Cara Memutihkan Wajah di Photoshop Biar Makin Banyak yang Nge-Like Selfie Kamu

Editor KapanLagi.com | Rabu, 03 Juli 2019 10:08 WIB
Cara Memutihkan Wajah di Photoshop Biar Makin Banyak yang Nge-Like Selfie Kamu

Kapanlagi.com - Melihat postingan selfie para selebriti idola seringnya bikin iri ya? Mulai dari tren selfie yang nunjukin I woke up like this atau no make up selfie selalu sukses memperlihatkan wajah mulus seolah tanpa cela. Bukan hal yang mengherankan sih, soalnya para seleb pastinya melakukan perawatan kulit yang super maksimal buat penampilan mereka.

Tapi, nggak perlu melakukan banyak perawatan kulit mahal buat mewujudkan selfie cantik ala selebriti. Di era yang serba canggih ini manfaatkan saja bantuan teknologi buat menghasilkan selfie mulus maksimal. Misalnya saja dengan menjajal cara memutihkan wajah di Photoshop, software andalan yang bisa menyamarkan noda hitam, jerawat, dan bikin kulit kusam jadi lebih glowing. Yuk, ketahui tahapan-tahapan dari cara memutihkan wajah di Photoshop.

Pakai Teknik Masking untuk Haluskan Kulit

©Shutterstock©Shutterstock

Langkah-langkah awal dari cara memutihkan wajah di Photoshop adalah sebagai berikut:

  • Buka Adobe Photoshop di laptop atau PC, lalu buka foto yang akan direkayasa (diubah hasilnya). Setelah itu, tekan tombol Ctrl+J untuk duplikasi layer.
  • Klik menu Filter > Blur > Gaussian Blur, lalu utak-atik hingga sesuai dengan kondisi foto yang kamu mau. Klik OK.
  • Dengan menggunakan teknik masking, hapus bagian blur pada bagian mata, bibir, serta rambut supaya foto lebih terlihat alami.

Cara Memutihkan Wajah di Photoshop dengan Erase Tool

Alternatif lain untuk cara memutihkan wajah di Photoshop adalah dengan menggunakan Erase Tool. Meski sedikit lebih rumit ketimbang langkah sebelumnya, tapi layak dicoba untuk mengetahui lebih dalam tentang Photoshop.

  • Setelah membuka file foto yang ingin diedit, lakukan duplikasi dengan klik Ctrl + J pada keyboard. Pastikan juga foreground pilihanmu berwarna putih.
  • Kemudian temukan tombol Edit in Quick Mask Mode yang bisa kamu temukan pada toolbox. Setelahnya pilih Erase Tool.
  • Pilih bagian-bagian wajah yang ingin diterangkan atau dihaluskan dengan menggunakan Erase Tool. Setelah melakukan seleksi, klik Edit in Standard Mode, lalu tekan Ctrl + Shift + I untuk melakukan proses seleksi.
  • Kemudian pindahkan kursor pada menu bar dan pilih secara berturut-turut, Filter > Blur > Gaussian Blur.
  • Sesuaikan radius yang pengen kamu pakai untuk cara memutihkan wajah di Photoshop. Rekomendasi terbaik adalah menggunakan radius 3,8.
  • Sesudahnya tekan Ctrl + D untuk hilangkan bagian gambar yang telah diseleksi. Selesai, dan tinggal lanjutkan proses untuk memutihkan wajah.

Cara Memutihkan Wajah di Photoshop dengan Memainkan Level

©Shutterstock©Shutterstock

Mengatur level kecerahan adalah hal yang sangat mendasar dalam teknik editing gambar. Sebaiknya lakukan langkah ini sebelum memulai proses memutihkan wajah di Photoshop. Tujuannya supaya nggak bolak-balik lagi berkutat dengan repotnya mengatur tingkat kecerahan gambar. Pastikan level foto benar-benar sesuai dengan yang kamu inginkan dengan cara-cara di bawah ini.

