Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

4 Cara Mengaktifkan Kartu Indosat yang Sudah Mati dan Terblokir, Simak Langkahnya

Editor KapanLagi.com | Jum'at, 26 November 2021 17:11 WIB
4 Cara Mengaktifkan Kartu Indosat yang Sudah Mati dan Terblokir, Simak Langkahnya

Kapanlagi.com - Kartu SIM seluler yang aktif bisa digunakan untuk menikmati beragam layanan dan fitur. Berbeda dengan kartu yang mati atau hangus, ada pembatasan bahkan pemblokiran akses untuk sejumlah layanan. Namun tenang, pasalnya ada cara mengaktifkan kartu Indosat yang sudah mati, di masa tenggang atau belum diregistrasi.

Ada beberapa penyebab mengapa kartu Indosat dapat hangus ataupun terblokir. Salah satunya yakni belum diregistrasi ataupun sudah terlewat masa tenggang. Sedangkan cara mengaktifkan kartu Indosat dapat disesuaikan dengan penyebab kartu hangus, terblokir, ataupun mati.

Pasalnya cara mengaktifkan kartu Indosat memiliki langkah berbeda tergantung pada penyebab dan alasan mengapa kartu bisa mati, hangus atau terblokir. Adapun penjelasan tentang cara mengaktifkan kartu Indosat dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut cara mengaktifkan kartu Indosat telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Cara Mengaktifkan Kartu Indosat Baru dan Lama

Gambar

Mengaktifkan kartu SIM seluler perlu dilakukan untuk semua provider. Cara mengaktifkan kartu seluler tersebut yakni dengan registrasi kartu SIM. Pasalnya, registrasi kartu menjadi persyaratan untuk pengguna ponsel bisa menikmati layanan dan fitur. Baik pengguna baru atau pengguna lama, sama-sama perlu mengaktifkan kartu Indosat. Nah, jika kalian belum tahu cara mengaktifkan kartu Indosat berikut ini ulasan lengkapnya yang perlu diketahui. Berikut ini cara mengaktifkan kartu Indosat baru dan lama

1. Cara Mengaktifkan Kartu Indosat Baru

Bagi pengguna baru, cara mengaktifkan kartu Indosat cukuplah mudah. Namun perlu diketahui bahwa pengguna perlu menyiapkan persyaratan untuk mengaktifkan kartu. Adapun langkah mudah cara mengaktifkan kartu Indosat baru sebagai berikut.

- Pertama buka menu pesan di HP kalian.

- Lalu buat SMS baru dengan format NIK#Nomor KK#. Contohnya, 345733839#3748939#.

- Kirim ke nomor 4444.

- Tunggu hingga mendapatkan pemberitahuan melalui SMS dari operator.

- Jika sukses, maka nomor kalian berhasil diaktifkan dengan registrasi kartu Indosat baru.

3. Cara Mengaktifkan Kartu Indosat Lama

Sedangkan untuk pengguna lama, cara mengaktifkan kartu Indosat juga tak kalah praktis. Persyaratannya sama dengan cara mengaktifkan kartu Indosat baru. Di antaranya yakni menyiapkan nomor identitas kependudukan (NIK) serta nomor kartu keluarga (KK). Berikut ini cara mengaktifkan kartu Indosat lama.

- Pertama buka menu pesan di HP kalian.

- Selanjutnya buat SMS baru dengan format ULANG#NIK#Nomor KK#. Contohnya, ULANG#25353737#3833838#.

- Kirim SMS ke nomor 4444.

- Tunggu hingga mendapatkan pemberitahuan oleh operator.

- Jika sukses, maka kartu Indosat berhasil kalian aktifkan dengan registrasi kartu.

Itulah cara mengaktifkan kartu Indosat melalui registrasi secara resmi. Sehingga memudahkan kalian mendaftarkan kartu Indosat resmi untuk menikmati beragam layanan dan fiturnya.

2. Cara Mengaktifkan Kartu Indosat Mati

Gambar

Berbeda dengan cara mengaktifkan kartu Indosat melalui registrasi secara resmi merujuk pada peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Kominfo, maka cara mengaktifkan kartu Indosat yang sudah mati memiliki sedikit perbedaan. Pasalnya penyebab kartu Indosat mati bisa terjadi karena sudah habis masa tenggang.

Ya, seperti diketahui setiap kartu SIM seluler memiliki masa tenggang yang perlu diperhatikan penggunanya. Sebab ketika sudah melewati masa tenggang kartu, maka kartu akan mati atau hangus.  Habis masa tenggang kartu biasanya tidak lebih dari 30 hari tidak mengisi pulsa. Namun jika sudah habis masa tenggang, ada cara mengaktifkan kartu Indosat yang sudah mati. Adapun ulasannya tentang cara mengaktifkan kartu Indosat yang sudah mati dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

4. Cara Mengaktifkan Kartu Indosat Datang ke Gerai Indosat

Cara mengaktifkan kartu Indosat yang sudah mati dapat dilakukan dengan mengunjungi gerai Indosat. Kalian dapat mengunjungi gerai terdekat Indosat di kota tempat tinggalmu. Pasalnya gerai Indosat hampir tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Nah, salah satu solusi cara mengaktifkan kartu Indosat yang sudah mati adalah dengan datang ke gerai Indosat.

