Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Cara Menonaktifkan IG Sementara dan Mengaktifkannya Kembali, Ketahui Bedanya dengan Menghapus Akun Permanen

Editor KapanLagi.com | Selasa, 28 September 2021 19:22 WIB
Cara Menonaktifkan IG Sementara dan Mengaktifkannya Kembali, Ketahui Bedanya dengan Menghapus Akun Permanen

Kapanlagi.com - Instagram atau IG menjadi salah satu media sosial yang paling populer saat ini. Buktinya, bisa dipastikan bahwa hampir setiap anak muda saat ini mempunyai akun instagram. Di instagram, orang-orang bisa mengekspresikan diri dan menemukan banyak hal menarik. Meski demikian, faktanya tetap ada saja orang yang jenuh dengan instagram. Sehingga, kemudian mereka mencari cara menonaktifkan IG sementara waktu.

Tak bisa dipungkiri, intagram memang tak selamanya menyenangkan. Bermain instagram juga tak selalu membawa manfaat di kehidupan seseorang. Malahan, terkadang instagram bisa jadi satu hal yang mengganggu fokus seseorang dalam melakukan pekerjaan dan menjalani hidup. Oleh karena itu, terkadang penting juga untuk mengambil jeda menonaktifkan instagram dan media sosial lainnya.

Jika kalian termasuk orang yang sedang ingin berhenti sementara dari bermain instagram, berikut cara menonaktifkan IG untuk sementara waktu.

1. Cara Menonaktifkan IG Sementara

Gambar

Instagram atau IG menjadi salah satu media sosial yang paling populer saat ini. Buktinya, bisa dipastikan bahwa hampir setiap anak muda saat ini mempunyai akun instagram. Di instagram, orang-orang bisa mengekspresikan diri dan menemukan banyak hal menarik. Meski demikian, faktanya tetap ada saja orang yang jenuh dengan instagram. Sehingga, kemudian mereka mencari cara menonaktifkan IG untuk sementara waktu.

Tak bisa dipungkiri, instagram memang tak selamanya menyenangkan. Bermain instagram juga tak selalu membawa manfaat di kehidupan seseorang. Malahan, terkadang instagram bisa jadi satu hal yang mengganggu fokus seseorang dalam melakukan pekerjaan dan menjalani hidup. Oleh karena itu, terkadang penting juga untuk mengambil jeda menonaktifkan instagram dan media sosial lainnya.

Jika kalian termasuk orang yang sedang ingin berhenti sementara dari bermain instagram, berikut cara menonaktifkan IG untuk sementara waktu.

2. Cara Mengaktifkan Kembali Akun IG yang Dinonaktifkan

Gambar

Seperti yang disinggung sebelumnya, kalian bisa mengaktifkan akun IG kalian yang telah dinonaktifkan. Kalian bisa melakukannya sewaktu-waktu ketika ingin bermain instagram kembali. Kalian bisa login ke akun lama dan mengakses pengikut, postingan, likes, komentar, pesan di akun lama tersebut.

Cara mengaktifkan kembali akun instagram juga sangatlah mudah. Bahkan, lebih mudah dibandingkan saat melakukan cara menonaktifkan IG sementara. Kalian juga bisa langsung melakukannya di aplikasi instagram yang ada di hp kalian, tanpa perlu mengakses lewat browser. Caranya, kalian hanya perlu login seperti biasa, dengan memasukkan username atau nama pengguna dan password.

3. Batas Waktu Menonaktifkan Akun IG

Gambar

Sebenarnya, kalian bisa menonaktifkan dan mengaktifkan akun instagram kalian tanpa ada batasan waktu. Kalian juga bisa melakukannya secara berturut-turut atau berulang kali. Namun perlu diketahui, untuk menonaktifkan dan mengaktifkan kembali akun instagram, ternyata ada satu ketentuan.

Kalian baru bisa menonaktifkan kembali akun yang telah dinonaktifkan, setidaknya seminggu setelah akun tersebut diaktifkan kembali. Jadi, sebisa mungkin tetap gunakan fitur ini secara bijak.

4. Cara Menghapus Akun IG

Gambar

Jika kalian mantap untuk tidak akan bermain instagram lagi, kalian bisa menghapus akun IG. Berbeda dengan cara menonaktifkan IG sementara, menghapus akun instagram akan berlaku secara permanen. Sehingga saat melakukannya, data-data dalam akun kalian, seperti pengikut, postingan, pesan, likes, dan komentar akan hilang dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Menghapus akun instagram bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan mengakses browser ataupun langsung aplikasi di hp. Untuk lebih jelasnya, simak berikut cara-caranya.

1) Cara Menghapus Akun IG lewat Browser

- Buka browser di PC atau di ponsel. Masuk ke akun Instagram dengan username dan kata sandi.

- Setelah itu, buka tautan https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/

- Pilih salah satu pilihan alasan mengapa kamu ingin menghapus akun Instagram.

- Terakhir, masukkan password atau kata sandi. Jika sudah yakin ingin menghapus akun Instagram untuk selamanya, klik 'Permanently Delete My Account'.

2) Cara Menghapus Akun IG lewat Aplikasi di Hp

- Pertama, buka aplikasi Instagram di handphone kamu, lalu masuk ke profil Instagram milik mu.

- Kemudian, pilih ikon garis tiga yang terdapat di pojok kanan atas. Kemudian masuk ke menu 'Settings' yang ada di paling bawah, lalu pilih opsi 'Help Centre'.

- Selanjutnya, kamu akan di-direct atau diarahkan ke situs help.instagram.com

- Kemudian pilih menu 'Mengelola Akun Anda'. Lalu lanjutkan dengan memilih menu 'Hapus Akun Anda'.

- Pilih 'Bagaimana Cara Menghapus Akun Saya?'. Kemudian, dari pilihan yang tersedia, pilih nomor satu dan klik 'Halaman Menghapus Akun Anda'.

- Setelah itu, pilih salah satu alasan kenapa kamu ingin menghapus akun Instagram.

- Terakhir, masukkan password atau kata sandi akun Instagram mu, lalu klik 'Permanently Delete My Account'.

Itulah di antaranya cara menonaktifkan IG sementara waktu. Semoga bermanfaat dan bisa membantu. Selamat mencoba!

(kpl/gen/psp)

Editor:   Puput Saputro

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com