Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Cara Membuat Alamat di Google Maps Lewat HP yang Mudah Beserta Manfaat Lainnya

Editor KapanLagi.com | Kamis, 30 Juni 2022 11:33 WIB
Cara Membuat Alamat di Google Maps Lewat HP yang Mudah Beserta Manfaat Lainnya

Kapanlagi.com - Google Maps merupakan salah satu aplikasi Google yang bisa membantu kita mencari sebuah alamat dan menuntun kita pada alamat tersebut. Bahkan, dengan menambah alamat sendiri, bisa membentuk seseorang menemukan rute alamat kita. Cara membuat alamat di Google Maps ini juga mudah dan praktis kok KLovers.

Ya, dengan menambahkan alamat kita ke Google Maps seseorang bisa menemukan lokasi rumah kita di Google loh. Jadi, nggak ada salahnya untuk menambahkan alamat kita ke Google Maps. Selain menambahkan alamat sendiri, kalian juga bisa menambahkan alamat ini untuk bisnis.

Nah, untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut ini cara membuat alamat di Google Maps yang bisa KLovers lakukan dengan mudah dan praktis. Beserta dengan manfaat lainnya dari Google Maps.

1. Menambahkan Alamat Sendiri

Gambar

Ya, cara membuat alamat di Google Maps yang pertama yaitu, kalian bisa menambah alamat kalian sendiri di Google Maps. Cara membuat alamat di Google Maps ini bisa kalian lakukan dengan mudah dan nggak ribet kok KLovers.

Bahkan, menambahkan alamat sendiri ke Google Maps, bisa membantu seseorang yang ingin mengunjungi rumah KLovers. Dan berikut ini beberapa cara membuat alamat di Google Maps untuk alamat sendiri yang bisa dilakukan.

1. Pertama, langsung saja buka aplikasi Google Maps di HP kalian.

2. Jika sudah, klik opsi kontribusi. Setelah itu, klik opsi edit peta.

3. Kemudian klik tombol "Tambahkan" atau perbaiki tempat, lalu tambahkan tempat yang belum ada.

4. Di samping itu, kalian juga bisa klik opsi "Add Place" atau "Add A Missing Place".

5. Isi informasi terkait alamat rumah yang akan ditambahkan (misalnya nama (bisa nama pemilik rumah atau nama tempat usaha), alamat lokasi, kategori, jam operasional, situs web, kontak, hingga foto).

6. Jika semua sudah terisi, langsung saja klik "Kirim".

7. Tunggu beberapa saat, hingga kalian mendapatkan email berisi validasi informasi dari Google.

8. Apabila Google menyetujui pengajuan tersebut, maka alamat yang kalian tambahkan akan segera bisa dilihat melalui google maps.

2. Menambahkan Alamat Bisnis

Gambar

Kemudian, ada pula cara membuat alamat di Google Maps yang bisa kalian untuk bisnis. Ya, bila kalian memiliki bisnis, maka kalian bisa menambahkan alamat kalian, sehingga customer yang ingin berkunjung bisa menemukan alamat dengan mudah. Dan berikut ini beberapa cara membuat alamat di Google Maps untuk alamat bisnis tersebut.

1. Pertama, silakan akses Google My Business bisa melalui HP kalian.

2. Jika belum mempunyai akun, silakan daftar dengan klik tulisan "Kelola Sekarang".

3. Berikutnya, masukkan nama bisnis kalian.

4. Kemudian, pilih kategori yang sesuai dengan bisnis kalian.

5. Jawab pertanyaan mengenai kepemilikan lokasi bisnis, dengan memilih opsi "Ya".

6. Masukkan alamat rumah atau tempat usaha yang ingin ditambahkan.

7. Kemudian, tandai lokasi kalian di google maps.

8. Tentukan pilihan bahwa kalian menyediakan layanan antar atau tidak.

9. Pilih untuk menampilkan detail kontak atau tidak.

10. Selanjutnya tambahkan informasi bisnis kalian untuk ditampilkan pada pelanggan seperti Nomor Telepon, Website, dan seterusnya (jika diperlukan).

11. Setelah semua terisi dengan benar, selesaikan proses pendaftaran dengan melakukan verifikasi.

12. Setelah dinyatakan berhasil, kalian akan mendapatkan kode dan surat verifikasi dari google. Ikuti langkah-langkah yang tertera di email untuk menyelesaikan cara mendaftarkan alamat rumah di google maps via Google My Business.

3. Manfaat Google Maps

Gambar

Nah, setelah KLovers mengetahui bagaimana cara membuat alamat di Google Maps, maka kali ini KLovers bisa mengetahui manfaat dari Google Maps itu sendiri. Dan berikut ini manfaat dari Google Maps yang bisa KLovers ketahui.

1. Memudahkan Pencarian Lokasi

Google Maps merupakan layanan yang bisa diandalkan dalam pencarian lokasi. Bahkan di Indonesia, layanan ini memiliki lebih dari 140 juta pengguna aktif. Ketika kebetulan nyasar atau tak tahu lokasi yang ingin dikunjungi, Google Maps bisa kalian jadikan solusi.

2. Memberikan Titik Lokasi Akurat Kepada Pelanggan

Bagi para pebisnis, Google Maps merupakan layanan yang sangat membantu. Layanan ini akan mempermudah promosi dengan hanya menyertakan link lokasi. Link tersebut akan menjadi petunjuk lokasi akurat melalui fitur Google Street Views. Dengan fitur tersebut, pelanggan bisa melihat foto di sekitar lokasi tujuan secara nyata.

3. Memantau Jalan Macet

Fungsi Google Maps yang pertama adalah memantau jalanan macet. Untuk memantau jalan yang macet, kita bisa memperhatikan beberapa kode warna yang muncul di Google Maps. Kode warna di Google Maps adalah oranye, biru, hijau, dan merah.

4. Mengetahui Rute Jalan Ganjil Genap

Penetapan jalan ganjil genap beberapa kali dilakukan di perkotaan besar seperti DKI Jakarta untuk mengurai kemacetan. Untuk mengetahui penerapan ganjil genap, pengemudi bisa memanfaatkan fitur aplikasi Google Maps.

5. Memantau Penerapan Jalur One Way

Dan manfaat Google Maps yang terakhir yaitu, kalian bisa memantau jalur One Way. Ya, Google Maps bisa digunakan untuk memantau penerapan One Way dan mempermudah kalian dalam melakukan perjalanan.

Itulah cara membuat alamat di Google Maps yang bisa KLovers ketahui serta pahami. Bukan hanya cara membuat alamat di Google Maps saja, namun KLovers juga bisa mengetahui apa saja manfaat dari Google Maps. Selamat mencoba KLovers.

(kpl/gen/dhm)

Reporter:   Galuh Esti Nugraini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com