credit: freepik)
Meskipun kalian merawat orang positif corona. Namun, kalian harus tinggal di ruangan yang berbeda dengan pasien. Langkah berikut ini bisa kalian gunakan sebagai panduan dalam merawat pasien corona.

-Langkah pertama, selalu menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah merawat pasien. Hal ini ini penting dilakukan ketika kalian memberikan makanan.

-Gunakan selalu masker dan keringkan tangan setelah cuci menggunakan tisu setelah cuci tangan

-Setelah menggunakan masker, lepaskan ikatan masker tanpa menyentuh bagian depan masker. Lalu segeralah mencuci tangan.

-Selalu semprotkan disinfektan pada permukaan kamar mandi, toilet, dan benda lainnya seperti gagang pintu, meja, wastafel dan lainnya.

-Tidak hanya masker wajah, kalian juga wajib menggunakan masker tangan.

4 dari 4 halaman

4. Stop Diskriminasi Terhadap Pasien Positif Corona

Stop Diskriminasi Terhadap Pasien Positif Corona (credit: freepik)
Kurangnya pengetahuan terhadap hal-hal apa saja yang harus dihindari kepada orang yang terpapar virus corona, terkadang membuat rasa empati hilang. Pasalnya, mereka yang positif corona, bisa jadi malah di diskriminasi.

Timbulnya stigma terhadap seseorang yang terinfeksi virus ini, justru tidak membuat keadaan mereka membaik, tetapi dapat mengganggu pikiran mereka. Padahal, mereka sangat butuh dukungan dari peran baik orang di sekitar.

Maka dari itu, hindari mengucilkan mereka yang terpapar virus corona. Ada baiknya kalian memberikan semangat dan kebahagiaan agar mereka selalu berpikiran positif.  

(kpl/dtm/gen)

Editor:  

Dita Tamara

Join Kapanlagi.com