Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

3 Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps dengan Mudah, Ketahui Pula Manfaatnya

Rabu, 08 Desember 2021 11:22 WIB
3 Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps dengan Mudah, Ketahui Pula Manfaatnya

Kapanlagi.com - Google Maps merupakan salah satu layanan yang sangat membantu pekerjaan manusia. Selain bisa menjadi petunjuk jalan, kalian bisa menggunakannya untuk menyematkan lokasi bisnis yang nantinya juga akan memudahkan promosi. Oleh karena itu, kalian perlu mengetahui tata cara menambahkan lokasi di Google Maps.

Dengan mengetahui cara menambahkan lokasi di Google Maps, kalian bisa menyematkan berbagai alamat. Entah itu rumah, toko, kafe, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kalian akan lebih mudah mempromosikan lokasi usaha kepada para calon pelanggan.

Hal tersebut memang perlu kalian lakukan agar lokasi usaha lebih mudah ditemukan. Dengan dukungan teknologi sekarang ini, memang sudah seharusnya kalian mengetahui cara menambahkan lokasi di Google Maps, seperti pada penjelasan berikut ini.

1. Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps di Google Bisnisku

Gambar

Kalian bisa menerapkan tata cara menambahkan lokasi di Google Maps di fitur Google Bisnisku. Fitur ini akan bermanfaat untuk menyediakan berbagai informasi bagi pelanggan sesuai lokasi bisnis kalian. Jika belum mengetahui caranya, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

- Daftar dengan cara mengakses Google Bisnisku

- Klik tulisan "Kelola Sekarang"

- Selanjutnya, masukkan nama bisnis kalian.

- Pilih kategori yang sesuai dengan bisnis kalian.

- Ketika muncul pertanyaan mengenai kepemilikan lokasi bisnis, pilih "Ya".

- Silakan masukkan alamat kantor atau tempat usaha kalian.

- Lanjut, tandai lokasi kalian di Google Maps.

- Tentukan pilihan bahwa kalian menyediakan layanan antar atau tidak.

- Pilih untuk menampilkan detail kontak atau tidak.

- Verifikasi bisnis kalian dengan cara mendaftarkan alamat.

- Kalian akan menerima surat dari Google.

2. Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps di HP

Gambar

Google Maps tak hanya untuk bisnis. Kalian pun bisa menambahkan lokasi lain pada peta. Nah, berikut ini terdapat penjelasan mengenai tata cara menambahkan lokasi di Google Maps lewat HP yang bisa kalian ikuti.

- Buka aplikasi Google Maps di HP Android atau iOS.

- Selanjutnya, klik opsi kontribusi.

- Kalian bisa klik opsi edit peta.

- Lanjut klik "Tambahkan atau perbaiki tempat", lalu "Tambahkan tempat yang belum ada".

- Kalian juga bisa langsung klik opsi "add place" atau "add a missing place".

- Silakan isi informasi tempat yang ingin kalian tambahkan (nama, alamat lokasi, kategori, jam operasional, situs web, kontak, hingga foto).

- Klik "Kirim".

- Tunggu email dan validasi informasi dari Google.

- Jika Google menyetujui pengajuan tersebut maka lokasi kalian akan bisa dilihat oleh pengguna Google Maps dalam kurun waktu 24 jam.

3. Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps Lewat Browser

Gambar

Tak hanya melalui dua penjelasan sebelumnya, cara menambahkan lokasi di Google Maps juga bisa kalian lakukan dengan mudah melalui browser. Agar lebih jelas prosesnya, langsung saja simak bahasan berikut ini.

- Pertama, silakan buka browser dan ketik alamat google.co.id/maps.

- Lalu, cari alamat yang ingin ditambahkan.

- Setelah itu, klik kanan di simbol pin merah.

- Pilih opsi tambah tempat.

- Silakan isi informasi tempat yang ingin ditambahkan (nama, kategori, lokasi, jam operasional, kontak, situs web, hingga foto)

- Kirim informasi tersebut.

- Kalian tinggal menunggu email dan validasi informasi dari Google.

- Jika disetujui berarti lokasi kalian akan bisa dilihat oleh pengguna Google Maps dalam kurun waktu 24 jam.

4. Manfaat Google Maps

Gambar

Setelah menyimak berbagai penjelasan mengenai tata cara menambahkan lokasi di Google Maps di atas, tentu kalian penasaran dengan alasan melakukannya. Alasan tersebut berasal dari manfaat yang bisa kalian nikmati dalam membagikan atau menemukan lokasi seperti berikut ini.

- Memudahkan Pencarian Lokasi

Google Maps merupakan layanan yang bisa diandalkan dalam pencarian lokasi. Bahkan di Indonesia, layanan ini memiliki lebih dari 140 juta pengguna aktif. Ketika kebetulan nyasar atau tak tahu lokasi yang ingin dikunjungi, Google Maps bisa kalian jadikan solusi.

- Memberikan Titik Lokasi Akurat Kepada Pelanggan

Bagi para pebisnis, Google Maps merupakan layanan yang sangat membantu. Layanan ini akan mempermudah promosi dengan hanya menyertakan link lokasi. Link tersebut akan menjadi petunjuk lokasi akurat melalui fitur Google Street Views.

Dengan fitur tersebut, pelanggan bisa melihat foto di sekitar lokasi tujuan secara nyata. Dengan begitu, pelanggan akan semakin yakin pada keberadaan tempat usaha kalian dan bisa mempertimbangkan lokasi bisa dijangkau atau tidak.

- Fitur Google Bisnisku

Mungkin, kalian sudah pernah mencari informasi suatu lokasi usaha di Google. Biasanya, Google akan menampilkan lokasi bisnis dengan kotak berisi informasi sesuai dengan pencarian. Nah, lokasi dengan kotak informasi tersebut merupakan fasilitas yang disediakan oleh fitur Google Bisnisku.

Kalian pun bisa menambahkan lokasi bisnis pada fitur ini. Dengan begitu, informasi mengenai lokasi bisnis kalian akan semakin mudah ditemukan oleh pelanggan.

Nah, KLovers, itulah beberapa cara menambahkan lokasi di Google Maps yang bisa kalian ikuti. Dengan begitu, kalian akan bisa lebih mudah mempromosikan usaha. Selain itu, pelanggan pun akan semakin mudah menemukan keberadaan kantor, toko, atau tempat usaha kalian.

(kpl/gen/ans)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com