Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Cara Membuat Kartu Kata Sendiri di Rumah, Asah Keterampilan Membaca Anak dengan Hal Sederhana

Editor KapanLagi.com | Kamis, 27 Januari 2022 17:22 WIB
Cara Membuat Kartu Kata Sendiri di Rumah, Asah Keterampilan Membaca Anak dengan Hal Sederhana

Kapanlagi.com - Kartu kata adalah suatu cara memperkenalkan benda atau objek kepada anak sekaligus mengasah keterampilan membacanya. Anak tidak bisa langsung semata-mata membaca ya KLovers, dengan adanya kartu kata ini bisa membantunya dalam memahami dan memperlancar dalam membaca.

Ada kok cara membuat kartu kata yang bisa dibuat sendiri. Bukan hanya cara membuat kartu kata saja, kalian juga bisa mengetahui bagaimana cara bermain kartu kata serta manfaatnya bagi anak.

Nama lain kartu kata bergambar adalah Flashcard, dimana kata-kata dan gambar pada kartu digunakan untuk mengembangkan kosakata pada anak. Walaupun ada beberapa tempat yang menjual kartu kata, namun kalian bisa membuat kartu kata sendiri.

Nah, bagi KLovers yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat kartu kata dengan mudah dan simpel untuk anak. Maka berikut ini cara membuat kartu kata yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Cara Membuat Kartu Kata

Gambar

Ya, untuk KLovers yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat kartu kata dengan mudah dan praktis. Maka kalian bisa menggunakan cara membuat kartu kata ini. Dan berikut ini beberapa cara membuat kartu kata tersebut:

1. Alat dan Bahan

- Karton dupleks

- Penggaris

- Pensil

- Penghapus

- Lem kertas atau perekat

- Majalah, brosur, koran

2. Cara Membuat

- Buat pola pada karton duplek dengan ukuran 24 x 8 cm, kemudian gunting.

- Untuk membuat satu kartu, kalian harus merekatkan dua pola karton yang sudah digunting menggunakan lem, sehingga ukuran kartunya tebal.

- Gunting gambar yang akan kalian tempel pada bagian depan kartu, yang sudah kalian ambil dari majalah, koran, brosur, dan lainnya.

- Pada sisi berikutnya, tuliskan nama gambar tersebut.

- Rapikan setiap sudut kartu agar tidak terlalu lancip menggunakan gunting.

- Ulangi langkah itu, sebanyak kartu yang ingin kalian buat.

2. Cara Memainkan Kartu Kata

Gambar

Nah, setelah KLovers mengetahui bagaimana cara membuat kartu kata, saat ini KLovers juga perlu mengetahui bagaimana cara memainkan kartu kata yang tepat. Nah, bagi KLovers yang ingin mengetahui bagaimana cara memainkan kartu kata, berikut ini cara memainkan kartu kata ini:

1. Cara memainkannya yang pertama yaitu, kalian bisa menanyakan beberapa kata yang terkait dengan kegiatan menjaga kebersihan badan kepada kelas secara umum.

2. Setiap kata yang disebutkan anak, guru menempel kartu kata di papan planel, kemudian meminta anak untuk mengulangi mengucapkan kata tadi bersama-sama.

3. Variasi mengucapkan kata bisa dilakukan, misalnya dengan menanyakan ke seluruh kelas, bisa menyuruh beberapa anak membaca, atau menanyakan kepada anak bagaimana membacanya.

4. Kegiatan ini dilakukan hingga semua kata terkait tema yang sudah disiapkan dapat ditempel di papan planel ya KLovers.

5. Selanjutnya, kalian dapat menyuruh siswa berlatih membaca kata-kata yang tertempel di papan planel dalam hati, waktu kira-kira 10 menit.

6. Yang belum tahu bagaimana membacanya dapat bertanya kepada teman di sebelahnya KLovers.

7. Kalian dapat menugasi beberapa siswa untuk memilih beberapa kata yang tertempel, kemudian mencari pasangannya yaitu kartu suku kata.

8. Kartu suku kata ini dipasang di bawah kartu kata, dan anak membacanya keras-keras.

9. Guru membagi siswa di kelas menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok mencari kelompok lain sebagai pasangan bermain.

10. Satu kelompok mengambil dua atau tiga kata dari yang tertempel di papan, kemudian kelompok lainnya membuat kalimat berdasarkan kata-kata yang dipilihkan oleh kelompok lain.

11. Kalian harus dipastikan bahwa setiap kelompok mendapatkan giliran memilih kartu kata dan membuat kalimat berdasarkan kartu kata terpilih.

3. Manfaat Kartu Kata

Gambar

Dan yang terakhir yaitu, manfaat dari kartu kata. Ya, diketahui bahwa kemampuan membaca anak tidak didapat secara alamiah. Model pembelajaran kartu kata akan lebih membuat anak tertarik dan aktif mengikuti pembelajaran. Menurut Mr JUEL dalam Mr Sandjaja (2005), membaca merupakan sebuah proses untuk dapat mengenal kata-kata menjadi kalimat dan struktur baca.

Selain mendapatkan manfaat dalam membaca, penerapan bermain kartu kata dalam pembelajaran membaca pada anak, dapat meningkatkan kemampuan bahasa pada anak. Sehingga memacu anak aktif dalam setiap pembelajaran. Belajar membaca dan menulis dengan bermain finger painting merupakan metode yang tepat dan juga menyenangkan untuk anak.

Sehingga metode penyampaian pembelajaran ini bisa meningkatkan hasil belajar untuk anak-anak ya KLovers. Biasanya guru hanya menggunakan model pembelajaran yang masih konvensional dengan model ceramah. Namun, untuk mengembangkan kepintaran anak, kalian bisa melakukan metode kartu kata ini.

Itulah beberapa cara membuat kartu kata yang bisa KLovers ketahui dengan mudah serta praktis. Bukan hanya cara membuat kartu kata saja, KLovers juga bisa mengetahui bagaimana cara memainkan dan manfaat dari kartu kata.

(kpl/gen/dhm)

Reporter:   Galuh Esti Nugraini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com