Cara Membuat Daftar Pustaka dari Internet dan Jurnal Online dengan Praktis

Senin, 18 Oktober 2021 17:11 WIB
Cara Membuat Daftar Pustaka dari Internet dan Jurnal Online dengan Praktis

Kapanlagi.com - Kini, referensi untuk membuat karya tulis ilmiah tak hanya bisa didapat dari buku. Teknologi telah memungkinkan semua orang untuk bisa mengakses referensi, entah itu buku, artikel, atau jurnal di internet. Nah, itu berarti, kalian juga perlu mengetahui cara membuat daftar pustaka dari internet.

Cara membuat daftar pustaka dari internet tak boleh kalian lakukan secara asal-asalan. Pasalnya, menulis daftar pustaka bertujuan untuk menghindari plagiat dengan mencuri pemikiran orang lain. Pemikiran tersebut seharusnya dikutip dan ditulis sebagai pendapat orang lain untuk dijadikan acuan.

Selain itu, menulis daftar pustaka pun bisa membantu pembaca lain memperoleh sumber asli dari referensi kalian. Cara membuat daftar pustaka dari internet perlu kalian ketahui agar tak menghilangkan jejak juga sebagai bentuk sikap menghargai peneliti sebelumnya. Untuk mengetahui caranya, langsung saja, simak beberapa penjelasan berikut ini.

1. Cara Membuat Daftar Pustaka dari Internet Menurut MHRA

Cara membuat daftar pustaka dari internet menurut Modern Humanities Research Association (MHRA) tidak rumit. Kalian hanya perlu mengikuti format atau susunan tertentu. Susunan tersebut terdiri dari, nama website, "judul artikel", deskripsi website, tanggal artikel dibuat, [waktu diakses]. Contoh:

Kapanlagi.com, "Pengertian Kata Depan yang Wajib Diketahui, Beserta Dengan Contohnya", Pengertian Kata Depan, 07 Oktober 2021, (diakses pada 18 Oktober 2021)

2. Cara Membuat Daftar Pustaka dari Internet Menurut MLA

Selanjutnya, kalian juga perlu mengetahui cara membuat daftar pustaka dari internet menurut MLA atau Modern Language Association. Untuk membuatnya, kalian bisa mengikuti susunan yang terdiri dari judul artikel, nama website, tanggal artikel dibuat, waktu akses, alamat website (URL) lengkap. Contoh:

"Pengertian Kata Depan yang Wajib Diketahui, Beserta Dengan Contohnya. Kapanlagi.com. 07 Oktober 2021. 18 Oktober 2021. https://m.kapanlagi.com/plus/pengertian-kata-depan-yang-wajib-diketahui-beserta-dengan-contohnya-88f1fc-3.html

3. Cara Membuat Daftar Pustaka dari Internet Menurut CSE

Berdasarkan versi CSE atau Council of Science Editors, cara membuat daftar pustaka dari internet tersusun atas nama website, judul artikel (internet), deskripsi website, tanggal artikel dibuat (waktu diakses), URL lengkap. Contoh penulisan bisa kalian lihat di bawah ini:

Kapanlagi.com. Pengertian Kata Depan yang Wajib Diketahui, Beserta Dengan Contohnya (internet). Pengertian Kata Depan, 07 Oktober 2021, 12:00 [diakses 18 Oktober 2021]. Tersedia di https://m.kapanlagi.com/plus/pengertian-kata-depan-yang-wajib-diketahui-beserta-dengan-contohnya-88f1fc-3.html

4. Cara Membuat Daftar Pustaka dari Internet Menurut APA

Cara membuat daftar pustaka dari internet selanjutnya bisa kalian lihat di format dari APA (American Psychological Association). Format APA ini pun tidak sulit untuk diikuti. Kalian hanya perlu mengikuti format sesuai susunan yang terdiri dari nama web atau situs, tanggal artikel dibuat, judul artikel, waktu mengakses dan alamat website (URL) secara lengkap. Contohnya:

Kapanlagi.com. (2021, 07 Oktober). Pengertian Kata Kerja Beraturan Beserta Contoh dan Artinya. Diakses pada 18 Oktober 2021, dari https://m.kapanlagi.com/plus/pengertian-kata-depan-yang-wajib-diketahui-beserta-dengan-contohnya-88f1fc-3.html

5. Cara Membuat Daftar Pustaka dari Buku Elektronik

Selain artikel, sumber referensi dari internet juga bisa kalian dapatkan melalui E-Book atau buku elektronik. Sebagai cara membuat daftar pustaka dari internet untuk E-Book, kalian cukup menuliskan nama belakang penulis, Inisial. (Tahun terbit). Judul buku. Tempat terbit: Penerbit. Tersedia dari nama database atau url. Contohnya:

Willmott, W. (2004). Rocks and landscapes of the national parks of Southern Australia (4th ed). Brisbane: Geological Society of Australia, Queensland Division. Tersedia dari NetLibrary database.

6. Cara Membuat Daftar Pustaka dari Jurnal Online

Tak hanya artikel atau E-book, cara membuat daftar pustaka dari internet untuk jurnal online sangat diperlukan. Susunan daftar pustaka jurnal online terdiri dari nama penulis, tahun terbit, judul artikel, nama jurnal, volume maupun edisi, halaman, DOI atau digital object identifier, dan URL website dari jurnal tersebut. Ada beberapa versi penulisan yang bisa kalian ikuti. Agar mendapat penjelasan detail, silakan simak informasi di bawah ini.

- APA Style

Nama akhir pengarang. (Tahun penerbitan). Judul artikel. Nama jurnal, volume (edisi jika ada).

Contoh penulisan dengan DOI:

Spreer, P., Rauschnabel, P.A. (2016, September). Selling with technology: Understanding the resistance to mobile sales assistant use in retailing. Journal of Personal Selling & Sales Management, 36(3), 240-263. doi:10.1080/08853134.2016.1208100

Contoh tanpa DOI:

Jameson, J. (2013). E-Leadership in higher education: The fifth "age" of educational technology research. British Journal of Educational Technology, 44(6), 889-915. Retrieved from http://onlinelibrary.wiley.com/journal/10.1111/(issn)14678535;jsessionid=956132f3de76eeb120577e99ee74ce9c.f04t01.

- MLA Style

Nama akhir, Nama awal."Judul artikel". Nama jurnal Volume.edisi(Tahun publikasi): Media.

Contoh penulisan dari online atau internet:

Jobe, Karen D. "Women and the Language of Hackerdom: The Gendered Nature of Hacker Jargon." Kairos 5.2 (2000): n. pag. Web. 23 Mar. 2005.

KLovers, itulah beberapa cara membuat daftar pustaka dari internet. Entah itu dari artikel, e-book, atau jurnal online, kalian harus mencantumkan sumber asli yang jelas.

(kpl/gen/ans)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com