Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Cara Mengecek Windows di Laptop yang Tepat untuk Mengetahui Jenis dan Versinya

Editor KapanLagi.com | Kamis, 20 Januari 2022 16:44 WIB
Cara Mengecek Windows di Laptop yang Tepat untuk Mengetahui Jenis dan Versinya

Kapanlagi.com - Windows adalah salah satu software sistem operasi yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft Inc. Microsoft Windows adalah software sistem informasi yang paling populer untuk para pengguna PC. Sehingga, bagi KLovers yang baru membeli PC atau Laptop, maka kalian perlu mengetahui bagaimana cara mengecek windows di laptop yang tepat.

Sebenarnya apa sih fungsi Windows, hingga penting untuk kita memilikinya? Ya, ada fungsi utama dalam Windows, seperti menghubungkan antara aplikasi dan perangkat keras, sehingga dapat terintegrasi bekerja secara konsisten dan stabil. Mengendalikan dan mengelola sumber daya yang sedang dijalankan, termasuk perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer.

Kemudian, mengelola proses yang terdiri dari persiapan, penjadwalan, serta pemantauan program yang sedang dijalankan. Dan yang terakhir mengelola data input dan output serta mengendalikannya. Sehingga itulah mengapa KLovers harus tahu, seperti cara mengecek windows di laptop yang tepat, beserta dengan jenis-jenisnya.

Nah, bagi KLovers yang ingin mengetahui bagaimana cara mengecek windows di laptop. Maka berikut ini cara mengecek windows di laptop untuk Windows 7, Windows 8, Windows 10, dan Windows 11 yang bisa KLovers ketahui. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Cara Mengecek Windows 7

Gambar

Nah, seperti yang KLovers ketahui bahwa, Windows memiliki berbagai jenisnya. Meskipun sudah tidak ada update terkini di Windows 7, nyatanya masih banyak orang yang bertahan di seri Windows ini. Alasannya, karena Windows 7 tidak membutuhkan RAM dan prosesor tinggi. Nah, bagi KLovers yang ingin mengetahui bagaimana cara mengecek windows di laptop. Berikut cara mengecek windows di laptop untuk Windows 7:

1. Caranya simpel ya KLovers, kalian hanya perlu masukkan kata kunci komputer di kolom pencarian menu 'Start'.

2. Kemudian, klik kanan pada 'Komputer' dan pilih 'Properti'.

3. Setelah itu, cari bagian 'Windows Edisi' dan kalian akan menemukan seri dan edisi Windows yang berjalan pada laptop.

2. Cara Mengecek Windows 8

Gambar

Selain itu, ada pula cara mengecek windows di laptop di Windows 8. Windows 8 merupakan sistem operasi yang paling sedikit penggunanya. Hal ini dikarenakan banyak yang menganggap seri ini adalah Windows gagal. Bagi kalian pengguna Windows 8, maka kalian bisa menggunakan beberapa cara mengecek windows di laptop 8 berikut:

1. Cara pertama yaitu, bagi pengguna laptop layar sentuh maka kalian cukup usapkan dari tepi kanan layar.

2. Bila sudah, nantinya akan muncul "Pengaturan" dan klik "Ubah pengaturan PC".

3. Namun, jika laptop kalian bukan layar sentuh, maka kalian hanya perlu arahkan kursor ke ujung bawah kanan layar dan akan muncul menu "Pengaturan".

4. Selanjutnya, klik "PC dan Perangkat"

5. Kemudian pilih tab "Info PC". Nantinya, akan muncul edisi Windows dan informasi lainnya yang berjalan di laptop kalian.

3. Cara Mengecek Windows 10

Gambar

Kemudian bagi KLovers yang memiliki Windows 10, maka kalian bisa mengetahui bagaimana cara mengecek windows di laptop untuk pengguna Windows 10. Dan berikut ini cara mengecek windows di laptop untuk Windows 10 tersebut:

1. Pertama kalian bisa buka "Menu Pengaturan" melalui "Start".

2. Lalu kalian bisa pilih "System" yang ada di bagian paling atas sebelah kiri.

3. Selanjutnya, scroll ke bawah dan pilih tab "About".

4. Kalian akan melihat spesifikasi lengkap dari Windows yang berjalan di laptop kalian, meliputi: edisi, versi, tanggal instalasi, dan lainnya.

4. Cara Mengecek Windows 11

Gambar

Sama seperti Windows 10, nyatanya cara mengecek windows di laptop untuk Windows 11 juga hampir sama loh seperti Windows 10. Cara mengecek windows di laptop untuk Windows 11 ini bisa kalian lakukan dengan mudah dan praktis. Berikut ini beberapa cara mengecek windows di laptop untuk Windows 11 tersebut:

1. Pertama kalian bisa buka "Menu Pengaturan" melalui "Start".

2. Lalu kalian bisa pilih "System" yang ada di bagian paling atas sebelah kiri.

3. Selanjutnya, scroll ke bawah dan pilih tab "About".

4. Kalian akan melihat spesifikasi lengkap dari Windows yang berjalan di laptop kalian, meliputi: edisi, versi, tanggal instalasi, dan lainnya.

5. Jenis dan Versi Windows

Gambar

Setelah mengetahui bagaimana cara mengecek windows di laptop, maka kalian juga perlu tahu nih jenis dan versi dalam Windows. Ya, Windows memiliki banyak jenis dengan banyak sekali versi. Dan berikut ini jenis serta versi Windows yang bisa kalian ketahui:

1. Windows 10

- Windows 10 Home

- Windows 10 Pro

- Windows 10 Enterprise

- Windows 10 Education

- Windows 10 Mobile

- Windows 10 Mobile Enterprise

- Windows 10 IoT Core

2. Windows 8.1

- Windows 8.1

- Windows 8.1 Pro

- Windows 8.1 Enterprise

- Windows 8 Windows 8

- Windows 8 Pro

- Windows 8 Enterprise

3. Windows 7

- Windows 7 Home Basic

- Windows 7 Home Premium

- Windows 7 Professional

- Windows 7 Enterprise

- Windows 7 Ultimate

4. Windows Thin PC

- Windows Vista Windows Vista Home Premium

- Windows Vista Business

- Windows Vista Enterprise

- Windows Vista Ultimate

5. Windows XP

- Windows XP Starter

- Windows XP Home

- Windows XP Professional

- Windows XP Professional x64 Edition

- Windows XP 64-bit Edition for Itanium

- Windows Fundamentals for Legacy PCs

Itulaha beberapa cara mengecek windows di laptop yang bisa kalian ketahui bagi Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 serta Windows 11. Bukan hanya cara mengecek windows di laptop saja, kalian juga bisa mengetahui jenis dan versi dari Windows.

(kpl/gen/dhm)

Editor:   Dhia Amira

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com