Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Hp dengan Mudah, Bisa Pakai Aplikasi atau Langsung Lewat Browser

Editor KapanLagi.com | Jum'at, 01 Oktober 2021 17:11 WIB
Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Hp dengan Mudah, Bisa Pakai Aplikasi atau Langsung Lewat Browser

Kapanlagi.com - Sebelum mengunggah foto di suatu situs atau media sosial, ada beberapa hal yang terkadang perlu dilakukan. Mengecilkan ukuran foto adalah salah satunya. Pasalnya, seringkali terdapat batasan ukuran maksimal dari foto yang akan diunggah atau diposting. Sehingga, foto yang ukurannya terlalu besar harus diperkecil terlebih dahulu. Oleh karena itu, cara mengecilkan ukuran foto di hp jadi hal penting untuk diketahui.

Sementara, hp terbaru rata-rata mempunyai kualitas resolusi yang tinggi, sehingga juga menghasilkan foto berukuran besar. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperkecil ukuran foto di hp. Cara-cara ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan sejumlah aplikasi, maupun melalui browser sehingga relatif mudah dan praktis untuk dilakukan.

Penasaran, bagaimana caranya? Dirangkum dari berbagai sumber, langsung saja simak ulasan beberapa cara mengecilkan ukuran foto di hp berikut ini.

1. Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Hp dengan Photo Compress and Resize

Gambar

Salah satu aplikasi yang bisa kalian pakai untuk cara mengecilkan ukuran foto di hp adalah Photo Compress & Resize. Aplikasi ini sangat bisa kalian andalkan untuk memperkecil ukuran foto yang akan diunggah atau diposting di media sosial. Secara teknis, Photo Compress & Resize akan membantuk mengkompresi lossy yang cerdas untuk mengurangi ukuran file foto.

Selain itu, aplikasi ini juga membantu mengurangi jumlah warna pada gambar secara selektif, lebih sedikit byte yang dibutuhkan untuk menyimpan data. Meski begitu, efeknya tak akan tampak dalam foto, tapi tetap terbukti mengurangi ukuran foto secara cukup signifikan.

2. Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Photo and Picture Resizer

Photo & Picture Resizer menjadi aplikasi lainnya yang juga bisa kalian gunakan untuk cara mengecilkan ukuran foto di hp. Aplikasi ini terbilang cepat dalam mengubah ukuran foto menjadi lebih kecil tanpa harus mengurangi kualitas. Keunggulan lainnya, kalian juga  tidak perlu menyimpan gambar yang diubah ukurannya secara manual, karena foto secara otomatis disimpan dalam folder terpisah berjudul 'Pictures / PhotoResizer'.

3. Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Image Size - Photo Resizer

Gambar

Aplikasi ketiga yang bisa kalian pakai untuk mengecilkan ukuran foto di hp yaitu Image Size - Photo Resizer. Bagi kalian yang masih asing, Image Size - Photo Resizer merupakan aplikasi yang dapat mengubah ukuran foto atau gambar sesuai keinginan. Nilai plus dari aplikasi ini ialah cara penggunaannya yang mudah serta ukurannya yang ringan, sehingga tak terlalu sering mengalami loading.

4. Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Photo Compress 2.0

Gambar

Keempat, kalian juga bisa mencoba menggunakan aplikasi Photo Compress 2.0 untuk mengecilkan ukuran foto di hp. Cara menggunakan aplikasi ini terbilang sangat mudah dan simpel.

Kalian hanya perlu membuka aplikasi ini kemudian mengakses opsi galeri untuk memilih foto yang akan diubah ukurannya. Setelah itu, kalian tinggal menekan tombol Compress, pilih kualitas dengan geser toogle yang tersedia, dan ketuk Compress sekali lagi. Cara menyimpan foto yang telah diperkecil juga sangat mudah. Kalian hanya perlu keluar dari aplikasi tersebut, dan hasil foto yang telah dikompresi akan otomatis tersimpan di galeri hp.

5. Cara Mengecilkan Ukuran Foto lewat imagecompressor.com/id/

Gambar

Seperti yang disinggung sebelumnya, cara mengecilkan ukuran foto di hp tak saja bisa dilakukan dengan aplikasi. Kalian juga bisa mengaksesnya melalui browser, salah satunya lewat situs imagecompressor.com/id/. Tak tanggung-tanggung, kalian bisa mengompres foto sebanyak 20 sekaligus. Sehingga, akan lebih cepat dan efektif.

Prosesnya pun juga terbilang mudah. Kalian hanya perlu mengunggah foto tersebut di situs imagecompressor.com/id/ kemudian, proses kompresi atau pengurangan ukuran akan berjalan otomatis. Setelah foto selesai dikompresi, kalian bisa langsung mengunduhnya.

Selain mudah dipraktikkan, browser ini juga memberi keleluasaan bagi kalian untuk menentukan ukuran hasil foto yang dikompresi. Caranya cukup dengan melakukan scroll ke bawah dan mengubah level kompresinya.

6. Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP lewat iloveimg.com

Situs lainnya yang bisa kalian manfaatkan untuk cara mengecilkan ukuran foto di hp adalah iloveimg.com. Sama seperti situs yang sebelumnya, kalian bisa langsung mengunjungi situs ini dengan menggunakan browser. Setelah itu, kalian bisa ikuti beberapa langkahnya berikut ini.

1) Setelah berhasil masuk ke situs iloveimg.com, perhatikan pada deret atas pilih menu "Resize Image".

2) Kemudian nggah foto menggunakan tombol "Select images".

3) Lalu, untuk mengecilkan ukuran foto, pilih By Pixels atau By Percentage.

4) Selanjutnya klik pada "Resize Images".

5) Selesai, secara otomatis foto yang telah diperkecil ukurannya akan disimpan dalam HP kalian.

7. Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP lewat resizeimage.net

Gambar

Cara mengecilkan ukuran foto di hp yang selanjutnya juga bisa dilakukan dengan mengakses situs resizeimage.net. Cara keenam ini tak kalah praktis dengan cara-cara mengecilkan foto di hp lewat browser yang telah dijelaskan sebelumnya. Bahkan, cara kerjanya pun tak jauh beda. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya berikut ini.

1) Buka browser lalu, akses situs resizeimage.net.

2) Pilih foto yang akan diperkecil ukurannya dari perangkat hp kalian.

3) Untuk mengecilkan ukuran gambar atau foto, pilih ukuran gambar berdasarkan persentase atau ubah ukurannya.

4) Setelah itu, pilih format foto yang sudah dikecilkan.

5) Kemudian klik pada tombol "Resize Image".

6) Terakhir, tinggal simpan foto dalam Hp kalian.

Itulah di antaranya 7 cara mengecilkan foto di hp yang mudah dilakukan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/psp)

Editor:   Puput Saputro

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com