Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Cara Menonaktifkan Komentar di FB dengan Mudah, Bisa Dilakukan Lewat HP ataupun Laptop

Editor KapanLagi.com | Selasa, 25 Januari 2022 17:55 WIB
Cara Menonaktifkan Komentar di FB dengan Mudah, Bisa Dilakukan Lewat HP ataupun Laptop

Kapanlagi.com - Facebook atau FB sudah jadi salah satu media sosial yang paling populer. Tak saja untuk posting status dan foto, di kolom komentar FB juga sering terjadi interaksi. Namun tak melulu menyenangkan, acap kali di kolom komentar FB juga terdapat komentar buruk. Tak heran jika banyak orang yang kemudian mencari cara menonaktifkan komentar di FB.

Menonaktifkan komentar di media sosial atau FB sah-sah saja untuk dilakukan. Bagi sebagian orang, menonaktifkan komentar di media sosial bisa memberikan ketenangan. Sayangnya sampai saat ini, tampaknya masih banyak orang yang tidak mengetahui caranya. Padahal, cara menonaktifkan komentar di FB bisa dilakukan dengan sangat mudah dan praktis.

Bagaimana caranya? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang cara menonaktifkan komentar di FB.

1. Cara Menonaktifkan Komentar di FB lewat HP

Gambar

Saat ini, banyak orang mengakses FB melalui aplikasi yang terpasang di hp. Nah ternyata, aplikasi FB yang ada di hp tak saja bisa dipakai untuk update status atau posting foto. Kalian juga bisa mengatur settingan akun FB kalian melalui aplikasi di hp, termasuk untuk menonaktifkan komentar. Berikut langkah-langkah menonaktifkan komentar di FB lewat aplikasi yang ada di hp.

- Pertama, buka aplikasi FB yang ada di hp kalian.

- Kemudian, login ke akun FB kalian.

- Jika sudah masuk ke beranda FB, langsung saja klik ikon garis tiga yang ada di kanan atas untuk masuk ke menu pengaturan.

- Setelah masuk di menu pengaturan, klik opsi Settings & Privacy atau Pengaturan dan Privasi yang ada di bagian bawah.

- Selanjutnya, pilih opsi Public Posts atau Postingan Publik.

- Scroll ke bawah, kemudian klik opsi Komentar Postingan Publik. Setelah itu, akan muncul beberapa opsi lanjutan.

- Untuk menonaktifkan postingan, kalian bisa hidupkan tanda centang pada opsi Tidak Seorang Pun.

2. Cara Menonaktifkan Komentar di FB via PC atau Laptop

Gambar

Selain lewat aplikasi di hp, cara menonaktifkan komentar di fb juga bisa dilakukan melalui pc atau laptop. Caranya tak kalah mudah dan praktis, kalian hanya perlu melakukan beberapa langkah. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah dalam cara menonaktifkan komentar di fb lewat pc atau laptop.

- Pertama, akses akun facebook kalian, bisa melalui browser ataupun aplikasi yang terpasang di desktop.

- Jika sudah masuk ke beranda FB, masuk ke menu pengaturan dengan cara klik ikon garis tiga yang ada di sebelah kanan atas.

- Setelah itu, pilih menu Settings & Privacy atau Pengaturan dan Privasi.

- Scroll ke bawah temukan menu Privasi Submenu Postingan Publik, kemudian klik.

- Selanjutnya, pilih opsi Komentar Postingan Publik, kemudian klik.

- Setelah itu akan muncul berbagai opsi lanjutan. Kalian bisa hidupkan tanda centang pada opsi Tidak Seorang Pun.

3. Cara Menonaktifkan Komentar di Grup FB

Sering merasa terganggu dengan notifikasi komentar postingan yang dibuat di suatu grup? Jangan khawatir, sebab di samping postingan di akun pribadi, kalian juga bisa menonaktifkan postingan yang ada di grup. Caranya tak kalah mudah dan praktis. Berikut langkah-langkah dalam cara menonaktifkan komentar di FB khususnya dalam grup.

- Pertama, silakan akses akun facebook kalian.

- Kemudian temukan postingan di grup yang ingin kalian matikan komentarnya. Atau kalian juga bisa melakukannya pada postingan yang baru akan dibuat.

- Pada postingan tersebut, klik ikon titik tiga yang ada di sebelah kanan atas postingan tersebut.

- Selanjutnya akan muncul beberapa opsi yang bisa dilakukan untuk postingan tersebut, salah satunya opsi Nonaktifkan Komentar Facebook.

- Silakan klik opsi tersebut. Selesai, dengan begitu setiap anggota di grup tersebut tidak akan lagi bisa memberikan komentar di postingan kalian itu lagi.

4. Cara Membatasi Komentar di FB

Gambar

Selain cara menonaktifkan komentar di FB, sebenarnya facebook memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk mengatur atau membatasi komentar di postingannya. Pengguna FB diberikan tiga opsi atau pilihan untuk membatasi komentar di postingan. Ketiga opsi ini bisa diakses melalui menu pengaturan. Adapun ketiga opsi tersebut adalah sebagai berikut.

1. Publik

Sesuai dengan namanya, opsi Publik akan membuat kolom komentar di postingan kita jadi bisa diakses oleh siapa saja. Baik orang yang berteman, maupun tidak berteman dengan kalian di Facebook.

2. Hanya Teman

Opsi Hanya Teman akan membuat postingan kalian hanya dikomentari oleh mereka yang berteman dengan akun kalian. Itu artinya, akun-akun yang belum berteman tidak bisa meninggalkan komentar di postingan kalian.

3. Teman dari Teman

Opsi ketiga yaitu Teman dari Teman. Opsi ini membuat seseorang yang berteman dengan teman kalian di FB jadi bisa berkomentar di postingan kalian. Sekalipun, seseorang tersebut tidak berteman langsung dengan akun kalian.

Itulah di antaranya ulasan tentang cara menonaktifkan komentar di FB. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/gen/psp)

Editor:   Puput Saputro

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com