Cara Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar Bagi Siswa yang Memenuhi Kriteria Penerima

Kamis, 25 November 2021 14:55 WIB
Cara Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar Bagi Siswa yang Memenuhi Kriteria Penerima

Kapanlagi.com - Melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP), pemerintah menyalurkan biaya pendidikan dari Program Indonesia Pintar secara tunai. Program ini bertujuan untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin, rentan miskin, atau prioritas tetap. Jika kalian masuk dalam kriteria penerima, ketahuilah tata cara mendapatkan Kartu Indonesia Pintar.

Cara mendapatkan Kartu Indonesia Pintar sebenarnya bisa diajukan oleh sekolah. Namun, jika merasa memenuhi kriteria sebagai anak usia sekolah yang berhak mendapatkan KIP, tapi belum memilikinya maka kalian bisa mulai mengajukannya secara mandiri.

Dengan mengetahui cara mendapatkan Kartu Indonesia Pintar, setiap peserta didik diharapkan bisa melanjutkan sekolahnya untuk mencegah kemungkinan putus sekolah. Nah, agar lebih jelas, kalian bisa langsung menyimak sejumlah informasi yang dilansir dari laman Kemendikbud berikut ini.

1. Pengertian Kartu Indonesia Pintar

Kartu Indonesia Pintas (KIP) adalah penanda atau identitas bagi penerima bantuan program Indonesia Pintar (PIP). Kartu ini digunakan untuk memberi jaminan dan kepastian bagi anak-anak usia sekolah yang terdaftar.

Program Indonesia Pintar merupakan kerja sama antara tiga kementrian, yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Kementerian Agama (Kemenag).

Dalam pelaksanaannya, selain diawasi oleh internal sekolah/lembaga pendidikan, program ini juga diawasi oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Masyarakat pun juga bisa membantu pengawasan dengan cara melaporkan hal-hal yang tak sesuai melalui kontak pengaduan. Nah, bagi kalian yang penasaran dengan cara mendapatkan Kartu Indonesia Pintar, silakan simak langkah-langkah pada informasi selanjutnya.

2. Cara Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar

Cara mendapatkan Kartu Indonesia Pintar bisa dilakukan dengan pengajuan dari pihak sekolah, seperti berikut ini:

- Pihak sekolah atau lembaga pendidikan lain telah melakukan pelaporan ke dinas pendidikan setempat terkait data peserta didik yang memang membutuhkan bantuan dari program tersebut.

- Setelah itu barulah dinas pendidikan setempat memproses dan memverifikasi data-data tersebut untuk kemudian menerbitkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang akan diserahkan kepada peserta didik.

Syarat untuk mendapatkan KIP, antara lain:

- Berstatus sebagai peserta didik di sekolah, atau pendidikan kesetaraan, atau di lembaga kursus dan pelatihan, dan;

- Namanya terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

3. Cara Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar Bagi Siswa Miskin

Program Indonesia Pintar dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin/prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah. Pendidikan tersebut bisa secara formal, seperti SD/MI hingga anak Lulus SMA/SMK/MA maupun non formal, seperti Paket A hingga Paket C serta kursus terstandar.

Langkah ini diambil sebagai upaya pencegahan putus sekolah dan menarik siswa yang terlanjur putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. Oleh karena itu, program ini diharapkan bisa menjadi solusi untuk meringankan biaya pendidikan. Nah, bagi kalian yang masuk kriteria program ini tapi belum memiliki KIP, berikut terdapat penjelasan tentang tata cara mendapatkan Kartu Indonesia Pintar.

- Siswa dapat mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) orang tuanya ke lembaga pendidikan terdekat.

- Jika tidak memiliki KKS, orang tua dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW dan Kelurahan/Desa terlebih dahulu agar dapat melengkapi syarat pendaftaran.

- Pihak sekolah akan mencatat data siswa calon penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk dikirim/diusulkan ke Dinas Pendidikan/Kementerian Agama kabupaten/kota setempat.

- Dinas pendidikan atau Kementerian Agama kabupaten/kota mengirim data/rekapitulasi pengajuan calon penerima KIP ke Kemendikbud/Kemenag.

- Selanjutnya, sekolah akan mendaftarkan calon peserta KIP ke aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Sekolah yang berada dalam naungan Kemendikbud wajib memasukkan data calon penerima KIP dalam dapodik.

- Kemendikbud/Kemenag akan mengirimkan KIP kepada calon penerima KIP yang lolos seleksi.

4. Manfaat Kartu Indonesia Pintar

Setelah mengetahui cara mendapatkan Kartu Indonesia Pintar, tentu kalian juga harus tahu manfaat yang akan didapat. Manfaat KIP untuk meringankan biaya pendidikan akan disalurkan dalam bentuk dana pendidikan dengan besaran:

- Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan Rp450.000,-/tahun;

- Peserta didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp750.000,-/tahun;

- Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp1.000.000,-/tahun.

Dana PIP dengan besaran di atas bisa kalian gunakan untuk membantu biaya pribadi peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah/kursus, uang saku, biaya transportasi, dan biaya praktik tambahan serta biaya uji kompetensi.

Tak hanya cara mendapatkan Kartu Indonesia Pintar, setelah menjadi pemegang KIP kalian punya sejumlah kewajiban sebagai berikut:

- Menyimpan dan menjaga KIP dengan baik;

- PIP merupakan bantuan pendidikan. Dana Manfaatnya harus digunakan untuk keperluan yang relevan;

- Terus belajar dan bersekolah (tidak putus sekolah) dengan rajin, disiplin dan tekun.

- Jika kartu KIP hilang atau mengalami kerusakan, segera laporkan hal tersebut ke kontak pengaduan PIP.

- Informasikan nomor KIP yang hilang beserta kartu identitas agar penggantian kartu baru dapat diproses.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai tata cara mendapatkan Kartu Indonesia Pintar. Jika kalian merasa memenuhi kriteria, tapi belum mendapatkannya, silakan ikuti tahapan untuk pengajuan. Manfaatkan KIP sebagai penunjang pendidikan dengan sebaik-baiknya.

(kpl/gen/ans)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com