Cara Menghapus Video di TikTok yang Sudah Diposting, Mudah dan Simpel

Editor KapanLagi.com | Senin, 18 Oktober 2021 15:55 WIB
Cara Menghapus Video di TikTok yang Sudah Diposting, Mudah dan Simpel

Kapanlagi.com - Di zaman ini ada banyak sekali aplikasi yang digunakan sebagai penghubung dan hiburan untuk kita. Bahkan saat ini ada aplikasi bernama TikTok yang kini populer dan banyak digunakan. Namun, meski begitu tidak semua orang sepenuhnya mengerti bagaimana menggunakan TikTok dengan tepat. Bahkan masih ada dari kalian yang belum paham bagaimana cara menghapus video di TikTok.

Padahal cara menghapus video di TikTok tidak sulit kok. Jadi jangan panik ya KLovers bila video kalian sudah diupload, namun ingin dihapus. Kalian hanya perlu melakukan beberapa tahapan simpel sehingga video bisa dihapus secara permanen dari aplikasi TikTok. Bahkan kalian juga bisa mengetahui cara menghapus video di TikTok pada draft.

Bagi kalian yang masih belum mengetahui bagaimana cara menghapus video di TikTok, berikut ini ada beberapa tahapan yang bisa kalian lakukan sebagai cara menghapus video di TikTok yang sudah di upload. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Fitur Pada TikTok

Sebelum mengetahui bagaimana sih cara menghapus video di TikTok, kalian juga perlu tahu nih fitur yang ada pada TikTok. Sehingga saat kalian sudah mengupload video tidak ingin dihapus kembali. Sebenarnya ada beberapa fitur di TikTok, berikut ini beberapa fitur tersebut:

1. Filter Video

Fitur yang pertama yaitu ada filter video, pada fitur ini dapat digunakan oleh seluruh pengguna TikTok adalah fitur filter yang ada pada video. Pengguna bisa menambahkan filter pada video untuk mengubah tune warna pada video. Selain itu, kalian juga bisa menyesuaikan tone dan rona sesuai dengan objek video milik kalian.

2. Musik

Selanjutnya yaitu ada fitur musik pada TikTok. Kalian dapat menambahkan beragam jenis musik yang sesuai dengan konten video yang ingin kalian buat. Selain itu, kalian tidak perlu merasa khawatir untuk memakai musik tersebut secara bebas, karena semua musik yang telah tersedia di aplikasi sudah mendapat izin dari pemiliknya, sehingga tidak akan dikenakan copyright.

3. Efek Video dan Stiker

Saat ini semua aplikasi video dan foto sudah memiliki sebuah efek. TikTok menyediakan setidaknya 5 kategori efek yang dapat kalian coba. Dan efek tersebut antara lain efek visual, efek sticker, efek transition, efek split dan juga waktu.

Dalam efek sticker kalian juga dapat menemukan beragam pilihan seperti, hot, classic, selfie, hair, funny, interactive, heart, vlog, animal dan glasses. Filter ini tak lain bertujuan untuk membuat video yang dibuat menjadi terkesan lebih kreatif.

4. Voice Changer

Apa sih voice changer itu? Itu merupakan sebuah fitur pengubah suara yang bisa kalian buat di TikTok. Dengan beragam efek suara yang berbeda, pengguna kini dapat menambahkan keseruan dan kreativitas ke dalam video mereka dengan mudah.

5. Auto Captions

Kemudian ada pula fitur auto captions yang bisa digunakan oleh kita dalam membuat video di TikTok. Sebenarnya tujuan disediakannya fitur ini adalah untuk mempermudah semua orang sehingga dengan mudah dapat mengakses atau menikmati video yang dibuat, terlebih bagi mereka yang memiliki kesulitan mendengar.

Cara menggunakannya pun mudah, kalian hanya perlu mengklik fitur Caption pada laman editing sebelum mengunggah video. Setelah itu kata-kata yang diucapkan oleh kreator di dalam konten tersebut akan ditranskripsi secara otomatis oleh aplikasi. Sehingga kalian dapat melihat dan menyunting subtitle yang telah dibuat supaya teksnya tidak keliru.

6. Live

Dan fitur yang terakhir yaitu ada fitur live. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa TikTok juga memiliki fitur live yang dapat oleh digunakan oleh penggunanya. Namun tidak seperti platform media sosial lainnya, tidak semua pengguna TikTok diizinkan untuk memulai Video Langsung di platform. Pasalnya hanya pengguna yang memiliki minimal 1000 followers yang bisa melakukan live di TikTok.

2. Cara Menghapus Video di TikTok

Setelah mengetahui apa saja fitur yang bisa kita gunakan untuk membuat sebuah video di TikTok, kalian bisa mengetahui cara menghapus video di TikTok. Ya, cara pertama yaitu kalian bisa kok menghapus video di TikTok walaupun sudah di upload. Berikut ini beberapa tahapan ataupun cara menghapus video di TikTok:

1. Cara yang pertama yaitu, kalian bisa buka aplikasi TikTok yang terdapat di smartphone kalian.

2. Setelah kalian sudah membuka aplikasi TikTok, klik menu "Profil Saya" yang ada di sebelah pojok kiri bawah.

3. Tahap yang selanjutnya yaitu, kalian bisa pilih video yang ingin dihapus.

4. Perlu diingat ya KLovers, saat video sudah terbuka, klik ikon titik tiga yang terdapat di samping kanan layar. Ikon ini akan menampilkan berbagai menu lain.

5. Kemudian kalian bisa geser atau slide menu yang muncul ke arah kiri, lalu pilih ikon tong sampah yang bertuliskan "Hapus" atau "Delete".

6. Setelah itu maka akan muncul notifikasi untuk mengkonfirmasi proses penghapusan video TikTok dengan klik Confirm agar video terhapus secara permanen.

7. Proses penghapusan video dari akun TikTok telah selesai dilakukan.

3. Cara Menghapus Video di TikTok Pada Draft

Tak hanya itu saja, kalian juga bisa loh menghapus video di TikTok yang ada pada Draft. Cara menghapus video di TikTok pada Draft ini juga mudah kok KLovers. Berikut beberapa tahapan dan cara menghapus video di TikTok pada Draft:

1. Seperti biasa, kalian bisa buka aplikasi TikTok yang ada di smartphone, lalu menuju bagian profil.

2. Setelah itu kalian bisa pilih menu Draft yang ada di bawah menu following dan followers.

3. Apabila draft sudah terbuka, kalian bisa tekan select.

4. Selanjutnya centang video yang akan dihapus dan pilih menu Delete.

5. Apabila notifikasi muncul di smartphone, tap Confirm agar video dapat terhapus secara permanen.

6. Selesai, video yang ada di draft akan terhapus secara permanen.

Itulah beberapa cara menghapus video di TikTok yang sudah di upload dengan mudah dan simpel. Tak hanya itu saja, kalian juga mengetahui apa saja fitur yang ada di TikTok.

(kpl/gen/dhm)

Editor:   Dhia Amira

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com