6 Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di HP, Bisa Dilakukan Tanpa Aplikasi Tambahan

Kamis, 21 Oktober 2021 17:22 WIB
6 Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di HP, Bisa Dilakukan Tanpa Aplikasi Tambahan

Kapanlagi.com - Merekam video bisa jadi cara seseorang untuk mengabadikan momen. Sayangnya, ketika disimpan file video mempunyai ukuran yang cukup besar, sehingga membuat memori cepat penuh. Alhasil, mau tak mau terkadang terpaksa kita harus menghapus satu persatu. Namun, tak jarang kita lantas menyesal kemudian. Jika sudah begitu, cara mengembalikan video yang terhapus akan jadi hal yang dibutuhkan.

Bagaimanapun, suatu video mungkin menyimpan suatu kenangan berharga. Karenanya, akan sangat disayangkan jika terhapus dan menghilang begitu saja. Akan tetapi sebenarnya kalian tak perlu khawatir, apabila mengalami video terhapus tanpa sengaja. Pasalnya, ada beberapa cara mengembalikan video terhapus yang bisa diusahakan. Penasaran, bagaimana caranya?

Dirangkum dari berbagai sumber, langsung saja simak beberapa cara mengembalikan video yang terhapus berikut ini.

1. Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di HP Lewat Google Photos

Salah satu cara mengembalikan video yang terhapus di HP paling umum bisa dengan mengakses Google Photos. Sebab, seperti yang kita tahu smartphone android saat ini terhubung dengan akun google. Sehingga, berbagai file termasuk foto dan video biasanya juga ter-backup di sana.

Untuk melakukannya kalian hanya perlu membuka Google Photos, lalu cari video yang ingin dipulihkan. Setelah ketemu kalian hanya perlu mendownload video tersebut kembali.

2. Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Lewat iCloud

Sementara itu, untuk mengembalikan video yang terhapus di HP iPhone bisa dilakukan dengan mengakses iCloud. Ya, setiap foto dan video pada HP iPhone umumnya akan ter-backup di iCloud. Kalian hanya perlu membuka iCloud kemudian mencari video yang dimaksud, lalu mendownloadnya. Dengan begitu, video yang telah terhapus bisa kembali tersimpan di HP kalian.

3. Cara Mengembalikan Video yang Terhapus dengan EaseUs MobiSaver for Android

Google Photos ternyata bukanlah satu-satunya jalan untuk mengembalikan video yang telah terhapus di HP android. Ternyata, masih ada cara mengembalikan video yang terhapus di HP android lainnya, yaitu dengan bantuan beberapa aplikasi. EaseUs MobiSaver for Android adalah salah satunya. Berikut langkah-langkah penggunaan aplikasi tersebut.

1) Download dan instal aplikasi EaseUS MobiSaver for Android

2) Hubungkan perangkat Android kamu ke komputer dengan kabel USB.

3) Klik tombol Start untuk memulai menghubungkan perangkat tersebut. Sebelumnya, pastikan perangkat android kalian telah di-rooting sebelum melakukan pemulihan.

4) Scan perangkat android kalian untuk menemukan data atau video yang hilang.

5) Setelah terhubung dengan handphone Android, aplikasi akan memindai perangkat untuk menemukan semua data atau video yang hilang.

6) Selanjutnya, akan muncul pratinjau dan transfer data dari android ke komputer. Lakukan proses pratinjau semua file yang ditemukan satu per satu lalu pilih video yang akan dipulihkan kembali.

7) Setelah ketemu klik tombol 'Recover' untuk mentransfer dan mengembalikan data yang dipilih ke komputer.

8) Terakhir, simpan video yang telah kalian pulihkan.

4. Cara Mengembalikan Video yang Terhapus dengan FonePaw Android Data Recovery

Aplikasi lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk memulihkan video terhapus di HP adalah FonePaw Android Data Recovery. Cara pemakaian aplikasi ini juga tak kalah mudah. Langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini.

1) Download dan isntal aplikasi FonePaw Android Data Recovery di komputer.

2) Hubungkan perangkat android kalian ke komputer.

3) Setelah itu, buka aplikasi dan pilih jenis data yang ingin dikembalikan. Centang pilihan yang akan dikembalikan, termasuk video.

4) Jika sudah, kalian tinggal klik 'Next' dan aplikasi akan bekerja secara otomatis untuk mengembalikan file-file video yang terhapus.

5. Cara Mengembalikan Video yang Terhapus dengan Dr. Fone

Cara mengembalikan video yang terhapus di HP juga bisa menggunakan aplikasi bernama Dr. Fone. Namun perlu diketahui bahwa aplikasi ini berbayar. Tapi jangan khawatir, kalian tetap bisa menggunakannya melalui uji coba. Berikut langkah-langkahnya yang bisa dilakukan dengan sangat mudah dan praktis.

1) Pertama, download terlebih dahulu aplikasi Dr. Fone dan install di komputer.

2) Jika sudah, hubungkan perangkat android ke komputer. Setelah dihubungkan, secara otomatis, aplikasi akan melakukan proses identifikasi perangkat.

3) Namun apabila aplikasi tidak bekerja secara otomatis, kalian bisa aktifkan mode 'Developer Option dan USB Debugging'.

4) Selanjutnya, akan muncul jenis tipe file yang bisa dikembalikan. Selama proses scan berlangsung, data akan terlihat lebih khusus, baik itu delete files atau all files.

5) Kemudian, perangkat akan me-restart dan masuk dalam proses pengembalian file. Setelah proses restart, akan terjadi proses scan. Pada proses ini kalian bisa mulai memilih data dan menampilkan preview lalu file dan klik restore.

6. Cara Mengembalikan Video yang Terhapus dengan DiskDigger Pro File Recovery

Aplikasi bernama DiskDigger Pro File Recovery juga bisa kalian manfaatkan untuk mengembalikan video di HP yang terhapus. Dibanding beberapa aplikasi sebelumnya, cara ini terbilang simpel dan praktis karena bisa dioperasikan langsung melalui HP. Berikut langkah-langkah menggunakan DiskDigger Pro File Recovery untuk pulihkan video terhapus.

1) Pertama, download dan instal aplikasi DiskDigger Pro file recovery

2) Jika sudah, buka aplikasi DiskDigger Pro file recovery

3) Berikutnya, lakukan proses scanning

4) Pilih file atau video yang akan dilakukan recovery atau pemulihan

5) Setelah ketemu, kalian tinggal klik recover selected file pada menu di sisi kanan atas
6) Terakhir, pilih lokasi penyimpanan dan proses recovery akan berlangsung.

Itulah di antaranya 6 cara mengembalikan video yang terhapus di HP dengan mudah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/gen/psp)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com