9 Cara Mengecek Stalker Instagram dengan Mudah dan Akurat, Bisa Dilakukan Tanpa Aplikasi Tambahan

Editor KapanLagi.com | Sabtu, 16 Oktober 2021 11:22 WIB
9 Cara Mengecek Stalker Instagram dengan Mudah dan Akurat, Bisa Dilakukan Tanpa Aplikasi Tambahan

Kapanlagi.com - Stalking dan stalker jadi satu istilah yang sudah cukup familiar. Dalam bahasa Indonesia, stalking berarti menguntit atau memata-matai. Sementara, stalker adalah sebutan untuk orang yang melakukannya. Di era media sosial saat ini, stalking bisa dilakukan dengan mudah melalui instagram. Oleh karena itu, penting untuk tahu cara mengecek stalker instagram agar tetap bisa merasa aman.

Ya, terkadang keberadaan stalker memang bisa terasa sangat mengganggu. Sebab, tak jarang seorang stalker bisa melakukan hal-hal yang meresahkan. Selain itu, stalker di instagram juga kerap menimbulkan penasaran. Pasalnya, stalker di instagram muncul dengan akun palsu sehingga sulit dilacak identitas aslinya. Terlebih, biasanya stalker mengunjungi instagram target hanya untuk mencari info atau melihat update terbaru.

Keberadaan stalker di instagram perlu diwaspadai. Salah satu cara untuk mewaspadainya tentu saja dengan melakukan pengecekan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara mengecek stalker instagram yang bisa dilakukan dengan maupun tanpa aplikasi tambahan.

1. Cara Mengecek Stalker Instagram Tanpa Aplikasi Lewat Browser

Jika tak mau ribet dengan mengunduh dan menginstal aplikasi baru, kalian bisa coba cara mengecek stalker instagram tanpa aplikasi. Kalian hanya perlu mengakses cara ini melalui browser dan akses situs jnckmedia.com/igstalk. Hebatnya lagi, cara ini bisa dilakukan melalui pc atau laptop, maupun lewat hp. Untuk tahu caranya lebih mendetail, simak langkah-langkahnya berikut ini.

1) Pertama, buka aplikasi web browser di pc, laptop, atau hp kalian.

2) Setelah itu, kalian bisa akses situs web jnckmedia.com/igstalk

3) Masukkan username dari akun instagram kalian dalam kolom yang tersedia.

4) Aktifkan tanda centang pada bagian kotak captcha.

5) Kemudian, kalian tinggal klik tombol submit.

6) Setelah itu secara otomatis, akan muncul daftar stalker di akun instagram kalian.

2. Cara Mengecek Stalker Instagram Tanpa Browser dan Aplikasi Tambahan

Tak banyak orang yang tahu, bahwa ternyata instagram sendiri mempunyai fitur yang bisa membantu penggunanya melacak stalker. Fitur ini bisa dimanfaatkan hanya dengan mengubah settingan akun instagram pribadi menjadi mode bisnis atau akun instagram untuk profesional. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa ikuti beberapa langkah berikut ini.

1) Login ke akun instagram kalian, lalu masuk ke bagian profil.

2) Setelah itu, tekan ikon garis tiga di bagian kanan atas hingga muncul pilihan menu setting atau pengaturan. Kemudian klik bagian menu tersebut.

3) Jika sudah, scroll ke bawah untuk menemukan pilihan "Beralih ke Akun Profesional". Klik pilihan tersebut.

4) Berikutnya, akan muncul pemberitahuan dan penjelasan terkait setelan akun profesional. Kalian bisa membacanya, lalu menggeser ke kanan, kemudian klik "lanjutkan".

5) Selanjutnya akan muncul berbagai kategori. Kalian bisa memilih salah satu yang sesuai minat atau latar belakang kalian. Kemudian klik selesai.

6) Secara otomatis, akun instagram kalian akan berada dalam mode bisnis atau profesional. Dengan demikian, kalian jadi lebih mudah untuk mengecek insight akun instagram. Artinya, kalian juga bisa lebih mudah memantau siapa saja yang berkunjung dan melihat profil, postingan, serta story yang kalian buat.

3. Cara Mengecek Stalker Instagram dengan Aplikasi InMyStalker

Selain kedua cara di atas, kalian juga bisa mencoba cara mengecek stalker instagram dengan aplikasi. Salah satu aplikasi yang bisa kalian pakai adalah InMyStalker - Who Viewed My Profile for Instagram.

