Cara Menghapus Akun Instagram Permanen, Mudah dan Nggak Ribet Sama Sekali

Editor KapanLagi.com | Selasa, 21 Mei 2019 13:02 WIB
Cara Menghapus Akun Instagram Permanen, Mudah dan Nggak Ribet Sama Sekali

Kapanlagi.com - Apa kamu salah satu pengguna media sosial? Jika iya, pasti tak asing lagi dengan media sosial yang satu ini. Seperti dilansir dari liputan6, Instagram merupakan sebuah aplikasi yang berbasis gambar dan video yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto, video, menerapkan filter digital, dan aktivitas berjejaring lainnya. Media sosial yang hadir sejak tahun 2010 ini cukup banyak diminati di semua kalangan, baik anak muda maupun orang tua terutama bagi mereka yang menyukai berbagi aktivitas melalui foto.

Banyak sekali fitur-fitur yang ditawarkan instagram pada penggunanya seperti berbagi gambar dan video, instagram story hingga IGTV yang memungkinkan penggunanya mengunggah video berdurasi hingga 10 menit dengan ukuran file hingga 650 MB. Karena banyaknya pilihan fitur inilah yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri sehingga menjadikan instagram populer di kalangan pengguna media sosial selain juga karena aplikasinya yang mudah digunakan.

Namun, jika terlalu sering menggunakannya ada kalanya kita akan merasa bosan atau jenuh dan ingin "meninggalkan" media sosial yang telah diakuisisi Facebook sejak 2012 ini. Jika kamu salah satunya dan belum tau atau masih bingung bagaimana cara menghapus akun Instagram kamu secara permanen, yuk simak dulu langkah-langkah menghapusnya di bawah ini.

1. Cara Menghapus Akun Instagram Melalui PC atau Laptop

ilustrasi menghapus akun instagram (credit: dokumen pribadi)ilustrasi menghapus akun instagram (credit: dokumen pribadi)

Salah satu media yang bisa kamu gunakan untuk menghapus akun instagrammu yakni melalui perangkat komputer atau laptop. Caranya juga cukup simpel yaitu:

  1. Pertama, kunjungi situs web help.instagram.com untuk memulai langkah penghapusan
  2. Kemudian, kamu bisa pilih pilihan "Mengelola Akun Anda"
  3. Selanjutnya, pilih "Hapus Akun Anda"
  4. Nah, setelahnya kamu akan diberi 3 opsi yakni bagaimana cara menonaktifkan sementara akun saya dan bagaimana cara menghapus akun saya. Pilihlah opsi yang kedua, "Bagaimana cara menghapus akun saya?"
  5. Lalu, akan ada beberapa pilihan yang muncul dan pilihlah opsi yang pertama yakni yang berisi "halaman menghapus akun anda"
  6. Setelah itu, kamu pilihlah salah satu alasan mengapa kamu ingin menghapus akun instagrammu yang berada di kotak seperti pada gambar di bawah ini
    1. ilustrasi menghapus akun instagram (credit: dokumen pribadi)ilustrasi menghapus akun instagram (credit: dokumen pribadi)

  7. Langkah terakhir, masukkan kata sandi atau password akun instagrammu dan pilihlah "Permanently delete my account"
  8. Selesai dan kini akun instagrammu telah terhapus secara permanen.

2. Cara Menghapus Akun Instagram Melalui Handphone

ilustrasi menghapus akun instagram (credit: dokumen pribadi)ilustrasi menghapus akun instagram (credit: dokumen pribadi)

Selain menggunakan perangkat komputer atau laptop, kamu juga bisa menghapus akun instgram langsung melalui handphone kamu. Caranya juga tak jauh beda, langkah-langkahnya yakni:

  1. Pertama, tentu saja buka aplikasi instagrammu
  2. Kemudian, masuklah ke profil instagram milikmu dan pilih ikon tiga garis yang berada pada pojok kanan atas
  3. Selanjutnya, pilihlah "Settings" yang berada di pojok bawah
  4. Lalu, setelah terbuka kamu pilih "Help"
  5. Setelah itu, akan muncul 3 opsi dan pilihlah opsi kedua, "Help Center"
  6. Kemudian, kamu secara otomatis akan di direct ke situs web help.instagram.com dan pilihlah "Mengelola Akun Anda"
  7. Lalu, kamu bisa memilih pilihan "Hapus Akun Anda"
  8. Selanjutnya, seperti cara sebelumnya, kamu akan diberi 3 opsi dan pilihlah "Bagaimana cara menghapus akun saya?"
  9. Setelah itu, pilihlah opsi pertama yang berisikan "halaman Menghapus Akun Anda"
  10. Setelahnya, akan muncul beberapa pilihan alasan mengapa kamu menghapus akun instagram yang berada di kotak seperti pada gambar dan pilihlah salah satunya
    1. ilustrasi menghapus akun instagram (credit: dokumen pribadi)ilustrasi menghapus akun instagram (credit: dokumen pribadi)

  11. Terakhir, masukkan kata sandi atau password akun instagrammu dan pilih "Hapus akun saya secara permanen"
  12. Selesai.

Nah, seperti itulah cara menghapus akun instagram secara permanen. Enggak terlalu sulit, kan? Tapi, sebelum itu ada satu hal yang mesti kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk menghapus akun instagrammu secara permanen yakni setelah kamu menghapus akunmu secara permanen, kamu tidak akan bisa lagi memulihkan atau mengembalikan akunmu seperti semula. Jadi, buat kamu yang masih ragu tapi ingin sejenak "pergi" dari instagram, kamu bisa memilih pilihan "Menonaktifkan akun anda sementara" yangmana nantinya kamu masih bisa mengembalikan akunmu lagi. Semoga bermanfaat.

Penulis: Devi Puspita

(kpl/mag/dev)

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com