Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Cara Mengembalikan Akun FB yang Dibajak, Segera Lakukan Sebelum Terlambat

Jum'at, 01 Oktober 2021 14:11 WIB
Cara Mengembalikan Akun FB yang Dibajak, Segera Lakukan Sebelum Terlambat

Kapanlagi.com - Pembajakan atau peretasan akun media sosial belakangan cukup marak terjadi. Akun facebook atau FB jadi salah satu jenis media sosial yang cukup sering mengalami pembajakan. Pembajakan akun FB tak bisa dianggap remeh. Pasalnya, akun FB yang dibajak bisa dipergunakan untuk tindak kejahatan yang merugikan. Oleh sebab itu, penting untuk tahu cara mengembalikan akun FB yang dibajak.

Sayangnya, mengembalikan akun FB yang telah dibajak terkadang memang terasa berat dan sulit dilakukan. Alhasil, banyak orang yang mengalami pembajakan akun FB hanya bisa pasrah begitu saja. Padahal meskipun terkesan susah, mendapatkan kembali akun FB yang sudah dibajak bukanlah hal yang tidak mungkin dilakukan. Malahan, sebenarnya ada beberapa cara mengembalikan akun FB yang dibajak yang patut dicoba.

Penasaran, bagaimana caranya? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara mengembalikan akun FB yang dibajak.

1. Lakukan Pemeriksaan Email

Gambar

Salah satu cara mengembalikan akun FB yang dibajak paling mendasar adalah dengan melakukan pemeriksaan email. Ya, jika mendapati akun FB kalian dibajak, biasanya ditandai dengan tidak bisa login, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa email.

Seperti yang kita tahu, email yang terdaftar akan selalu terhubung dengan akun FB. Secara rutin, FB selalu mengirimkan pemberitahuan terkait aktivitas di akun FB kalian, terlebih untuk aktivitas-aktivitas yang mencurigakan. Kalian juga bisa mengakses pergantian kata sandi melalui email.

Caranya, kalian bisa mengakses situs https://www.facebook.com/help/ kemudian menggunakan pilihan "ubah kata sandi" dan "amankan akun". Baca dan ikuti setiap perintah yang tertera dengan seksama dan teliti. Dengan begitu, kalian bisa mengakses akun FB kalian kembali.

2. Cara Mengembalikan Akun FB yang Dibajak Memakai Akun Orang Lain

Gambar

Cara mengembalikan akun FB yang dibajak kedua, bisa juga dilakukan dengan menggunakan akun milik orang lain. Kalian bisa meminjam akun milik teman atau keluarga, lalu melakukan langkah-langkah berikut ini.

1) Dengan akun FB orang lain tersebut, buka profil akun FB kalian.

2) Setelah masuk ke profil akun FB kalian, klik ikon titik tiga.

3) Selanjutnya, akan muncul beberapa pilihan menu, pilih "cari dukungan" atau " laporkan profil".

4) Berikutnya, pilih opsi "Saya tidak dapat mengakses akun saya", setelah itu klik "selanjutnya".

5) Pilih opsi "Recover this account".

6) Kemudian pilih pilihan "Akun ini tidak lagi dapat diakses", klik kanan pada mouse lalu buka tab baru.

7) Facebook akan meminta kalian melakukan beberapa hal yang diperlukan. Selanjutnya, kalian hanya perlu mengikuti langkah yang diminta oleh FB tersebut.

3. Mengembalikan Akun FB yang Dibajak dengan Mengakses facebook.com/hacked

Gambar

Selain dua cara di atas, kalian juga bisa mencoba cara mengembalikan akun FB yang dibajak berikut ini. Kalian hanya perlu mengakses situs facebook.com/hacked kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1) Setelah masuk pada laman facebook.com/hacked, tekan pilihan "Akun Saya Dibobol".

2) Selanjutnya, masukkan alamat email dan nomor telepon yang dipakai untuk mendaftar akun FB.

3) Jika kalian berhasil masuk, itu artinya pembajak akun belum sempat mengganti email dan nomor telepon yang digunakan. Artinya, kalian berkesempatan besar mengakses akun itu kembali. Namun, jika gagal maka pembajak kemungkinan telah mengganti kata sandinya.

4)Biasanya, FB akan menyediakan 3 opsi yaitu langsung login menggunakan email yang terhubung, kedua mengganti kata sandi lewat link yang dikirim ke email, atau ketiga menggunakan link dan kode yang dikirim lewat nomor hp. Kalian bisa memilih ketiga opsi tersebut dan menjalankan setiap perintah dan arahannya secara seksama.

4. Yang Harus Dilakukan setelah Akun FB Kembali

Gambar

Selain melakukan cara mengembalikan akun FB yang dibajak, kalian juga perlu mengetahui langkah-langkah selanjutnya. Tujuannya, tentu saja agar ke depan hal serupa tidak terulang lagi. Salah satu langkah mendasar yang harus dilakukan ialah mengganti password atau kata sandi akun FB kalian. Agar kata sandi kuat dan tidak bisa dibobol, berikut beberapa tips dalam memilih kata sandi.

1) Gunakan kata sandi yang mudah diingat, tapi sekiranya tidak bisa ditebak orang lain.

2) Hindari penggunaan kata sandi yang sama untuk login ke akun lain, seperti email atau akun bank.

3) Kata sandi yang lebih panjang biasanya relatif lebih aman.

4) Hindari kata sandi yang mengandung nama email, nomor telepon, atau tanggal lahir.

5) Gunakan perpaduan huruf besar dan kecil sebagai variasi dalam membuat kata sandi.

Itulah di antaranya, beberapa cara mengembalikan akun FB yang dibajak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Semoga behasil!

(kpl/psp)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com