  • File jadikan satu layer terlebih dahulu. Caranya adalah dengan tekan tombol Ctrl, lalu klik semua layer, kemudian klik kanan dan pilih menu Merge Layers.
  • Secara bertahap, pilih menu-menu Images > Adjustments > Levels, lalu atur tingkat kecerahan yang diinginkan. Semudah itu cara memutihkan wajah di Photoshop dengan memainkan level.

Cara Memutihkan Wajah di Photoshop dengan Menggunakan Curves

Kalau cara memutihkan wajah di Photoshop dengan memainkan level kurang memuaskan, coba langkah alternatif lainnya, yaitu dengan menggunakan mode Curves. Untuk melakukannya, temukan menu Images, selanjutnya pilih Adjustments, dan klik menu Curves. Langkah ini memberikan kebebasan yang lebih besar dalam mengatur tingkat kecerahan gambar, sesuai dengan keinginanmu.

Cara Memutihkan Wajah di Photoshop dengan Color Balance

©Shutterstock©Shutterstock

Buat yang pengen tantangan lebih dalam mengedit foto di Photoshop, coba langkah dengan menggunakan Color Balance. Teknik ini memungkinkan editor untuk mengatur ulang warna asli foto.

Untuk cara memutihkan wajah di Photoshop dengan Color Balance, tinggal buka menu-menu Image > Adjustments > Color Balance. Setelah itu atur parameter, sesuai dengan yang kamu inginkan.

Dodge Tool untuk Bikin Foto Wajah Jadi Lebih Cerah

Kamu juga bisa manfaatkan fitur Dodge Tool untuk cara memutihkan wajah di Photoshop. Beberapa langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Buka foto yang akan diedit dengan menggunakan software Adobe Photoshop.
  • Untuk mengaktifkan fitur Dodge Tool, tekan tombol O pada keyboard.
  • Kemudian kursor akan berubah bentuk. Gunakan alat tersebut dengan mengusapkan pada bagian wajah yang ingin dicerahkan. Ingat bahwa setiap usapan Dodge Tool akan membuat gambar menjadi lebih cerah. Pastikan mengusap tool ini secara merata agar hasilnya lebih maksimal.

Menggunakan Lasso Tool untuk Cerahkan Wajahmu

Lasso Tool pasti nggak asing buat pecinta editing gambar. Ada banyak kegunaan dari fitur ini, termasuk sebagai cara memutihkan wajah di Photoshop. Bisa dibilang menu ini cukup favorit karena bisa memilih bagian-bagian yang akan direkayasa secara lebih dalam. Jadi kamu bisa mengubah tingkat kecerahan hingga detil terkecil.

Berikut adalah cara memanfaatkan Lasso Tool untuk mengubah tampilan kecerahan fotomu.

  • Buka foto yang akan diperbaiki dengan menekan tombol Ctrl+O dan pilih file yang akan diedit.
  • Lakukan duplikasi layer dengan menekan tombol Ctrl+J pada keyboard.
  • Ada tiga pilihan Lasso Tool, yaitu Lasso Tool, Polygonal Lasso Tool, serta Magnetic Lasso Tool. Pilih yang paling cocok untuk kamu gunakan.
  • Seleksi bagian-bagian wajah yang ingin dicerahkan dengan menggunakan menu Lasso Tool pilihanmu. Kemudian buka fitur Curves dengan langkah berikut, Image > Adjustments > Curves.
  • Setelah Curves muncul, atur tingkat kecerahan foto sesuai dengan keinginanmu.

Masih kurang puas dengan hasilnya? Menggunakan Photoshop memang butuh pengalaman dan harus terus diasah supaya teknikmu makin ciamik. Jangan lupa, selain cara memutihkan wajah di Photoshop, latih juga beragam fitur yang dimiliki oleh software perekayasa gambar ini. Biar skill mengedit foto kamu bisa se-level dengan seperti editor-editor Photoshop tingkat dewa Indonesia. Sebut saja Agan Harahap, Rizal Adi Nugroho, hingga Syahril Ramadan.

(kpl/xap)

Editor :   Editor KapanLagi.com

Join Kapanlagi.com