Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Cara Membuat Akun Play Store untuk Pemula Beserta Manfaatnya

Editor KapanLagi.com | Jum'at, 28 Januari 2022 13:33 WIB
Cara Membuat Akun Play Store untuk Pemula Beserta Manfaatnya

Kapanlagi.com - Tidak hanya akun Google saja yang penting untuk dimiliki para pengguna android, namun akun Play Store juga perlu dimiliki. Hal ini karena, bila kalian ingin memiliki sebuah aplikasi resmi hal tersebut hanya bisa di download lewat Play Store. Lantas, bagaimana jika seseorang memiliki akun Play Store?

Ya, bagi KLovers yang merupakan pemula, ada kok cara membuat akun Play Store yang mudah. Sehingga, KLovers nggak perlu bingung bagaimana cara membuat akun Play Store. Selain cara membuat akun Play Store, kalian juga bisa mengetahui manfaat memiliki akun Play Store.

Nah, untuk KLovers yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat akun Play Store. Maka berikut ini cara membuat akun Play Store beserta manfaat dari akun Play Store. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Manfaat Akun Play Store

Gambar

Sebelum KLovers mengetahui bagaimana cara membuat akun Play Store, KLovers juga perlu mengetahui apa saja manfaat dari akun Play Store itu sendiri. Nah, berikut ini manfaat dari akun Play Store yang bisa KLovers ketahui:

1. Media Penyimpanan Kontak

Manfaat akun Play Store yang pertama yaitu, kita bisa menyimpan kontak sampai ribuan bahkan mungkin ratusan ribu atau tidak terbatas. Dan kontak itu tidak akan hilang ketika kita berpindah perangkat seperti dari satu Android ke Android lainnya.

2. Akun Media Sosial

Kemudian, manfaat akun Play Store yang kedua yaitu bisa menjadi sebuah akun pada media sosial. Kalian bisa melakukan login ke akun media sosial jika memiliki akun Google ataupun akun Play Store.

3. Akun Game Online

Bagi kalian pecinta game pasti tahu bahwa akun Play Strore ini bisa menjadi akun untuk masuk pada game kalian. Kata sandi dan nama akun Google kalian, secara otomatis akan masuk ke dalam game kalian.

4. Mendownload Aplikasi di Play Store

Ketika kalian sudah memiliki akun Play Store yang sudah tertanam pada Android kalian, maka ketika membuka Play Store kita tinggal bebas memilih aplikasi-aplikasi dan game gratis untuk kita download di HP.

5. Media Global for Android

Dan manfaat akun Play Store terakhir yaitu jadi media global untuk android. Tanpa akun Play Store, Android bisa diibaratkan mati suri karena tidak bisa ini dan tidak itu. Hanya bisa SMS, Telepon dan mendengar Music Tidak bisa untuk keperluan yang lain seperti browsing dan lainnya.

2. Cara Membuat Akun Play Store

Gambar

Nah, setelah KLovers mengetahui apa saja manfaat yang bisa KLovers rasakan dalam menggunakan akun Play Store. Berikut ini beberapa cara membuat akun Play Store yang mudah dan juga praktis:

1. Buka aplikasi Google Play yang terpasang pada smartphone android kalian.

2. Aplikasi akan menampilkan permintaan untuk menambahkan (login) akun Google.

3. Pilih opsi "Baru", karena kalian akan membuat akun baru. Opsi "Yang sudah ada" dipilih jika kalian ingin menggunakan akun lama kalian.

4. Setelah tombol "Baru" ditekan, kalian akan dialihkan ke menu pendaftaran akun baru.

5. Isi Nama depan dan nama belakang kalian pada kolom yang tersedia pada halaman "Nama Anda".

6. Tekan ikon panah kanan untuk beralih ke halaman selanjutnya.

7. Isi nama pengguna (username) yang ingin kalian gunakan sebagai nama pengguna kalian di google play.

8. Pastikan nama pengguna yang kalian buat cukup unik ya KLovers, sehingga belum digunakan orang lain.

9. Jika nama pengguna kalian tersedia atau belum digunakan oleh orang lain, kalian akan dialihkan ke halaman pembuatan sandi.

10. Pada halaman "Buat sandi" tuliskan password yang akan kalian gunakan. Buat kata sandi yang unik dan tidak mudah ditebak orang.

11. Tuliskan kata sandi tersebut pada kedua kolom yang tersedia, pastikan kalian mengisinya dengan benar sehingga isi keduanya sama persis.

12. Setelah itu tekan ikon panah kanan untuk melanjutkan.

13. Untuk opsi pemulihan sandi Google, kalian bisa melakukannya nanti dengan memilih opsi "Lain Kali".

14. Namun jika kalian ingin melakukannya saat itu juga, kalian bisa menekan opsi "Siapkan akun pemulihan".

15. Kalian hanya perlu mengisikan nomor telepon yang kalian gunakan dan menunggu kode verifikasi dari Google.

16. Kalian akan dialihkan pada halaman pengaturan pencadangan dan pemulihan akun Google, langsung saja tekan selanjutnya.

17. Tekan opsi "setuju" pada halaman selanjutnya untuk menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privasi dari Google.

18. Tulis kode capcha yang tampil untuk autentifikasi, lalu tekan ikon panah kanan.

19. Untuk info pembayaran pilih opsi "lewati" saja.

20. Dan selesai, akun Google Play kalian telah berhasil dibuat.

Itulah cara membuat akun Play Store yang bisa KLovers ketahui. Bukan hanya mengetahui cara membuat akun Play Store saja, namun kalian juga bisa mengetahui apa saja manfaat akun Play Store.

(kpl/gen/dhm)

Editor:   Dhia Amira

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com