Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

8 Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok yang Layak Kalian Coba, Mulai dengan Branding Diri

Rabu, 22 September 2021 11:11 WIB
8 Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok yang Layak Kalian Coba, Mulai dengan Branding Diri

Kapanlagi.com - Tak bisa dipungkiri, tiktok kini jadi salah satu media sosial yang cukup populer dan punya banyak pengguna. Di tiktok, seorang pengguna bisa memposting video menarik dan informatif, disertai dengan gambar, grafik, tulisan, bahkan suara. Sama seperti media sosial lainnya, tiktok ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mencari penghasilan. Tak heran, banyak orang penasaran dan mencari cara mendapatkan uang dari tiktok.

Di era digital kini, memperoleh penghasilan dari bermain media sosial sudah jadi hal yang lumrah. Meski begitu, bagaimanapun tiktok masih terhitung sebagai media sosial yang baru booming belakangan ini. Sehingga wajar, jika tiktok mungkin masih belum bisa dimanfaatkan semaksimal instagram atau media sosial lainnya.

Untuk kalian yang mungkin penasaran dan ingin menjadikan tiktok sebagai ladang penghasilan, berikut beberapa cara mendapatkan uang dari tiktok yang bisa kalian coba, dilansir dari berbagai sumber.

 

1. Melakukan Branding

Gambar

Jika kalian benar-benar ingin fokus memperoleh penghasilan dari tiktok, maka ada satu hal mendasar yang harus dilakukan. Kalian harus bisa melakukan branding. Kalian harus bisa memberikan gambaran tentang diri kalian, dalam setiap postingan di akun tiktok.


Selain melakukan branding lewat citra diri, penting juga untuk menetapkan tujuan atau visi misi mengenai akun tiktok kalian. Jenis video seperti apa yang nantinya akan kalian posting, misalkan apakah video yang lucu untuk tujuan menghibur, atau video informatif, dan sebagainya.

2. Membuat Konten Viral dan Menarik

Setelah melakukan branding dan menentukan jenis video yang akan diposting, kalian bisa mulai membuat postingan. Nah, untuk bisa membuat akun tiktok kalian dilirik pengguna lain, tentunya kalian harus membuat postingan yang menarik.

Bahkan tak sekadar membuat postingan menarik, kalian juga harus mengikuti update terbaru tentang peristiwa atau trend saat ini. Dengan begitu, kalian bisa menciptakan konten yang tak sekadar menarik, tapi juga segar, unik, dan berpotensi viral.

3. Mengumpulkan Followers Sebanyak-banyaknya

Gambar

Untuk bisa mendapatkan uang dari tiktok tentunya kalian membutuhkan followers yang banyak. Karenanya, mengumpulkan followers menjadi satu bagian penting dan menentukan. Dikutip dari forbes.com, diperkirakan dibutuhkan kisaran 10.000 hingga satu juta pengikut untuk bisa mengajukan monetisasi akun tiktok.

Agar akun tiktok semakin populer dan banyak dikenal, kalian bisa menghubungkan akun tiktok dengan media sosial lainnya seperti Instagram, YouTube, dan lain sebagainya. Setiap postingan di tiktok kalian juga akan muncul di media sosial tersebut. Sehingga, semakin banyak orang yang melihat postingan dan mengikuti akun tiktok kalian.

Selain itu, salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mendapatkan followers adalah dengan memahami siapa target pasar akun tiktok kalian. Dengan demikian, kalian bisa mengunggah konten berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

4. Menjadi Influencer

Setelah mendapatkan jumlah followers yang cukup untuk mengajukan monetisasi, kalian bisa melakukan cara mendapatkan uang dari tiktok dengan menjadi influencer. Belakangan, influencer memang seolah jadi satu profesi yang cukup menjanjikan.

Banyak perusahaan mempekerjakan influencer untuk menggunakan video influencer untuk mempromosikan produk. Ketika sudah mendapatkan followers yang cukup banyak, kalian bisa menjalin kerja sama dengan brand atau perusahaan untuk membuat video promosi.

5. Memposting Konten Bersponsor

Gambar

Cara mendapatkan uang dari tiktok berikutnya bisa dilakukan dengan memposting konten bersponsor. Cara ini tak jauh berbeda dengan cara yang sebelumnya, untuk mewujudkannya perlu menjalin kerja sama dengan perusahaan atau brand yang bersedia menyediakan sponsor.

6. Melakukan Kolaborasi dengan Kreator Terkenal

Melakukan kolaborasi di kalangan kreator sudah jadi hal biasa. Hal ini juga terbukti bisa meningkatkan popularitas dari kedua kreator konten yang bekerjasama melakukan kolaborasi.

Kalian bisa mencoba membuat video tiktok kolaborasi misalnya, harapannya si konten kreator terkenal ini akan mengunggahnya di akun tiktok miliknya. Dengan begitu, besar peluang para followers kreator terkenal tersebut tertarik melihat kemudian tertarik untuk mengikuti akun tiktok kalian.

7. Mempromosikan Karya

Gambar

Selain membuat postingan biasa yang bersponsor atau kerja sama dengan perusahaan atau brand, kalian juga bisa memposting tiktok untuk mempromosikan karya. Kalian bisa mempromosikan karya apapun yang pernah kalian buat di tiktok. Dengan platform tiktok yang besar, karya kalian akan semakin dikenal luas. Tak menutup kemungkinan, karya kalian juga akan terjual lewat video promosi yang kalian buat di akun tiktok kalian sendiri.

8. Menjadi Konsultan untuk Konten Tiktok

Tak berhenti dengan menjadi influencer tiktok, kalian juga bisa mencoba cara mendapatkan uang dari tiktok dengan menjadi konsultan. Ya, dengan followers yang banyak serta pengalaman kerja sama dengan brand atau perusahaan, kalian bisa menjadi seorang konsultan. Sebagai konsultan, kalian bisa membantu pengguna tiktok lain, membuat strategi, melakukan branding, dan mengumpulkan followers.

Itulah di antaranya beberapa cara mendapatkan uang dari tiktok yang bisa kalian coba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Semoga berhasil!

(kpl/psp)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com