Cara Mengirim Pulsa Telkomsel Secara Manual dan Lewat Aplikasi MyTelkomsel, Ketahui Syarat - Tarifnya

Editor KapanLagi.com | Selasa, 21 September 2021 16:44 WIB
Cara Mengirim Pulsa Telkomsel Secara Manual dan Lewat Aplikasi MyTelkomsel, Ketahui Syarat - Tarifnya

Kapanlagi.com - Pulsa menjadi alat transaksi untuk melakukan komunikasi seluler seperti telepon atau sms. Tak saja untuk pembayaran, beberapa penyedia layanan telekomunikasi seperti PT Telkomsel, juga menyediakan layanan transfer pulsa. Sehingga, pengguna bisa berbagi pulsa dengan keluarga, teman, atau kerabat. Sayangnya, sampai saat ini tampaknya masih banyak orang yang bingung bagaimana cara mengirim pulsa telkomsel.

Telkomsel sendiri merupakan salah satu provider yang mempunyai banyak pelanggan. Wajar saja, sebab telkomsel memang sudah beroperasi puluhan tahun lamanya. Selain itu, telkomsel juga menyediakan banyak layanan yang memudahkan penggunanya, salah satunya layanan transfer atau mengirim pulsa. Dengan mengakses layanan ini, kita bisa mengirimkan pulsa ke sesama pengguna telkomsel yang lain.

Cara transfer pulsa telkomsel sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara mengirim pulsa telkomsel untuk keluarga, saudara, atau sahabat.

1. Syarat dan Ketentuan Layanan Mengirim Pulsa

Mengirim pulsa menjadi salah satu layanan yang bisa dimanfaatkan pengguna telkomsel. Layanan ini tentu akan sangat membantu dan memudahkan pengguna dalam situasi mendesak, seperti saat ada teman atau keluarga yang tiba-tiba kehabisan pulsa. Namun untuk mengakses layanan ini, tentu ada sejumlah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Oleh karena itu, penting bagi kalian yang akan melakukan cara mengirim pulsa telkomsel mengetahui syarat dan ketentuan tersebut. Dilansir dari telkomsel.com, adapun beberapa syarat dan ketentuan tersebut adalah sebagai berikut.

1) Nomor pengirim pulsa harus berada dalam masa aktif. Sementara, nomor penerima pulsa tetap dapat menerima pulsa meskipun sudah berada dalam masa tenggang.

2) Pengguna bisa menerima pulsa setelah nomor aktif selama minimal 4 hari.

3) Sementara pengguna baru bisa mengirim saldo pulsa setelah nomor aktif minimal 3 hari.

4) Satu nomor pengirim hanya dapat mentransfer maksimal 250 kali dalam sehari.

5) Satu nomor pengirim hanya dapat mentransfer dengan nominal antara Rp5.000 hingga Rp1.000.000 per transaksi.

6) Jumlah maksimum transaksi setiap harinya adalah Rp1.000.000 per nomor pengirim.

7) Setiap transaksi transfer pulsa tidak akan mengubah masa aktif penerima. Jika penerima sedang dalam masa tenggang, maka saldo pulsa transfer baru dapat digunakan setelah mengisi pulsa secara mandiri.

2. Tarif Layanan Mengirim Pulsa

Perlu diketahui dan dipahami, bahwa layanan transfer atau mengirim pulsa telkomsel tidaklah gratis. Pengirim tetap akan dikenakan biaya administrasi yang akan dipotong dari pulsa di luar jumlah yang ditransferkan. Besaran tarifnya pun beragam, tergantung pada jumlah pulsa yang dikirim. Untuk lebih rinci, berikut rincian daftar tarif biaya transfer pulsa telkomsel.

1) 5.000 - 19.900 = 1.850 (untuk sekali transfer) - 1.000 (untuk transfer lebih dari 10 kali)

2) 20.000 - 49.900 = Rp2.500 (untuk sekali transfer) - 1.500 (untuk transfer lebih dari 10 kali)

3) 50.000 - 99.900 = 3.000 (untuk sekali transfer) - 2.000 (untuk transfer lebih dari 10 kali)

4) 100.000 - 199.900 = 5.000 (untuk sekali transfer) - 3.500 (untuk transfer lebih dari 10 kali)

5) 200.000 - 299.900 = 7.500 (untuk sekali transfer) - 5.500 (untuk transfer lebih dari 10 kali)

6) 300.000 - seterusnya = 10.000 (untuk sekali transfer) - 7.500 (untuk transfer lebih dari 10 kali)

3. Cara Mengirim Pulsa Telkomsel dengan Menghubungi *858#

Telkomsel menyediakan dua cara mengirimkan pulsa telkomsel ke sesama penggunanya. Salah satu cara yang paling umum dilakukan adalah dengan menghubungi kode *858#. Setelah menghubungi kode tersebut, akan muncul berbagai petunjuk yang bisa diikuti. Untuk lebih jelasnya, berikut cara mengirim pulsa telkomsel lewat *858#.

1) Buka fitur panggilan telepon di hp kalian.

2) Kemudian, ketik *858# lalu tekan "Panggil".

3) Setelah itu akan muncul pesan pop up berisi daftar menu. Pilih nomor '1' untuk "Transfer Pulsa".

4) Selanjutnya, masukkan nomor penerima.

5) Setelah itu, masukkan jumlah pulsa yang akan dibagikan.

6) Akan muncul pesan berisi persetujuan untuk melakukan transfer pulsa yang akan dikenakan biaya.

7) Pilih '1' untuk membalas "iya".

8) Selesai, kalian tinggal tunggu adanya sms berisi notifikasi bahwa transfer pulsa yang dilakukan telah berhasil atau gagal.

4. Cara Mengirim Pulsa Telkomsel dengan Aplikasi MyTelkomsel

Selain lewat kode *858#, pengguna telkomsel juga bisa mengirim pulsa ke sesama pengguna melalui aplikasi MyTelkomsel. Caranya pun tak kalah mudah, tentunya pertama kalian harus mendownload aplikasi ini, kemudian menginstalnya di hp. Setelah itu, login ke aplikasi dengan menggunakan nomor telkomsel kalian.

Apabila aplikasi ini sudah terpasang dan terdaftar dengan nomor kalian, selanjutnya kalian bisa ikuti cara mengirim pulsa telkomsel lewat aplikasi MyTelkomsel berikut ini.

1) Buka aplikasi MyTelkomsel di hp kalian.

2) Masuk ke menu "Hadiah".

3) Kemudian, masukkan nomor tujuan yang akan menerima transfer pulsa.

4) Pilih opsi "Transfer Kredit".

5) Pilih metode pembayaran yang diinginkan.

6) Masukkan kode OTP.

7) Selesai, kalian tinggal menunggu adanya pemberitahuan yang menyatakan proses transfer pulsa sukses atau gagal dilakukan.

Itulah di antaranya 2 cara mengirim pulsa telkomsel ke sesama pengguna yang mudah dilakukan, berikut syarat dan ketentuannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/psp)

Editor:   Puput Saputro

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com