Dengan mengintal aplikasi ini, kalian akan memperoleh notifikasi khusus, saat ada seseorang yang berkunjung ke profil akun instagram kalian. Selain itu, tampilannya yang sederhana dan penggunaannya yang mudah juga jadi keunggulan lain dari aplikasi InMyStalker - Who Viewed My Profile for Instagram.

4. Menggunakan Aplikasi Insights - Follower Analyzer for Instagram

Keempat, kalian juga melacak keberadaan stalker di instagram kalian dengan bantuan aplikasi Insights - Follower Analyzer for Instagram. Secara mendetail, aplikasi ini akan memberikan informasi terkait akun yang sering memberikan likes di postingan kalian padahal tidak mem-follow. Sebab seperti yang kita tahu, terkadang stalker sengaja meninggalkan jejak seperti likes.

Lebih lanjut, aplikasi Insights - Follower Analyzer for Instagram juga akan menampilkan followers yang paling banyak meninggalkan likes dan komen di postingan kalian. Serta, memberikan informasi tentang adanya followers baru dan tindakan unfollow yang dilakukan diam-diam di akun instagram kalian. Akun yang semacam ini patut kalian curigai sebagai stalker.

5. Menggunakan Aplikasi Insta Stalker - Stalk Anyone

Insta Stalker - Stalk Anyone juga bisa jadi aplikasi andalan untuk cara mengecek stalker instagram. Dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya, aplikasi ini terbilang populer karena telah cukup sering dipakai.

Aplikasi Insta Stalker - Stalk Anyone akan membantu kalian mengakses informasi terkait siapa saja berkunjung ke profil, serta akun mana saja yang kerap meninggalkan likes dan juga komentar. Dengan begitu, keberadaan stalker di akun instagram kalian bisa jadi lebih mudah terlacak.

6. Menggunakan Aplikasi Followmeter

Cara mengecek stalker instagram berikutnya bisa menggunakan aplikasi followmeter. Aplikasi Followmeter juga bisa kalian gunakan untuk memantau keberadaan stalker di akun instagram kalian. Artinya, kalian akan lebih mudah untuk memantau akun yang diam-diam sering meninggalkan likes dan komentar.

Secara sistematis, aplikasi followmeter akan menyampaikan notifikasi khusus, terkait akun baru yang mengikuti kalian secara diam-diam. Sehingga, kalian bisa lebih berhati-hati dan waspada dengan keberadaan stalker.

7. Menggunakan Aplikasi Stalkie

Aplikasi berikutnya yang bisa dimanfaatkan untuk cara lihat stalk IG adalah Stalkie. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah ukurannya yang terbilang kecil, yaitu hanya sebesar 13 MB. Selain itu, keunggulan lain dari aplikasi ini yaitu bisa menunjukkan aktivitas akun stalker secara langsung atau real time. Sebab, aplikasi Stalkie bisa bekerja di latar belakang. Sehingga, cara ini sangat praktis dan mudah.

8. Menggunakan Aplikasi Reports + Followers Analytics

Pernah dengar aplikasi bernama Reports + Followers Analytics? Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bekerja dengan cara memberikan laporan atau report terkait aktivitas followers di instagram.

Pemberitahuan atau laporan yang diberikan aplikasi ini juga terbilang akurat dan lengkap. Tak heran jika aplikasi Reports + Followers Analytics cukup bisa diandalkan untuk memantau akun yang sering memberikan komentar, like atau sering lihat profil instagram kalian.

9. Menggunakan Aplikasi iAssistant Follower Analysis

Aplikasi berikutnya yang bisa dimanfaatkan untuk melacak stalker adalah iAssistant Follower Analysis. Aplikasi ini mempunyai berbagai fitur unggulan yang bisa kalian manfaatkan.

Kalian bisa mendapatkan informasi terkait akun yang tidak follow back, akun yang melakukan unfollow, hingga akun yang memblokir kalian. Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mengakses data terkait engagement dari Instagram untuk stories dan juga postingan.

Itulah di antaranya cara mengecek stalker instagram, baik dengan aplikasi ataupun tanpa aplikasi tambahan. Semoga bermanfaat dan bisa membuat kalian jadi lebih waspada dan berhati-hati dalam menggunakan media sosial, khususnya instagram.

(kpl/gen/psp)

Editor:   Puput Saputro

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com