Cara Membuat Hand Sanitizer Lebih Wangi, Campurkan 7 Minyak Esensial Ini

Galuh Esti Nugraini| Kamis, 26 Maret 2020 14:44 WIB
Galuh Esti Nugraini | Kamis, 26 Maret 2020 14:44

Kapanlagi.com - Akibat merebaknya virus corona kalian pasti jadi lebih sering menggunakan hand sanitizer. Kebiasaan baru ini sebenarnya juga memberikan efek samping di telapak tangan. Tangan menjadi lebih mudah kering dan bau alkohol. Apalagi jika kalian menggunakan hand sanitizer buatan sendiri, dengan mengikuti cara membuat hand sanitizer secara alami.

Nah, cara membuat hand sanitizer lebih wangi bisa dengan mencampurkan minyak esensial. Minyak esensial bisa langsung dicampurkan saat proses pembuatan hand sanitizer. Sehingga, hand sanitizer buatan kalian tidak hanya akan bau alkohol tapi juga mempunyai aroma yang khas.

Tidak hanya akan membuat hand sanitizer buatanmu jadi lebih wangi. Cara ini juga akan membuat hand sanitizer jadi lebih ramah digunakan. Berbagai efek samping seperti tangan kering, atau bahkan mengelupas juga bisa terminimalisir. Berikut cara membuat hand sanitizer jadi lebih wangi.

1 Dari 7 Halaman

1. Minyak Jeruk

Minyak Jeruk (credit: pixabay)
Jeruk selama ini dikenal sebagai buah yang kaya vitamin C. Tapi, ternyata jeruk juga mempunyai kandungan antioksidan yang berfungsi sebagai antiseptik.

Kandungan antioksidan pada jeruk baik untuk mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit tangan. Artinya, dengan mencampurkan minyak jeruk ke dalam bahan hand sanitizer akan berfungsi sebagai pelembut dan pelembab.

2 dari 7 halaman

2. Minyak Kayu Manis

Minyak Kayu Manis (credit: pixabay)
Bahan yang digunakan untuk cara membuat hand sanitizer alami selanjutnya adalah kayu manis. Bumbu masakan ini diketahui mempunyai sifat anti-mikroba dan anti-bakteri. Aromanya yang khas, juga membuatnya cocok digunakan sebagai campuran bahan hand sanitizer lainnya.

Namun, mengingat bentuk hand sanitizer yang cair, ada baiknya kayu manis yang digunakan sudah dalam bentuk minyak esensial.

3 dari 7 halaman

3. Lemon

Lemon (credit: pixabay)
Cara membuat hand sanitizer lebih wangi selanjutnya adalah dengan menggunakan buah lemon. Sama seperti jeruk, lemon juga diyakini menjadi salah satu jenis buah yang mempunyai sifat anti-bakteri dan anti jamur. Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena tingkat keasaman yang dimiliki buah berwarna kuning cerah ini.

Untuk digunakan sebagai bahan hand sanitizer, sebaiknya lemon dibuat berbentuk ion bebas hidrogen terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan mencampur air asam dengan garam. Ion bebas hidrogel diyakini bisa berkhasiat membunuh bakteri di tangan.

4 dari 7 halaman

4. Minyak Lavender

Minyak Lavender (credit: pixabay)
Lavender selama ini dikenal sebagai jenis tanaman yang berkhasiat mengusir nyamuk. Namun ternyata lavender tidak hanya bisa menghempaskan nyamuk. Bakteri dan virus juga bisa dihempaskan dengan minyak lavender.

Hal ini karena ternyata minyak lavender yang sering digunakan sebagai aroma terapi, juga mempunyai sifat anti-bakteri dan anti-jamur. Bahkan, minyak lavender juga relatif aman digunakan untuk kalian yang mempunyai kulit sensitif.

5 dari 7 halaman

5. Tea Tree Oil

Minyak pohon teh atau tree tea oil mungkin memang agak kurang dikenal. Minyak ini sering digunakan sebagai campuran obat oles jerawat. Minyak pohon teh mengatasi jerawat dengan kandungan anti bakteri dan anti-jamur yang dimilikinya. Sifat ini jugalah yang kemudian bisa membuat minyak ini bisa berkhasiat melawan bakteri dan virus di tangan.
6 dari 7 halaman

6. Minyak Serai

Cara membuat hand sanitizer lebih wangi berikutnya, bisa dengan menggunakan minyak serai. Sama seperti lavender, selama ini minyak serai dikenal sebagai salah satu minyak beraroma terapi yang berkhasiat mengusir nyamuk. Selain itu, minyak serai juga kerap dijadikan sebagai obat oles dari segala nyeri, terutama nyeri akibat gigitan serangga.

Nah, ternyata di balik berbagai khasiat yang sudah banyak kalian ketahui itu, minyak serai juga mempunyai sifat anti-jamur dan anti-bakteri. Sifat inilah yang kemudian membuat serai jadi cocok untuk dicampur sebagai bahan pembuatan hand sanitizer.

7 dari 7 halaman

7. Minyak Cengkeh

Jika minyak serai sering digunakan sebagai obat oles penghilang nyeri, minyak cengkeh sering digunakan sebagai obat sakit gigi. Minyak cengkeh juga mempunyai sifat anti-bakteri. Sifat ini membuat minyak cengkeh bisa membunuh bakteri.

Aromanya yang khas juga membuatnya cocok untuk menjadi campuran bahan hand sanitizer. Tapi perlu diingat, sama seperti minyak serai, minyak cengkeh juga bisa menimbulkan efek hangat di kulit. Sehingga, perlu diperhatikan betul takarannya sebagai bahan campuran hand sanitizer.

Itulah 7 macam minyak esensial yang bisa digunakan sebagai cara membuat hand sanitizer lebih wangi. Cara yang mudah dan efek samping yang bisa membuat tangan jadi lebih lembut, bisa jadi pertimbangan kalian untuk memilih jenis minyak esensial yang akan digunakan.

Tapi tetap perlu diingat anjuran dari WHO dan Kemenkes, utamakan cuci tangan di air mengalir dengan sabun. Jadi, gunakan hand sanitizer hanya di saat tidak bisa menemukan tempat cuci tangan dan sabun ya!

(kpl/psp/gen)


Editor:  

Puput Saputro

Join Kapanlagi.com