Sebelum mengunjungi gerai Indosat, pastikan kalian membawa persyaratannya. Adapun persyaratan untuk mengaktifkan kartu Indosat yang sudah mati adalah dengan membawa E-KTP serta nomor Indosat kalian. Nantinya petugas akan melakukan pengecekan data diri dengan nomor Indosat yang sudah didaftarkan. Setelah itu kalian akan diminta untuk mengajukan pengaktifan kartu Indosat yang sudah mati dan mengisi formulir pengajuan.

Prosesnya biasanya memiliki jangka waktu selama 1 bulan dari waktu pengajuan pengaktifan kartu Indosat yang mati. Selain itu ada biaya untuk mengaktifkan kartu Indosat yang sudah mati. Biaya tersebut digunakan untuk administrasi serta pembelian pulsa untuk mengaktifkan kartu. Itulah cara mengaktifkan kartu Indosat yang sudah mati dengan mengunjungi gerai Indosat.

3. Cara Mengaktifkan Kartu Indosat Berada di Masa Tenggang

Gambar

Selain itu ada cara mengaktifkan kartu Indosat masuk masa tenggang. Berbeda dengan cara mengaktifkan kartu Indosat yang sudah mati atau belum registrasi, maka cara mengaktifkan kartu Indosat di masa tenggang sebenarnya cukup simple.

Masa tenggang kartu seluler adalah batas waktu ketika kalian tidak melakukan pengisian ulang pulsa hingga masa aktif pulsa berakhir. Maka otomatis kartu seluler kalian berada di masa tenggang. Ketika masuk masa tenggang, beberapa layanan dan fitur memiliki akses terbatas. Di antaranya yakni tidak dapat melakukan panggilan keluar ataupun mengirim SMS. Namun di masa tenggang kalian masih bisa menerima panggilan dan SMS.

Hanya saja perlu diperhatikan bahwa kalian tidak melewati batas masa tenggang kartu yakni lebih dari 30 hari. Pasalnya kartu seluler kalian terancam hangus atau mati. Sedangkan jika masih berada di masa tenggang, maka cara mengaktifkan kartu Indosat cukup dengan mengisi ulang pulsa. Isi ulang pulsa menjadi solusi untuk cara mengaktifkan kartu Indosat di masa tenggang. Dengan isi ulang pulsa juga, masa aktif kartu juga akan bertambah. Itulah cara mengaktifkan kartu Indosat jika masih berada di masa tenggang.

4. Kenali Kartu yang Sudah Mati atau Terblokir

Gambar

Setelah tahu cara mengaktifkan kartu Indosat di atas, ketahui dulu apakah kartu kalian sudah mati, terblokir atau berada di masa tenggang. Nah, berikut ini ada ciri-ciri kartu yang sudah mati atau terblokir perlu diketahui. Langsung saja kenali kartu yang sudah mati atau terblokir di bawah ini.

- Tidak dapat mengirim SMS ataupun melakukan panggilan keluar.

- Terdapat tampilan Panggilan bersyarat aktif saat melakukan panggilan ke nomor lain.

- Muncul keterangan nomor tidak dikenal.

- Tidak bisa akses kode USSD, atau UMB dengan muncul notifikasi tidak berlaku.

- Tidak bisa akses untuk internet.

- Kartu SIM tidak terdeteksi.

- Data seluler off atau mati.

Itulah beberapa catatan penting yang perlu kalian kenali jika kartu Indosat ternyata sudah hangus atau mati. Sehingga memudahkan kalian mencari solusi cara mengaktifkan kartu Indosat.

5. Cara Cek Status Masa Aktif dan Masa Tenggang Kartu Indosat

Gambar

Sedangkan cara cek status masa aktif dan masa tenggang kartu Indosat sebenarnya cukup mudah dan praktis. Pengguna bisa melakukannya via kode USSD ataupun aplikasi. Sehingga dengan selalu cek status masa aktif dan masa tenggang kartu Indosat memudahkan kalian tahu kapan harus melakukan pengisian ulang pulsa untuk menambah masa aktif. Berikut cara cek status masa aktif dan masa tenggang kartu Indosat.

1. Cara Cek Status Masa Aktif dan Masa Tenggang Kartu Indosat Via Kode USSD

- Buka menu panggilan di HP.

- Tekan *123# klik Call/Panggil.

- Maka akan muncul tampilan tentang informasi kartu kalian yakni masa aktif, pulsa, paket, dan informasi lainnya.

- Untuk tahu masa aktif dan masa tenggang kartu Indosat kalian bisa memasukkan nomor sesuai informasi yang dibutuhkan.

2. Cara Cek Status Masa Aktif dan Masa Tenggang Kartu Indosat Via SMS

- Buka menu pesan di HP.

- Buat SMS baru dengan format STATUS atau USAGE kirim ke 363.

- Maka kalian akan mendapatkan balasan dari operator tentang informasi kartu Indosat.

Itulah cara mengaktifkan kartu Indosat dan cek status masa aktif dan masa tenggang. Semoga dengan ulasan di atas dapat memudahkan untuk mengaktifkan kartu Indosat berdasarkan penyebab kartu tidak bisa digunakan.

(kpl/nlw)

Editor:   Nurul Wahida

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com