Cara Membuat Hand Sanitizer secara Alami, Bisa Dicoba dan Cegah Corona Covid-19

Galuh Esti Nugraini| Kamis, 26 Maret 2020 14:11 WIB
Galuh Esti Nugraini | Kamis, 26 Maret 2020 14:11

Kapanlagi.com - Hand sanitizer menjadi salah satu benda yang paling banyak dicari belakangan ini. Pasalnya, produk pembersih tangan berbentuk cair ini dinilai praktis untuk dibawa kemana-mana. Karena banyak diburu, benda ini pun akhirnya langka di pasaran. Tapi, tidak perlu khawatir sebab sebenarnya ada cara membuat hand sanitizer sendiri.

Namun, cara membuat hand sanitizer tidak boleh sembarangan. Ada bahan-bahan yang wajib disediakan. Selain itu, langkah-langkahnya pun juga tidak boleh ada yang terlewat. Sebab jika bahan dan langkah-langkah tidak dipenuhi secara lengkap, bisa jadi hand sanitizer yang kalian buat tidak bisa ampuh membunuh virus corona.

Selama ini, seperti yang kalian ketahui bahwa setiap hand sanitizer pasti mengandung alkohol. Konon, alkohol inilah yang salah satunya mempunyai peran untuk membunuh bakteri dan virus di tangan. Tapi, sebenarnya kalian bisa lho membuat hand sanitizer sendiri dengan bahan alami yang mudah ditemui di sekitar kalian.

Berikut beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai cara membuat hand sanitizer alami, dilansir dari merdeka.com.

1 Dari 3 Halaman

1. Bahan-Bahan Membuat Hand Sanitizer Alami

Bahan-Bahan Membuat Hand Sanitizer Alami (credit: pixabay)
1. Cuka putih

Caka putih selama ini memang hanya kerap digunakan sebagai bahan masakan yang fungsinya menambahkan rasa asam pada makanan. Namun, tahukah kalian bahwa ternyata cuka putih juga bisa dimanfaatkan layaknya alkohol. Terutama, sebagai obat luka luar atau sebagai anti-bakteri.

Tentu, apabila di rumah kalian terdapat alkohol, akan lebih sangat disarankan menggunakan alkohol. Namun, menurut doktersehat.com kadar konsentrasi keasaman pada cuka putih memang diyakini bisa berfungsi sebagai anti-bakteri dan anti-jamur.

2. Lidah Buaya

Barang kali lidah buaya adalah salah satu taman paling bermanfaat di dunia ini. Selain baik untuk rambut dan wajah, ternyata lidah buaya juga baik untuk kesehatan kulit pada umumnya.

Jadi tidak mengherankan bukan, jika lidah buaya menjadi salah satu bahan utama di cara membuat hand sanitizer secara alami. Hand sanitizer dengan lidah buaya bisa membuat tangan jadi lebih halus, lembut, dan tetap lembab.

Bentuk lidah buaya yang serupa gel, juga sangat fleksibel dan cocok untuk digunakan sebagai bahan utama pembuatan hand sanitizer, baik yang berbentuk gel, maupun cair.

3. Minyak Esensial Murni

Bahan ketiga yang bisa digunakan untuk membuat hand sanitizer secara alami adalah minyak esensial murni. Pilih minyak esensial yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Usahakan bahan-bahan tersebut mempunyai sifat anti-bakteri, sehingga terbukti bisa membunuh bakteri dan virus di tangan. Selain itu, sebagai pertimbangan lain, pilihlah juga minyak esensial dengan bahan yang bisa memberi manfaat untuk kulit, seperti bisa melembabkan, menghaluskan, menyegarkan, dan sebagainya. Atau setidaknya, pilihlah bahan yang ramah untuk kulit.

4. 1 Sendok Isoprophyl Alkohol (IPA)

Bahan ini bisa ditemukan di apotek.

2 dari 3 halaman

2. Peralatan yang Dibutuhkan

Peralatan yang Dibutuhkan (credit: pixabay)
Berikut peralatan yang dibutuhkan untuk membuat hand sanitizer:

1. Mangkuk atau wadah kaca

Sebaiknya digunakan wadah berbahan kaca, sebab proses pembuatan hand sanitizer tetap akan menggunakan bahan kimia seperti alkohol dan isoproyl. Sehingga, dikhawatirkan jika digunakan wadah berbahan plastik bisa mengikis lapisan plastik lalu bercampur dengan bahan lainnya.

2. Sendok untuk mengaduk

Sama seperti wadah, sebisa mungkin hindari penggunaan sendok plastik.

3. Botol-Botol Kemasan Kecil

Untuk botol kemasan ini bisa menggunakan bahan plastik, sebab akan digunakan sebagai wadah dari hand sanitizer yang sudah jadi.

3 dari 3 halaman

3. Cara Pembuatan Hand Sanitizer

 Cara Pembuatan Hand Sanitizer (credit: pixabay)
Dilansir dari merdeka.com, berikut cara membuat hand sanitizer sendiri:

1. Haluskan lidah buaya

2. Campurkan semua bahan di wadah kaca yang sudah disiapkan.

3. Aduk campuran bahan sampai menyatu dengan merata.

4. Saat mengaduk, perhatikan konsistensi hand sanitizer agar sesuai yang diharapkan, tidak terlalu encer dan tidak terlalu padat.

5. Setelah diaduk merata dan didapat konsistensi yang diharapkan, tuangkan hand sanitizer yang sudah jadi tersebut ke botol-botol kecil yang sudah disiapkan.

6. Simpan botol-botol kecil berisi hand sanitizer di tempat yang sejuk dan hindarkan dari paparan sinar matahari.

Itulah cara membuat hand sanitizer dengan bahan alami. Mudah untuk dipraktikkan, bukan? Meski begitu, tetap perlu diingat bahwa anjuran yang paling utama untuk mencegah penularan virus corona covid-19 adalah mencuci tangan di air mengalir menggunakan sabun.

(kpl/psp/gen)


Editor:  

Puput Saputro

Join Kapanlagi.com