Cara Membuat Akun Youtube di HP dan PC, Pahami Pula Langkah Memaksimalkan Channel

Editor KapanLagi.com | Selasa, 05 Oktober 2021 15:44 WIB
Cara Membuat Akun Youtube di HP dan PC, Pahami Pula Langkah Memaksimalkan Channel

Kapanlagi.com - Youtube menjadi salah satu platform dengan peminat terbanyak. Oleh karena itu, wajar jika makin banyak orang yang ingin menjadi kreator dan mencari cara membuat akun Youtube. Apalagi, selain untuk menyalurkan kreativitas, Youtube juga bisa menjadi sumber penghasilan.

Sedikit banyak, alasan mendapat penghasilan itu jadi penyebab seseorang ingin mengetahui cara membuat akun Youtube. Padahal, untuk menghasilkan, kalian perlu memikirkan banyak hal. Tak hanya berhenti saat membuat akun.

Oleh karena itu, selain cara membuat akun Youtube, kalian juga perlu tahu cara memaksimalkannya. Berikut ini terdapat beberapa informasi mengenai hal tersebut. Kalian bisa membacanya sebagai panduan Youtuber pemula.

 

1. Cara Membuat Akun Youtube Melalui HP

Mungkin kalian sempat mengira bahwa Youtube hanya bisa dibuat di PC. Namun, perkembangan teknologi memang makin canggih dan memungkinkan untuk membuat akun dengan HP. Bahkan, HP pun memungkinkan bagi kalian untuk memproduksi konten dan mengelola Youtube hanya lewat genggaman.

Agar kalian bisa segera berkreasi, silakan simak tata cara membuat akun berikut ini terlebih dahulu.

- Pertama, buka aplikasi YouTube pada HP kalian.

- Bagi kalian yang menggunakan Android, biasanya akun Google sudah terintegrasi di aplikasi YouTube.

- Pilih ikon akun di pojok kanan atas.

- Selanjutnya, klik opsi Your Channel.

- Setelah muncul pop-up, kalian bisa mengisi nama channel sesuai keinginan kalian.

- Klik Create Channel.

- Channel YouTube sudah berhasil dibuat.

- Kalian bisa mengubah foto profil, deskripsi channel, dan kamu juga bisa memberi tautan ke situs atau media sosial lainnya agar jangkauannya lebih luas.

2. Cara Membuat Akun Youtube Melalui PC

Cara membuat akun Youtube melalui PC bisa kalian ikuti dengan sangat mudah. Kalian bisa memanfaatkan browser yang dipakai sehari-hari. Selanjutnya, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

- Pertama, buka situs https://www.youtube.com/ di browser kalian.

- Klik Login di pojok sebelah kanan dan masuk dengan akun Google kalian.

- Setelah masuk, klik akun kalian di bagian pojok kanan atas.

- Selanjutnya, pilih opsi Buat Channel atau Create Channel.

- Akan muncul pop-up untuk memilih nama channel sesuai akun Google atau membuatnya sendiri secara kustom. Pilih nama kustom untuk menentukan nama Channel YouTube kalian sendiri.

- Lanjut, masukkan nama channel yang ingin kalian buat, centang syarat dan ketentuan, lalu klik buat.

- Channel YouTube kalian sudah berhasil dibuat.

- Kalian bisa mengganti foto profil, deskripsi channel, dan memberi tautan ke situs atau media sosial lainnya untuk memperluas jangkauan.

- Selanjutnya, kalian bisa langsung menunjukkan kreativitas dan mengunggahnya dalam bentuk video di Youtube.

3. Cara Membuat Akun Youtube dan Memaksimalkan Channel

Selain cara membuat akun Youtube, kalian juga perlu mengetahui trik dasar memaksimalkan channel. Oleh karena itu, ada beberapa penjelasan mengenai hal tersebut dalam informasi berikut ini. Kalian bisa membacanya dengan saksama untuk kemudian dipraktikkan sendiri dengan kreativitas yang kalian miliki.

- Kelola Homepage dengan Menarik

Untuk memaksimalkan channel YouTube, kalian perlu memikirkan fitur-fitur apa saja yang perlu ditonjolkan. Kalian bisa memulainya dari ikon dan header pada homepage. Ikon gambar berbentuk kotak yang muncul di bagian kiri atas channel kalian, juga muncul pada setiap video yang diputar itu sangat penting untuk diperhatikan. Ikon tersebut merepresentasikan channel YouTube dan Google kalian maka penting untuk membuatnya terlihat menarik dalam ukuran besar atau pun kecil.

- Maksimalkan Metadata Pada Video

Metadata merupakan segala informasi yang kalian cantumkan sebagai penjelasan video. Hal itu mencakup judul, tags, dan deskripsi. Memaksimalkan metadata bisa membuat video kalian berada di peringkat atas Youtube dan Google. Konten memang hal utama, tapi jangan lupa pengelolaan ketika mengunggah. Untuk judul misalnya, carilah kata kunci yang sesuai di Keyword Suggestion Tool dari YouTube.

Selain itu, ada pula deskripsi konten yang perlu kalian pikirkan. Jangan lupa sisipkan kata kunci utama pada beberapa kalimat awal. Lakukan riset pula untuk membuat deskripsi. Ada pula tag yang idealnya berjumlah 10-20 pada setiap video. Setiap tag dapat berupa kata atau frase yang relevan dengan konten dan deskripsi yang kalian buat.

- Video Trailer untuk Penonton Baru

Jika memperhatikan, kalian akan menemukan video highlight di bagian atas saat membuka salah satu channel Youtube. Itulah yang dinamakan video trailer yang berfungsi untuk mengenalkan channel kalian kepada penonton baru. Oleh karena itu, video ini hanya muncul pada penonton yang belum subscribe sebagai bentuk pemberitahuan tentang mayoritas konten pada channel tersebut.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai tata cara membuat akun Youtube beserta tips untuk memaksimalkannya. Perhatikan langkah-langkahnya dan mulai berkreasi dengan channel YouTube kalian!

(kpl/gen/ans)

Editor:   Anik Setiyaningrum

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com