Cara Merekam Layar di Laptop Tanpa Aplikasi, Mudah Dipraktikkan

Editor KapanLagi.com | Senin, 18 Oktober 2021 15:33 WIB
Cara Merekam Layar di Laptop Tanpa Aplikasi, Mudah Dipraktikkan

Kapanlagi.com - Cara merekam layar di laptop paling praktis dan termudah adalah tanpa menggunakan aplikasi. Apalagi kini fitur laptop semakin canggih dengan teknologi terbaru. Salah satunya dilengkapi fitur untuk merekam layar di laptop dalam format video ataupun gambar.

Berbagai perangkat digital seperti smartphone atau laptop kini telah dilengkapi dengan fitur merekam layar. Terlebih cara merekam layar di laptop rupanya lebih praktis dibandingkan di ponsel. Sebab cara merekam layar di laptop dapat dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Artinya kalian bisa merekam layar di laptop melalui fitur bawaan yang telah disediakan. Sedangkan cara merekam layar di laptop tanpa aplikasi begitu mudah dipraktikkan. Di mana kalian bisa menggunakan fitur Game Bar.

Selengkapnya tentang cara merekam layar di laptop tanpa aplikasi, berikut ulasannya yang perlu kalian ketahui. Adapun cara merekam layar di laptop tanpa aplikasi telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber sebagai berikut.

1. Ketahui Fungsi Tombol Keyboard untuk Fitur Game Bar

Cara merekam layar di laptop tanpa aplikasi salah satunya bisa memanfaatkan fitur Game Bar. Game Bar sendiri adalah fitur bawaan di laptop dengan sistem operasi Windows. Sayangnya, tidak semua laptop mungkin saja bisa menggunakan fitur Game Bar. Pasalnya fitur ini diketahui hanya tersedia dalam versi Windows 10. Artinya, jika sistem operasi bawaan laptop berada di bawah versi tersebut tentunya belum bisa menggunakan Game Bar sebagai cara merekam layar di laptop.

Biasanya fitur Game Bar pada laptop ini bisa digunakan untuk beberapa fungsi. Di antaranya yakni mengaktifkan Game Mode, merekam layar ataupun live streaming melalui Game Play. Namun jika kalian ingin menggunakan fitur Game Bar untuk merekam layar di laptop, ketahui dulu shortcut keyboard pada fitur tersebut. Pasalnya fitur Game Bar bisa diakses melalui shortcut keyboard. Berikut beberapa fungsi tombol keyboard untuk mengakses Game Bar.

- Tombol keyboard logo Windows + G berfungsi untuk masuk dan membuka menu fitur Game Bar.

- Tombol keyboard logo Windows + Alt + G berfungsi untuk merekam games pada detik-detik terakhir. Kalian bisa mengatur durasi perekaman melalui menu pengaturan Game Bar.

- Tombol keyboard logo Windows + Alt B berfungsi untuk memulai ataupun menghentikan siaran.

- Tombol keyboard logo Windows + Alt + M berfungsi untuk memulai dan mengakhiri perekaman layar melalui mikrofon yang kalian gunakan.

- Tombol keyboard logo Windows + Alt + R berfungsi untuk memulai dan mengakhiri (stop) perekaman layar.

- Tombol keyboard logo Windows + Alt + T berfungsi untuk melihat atau menyembunyikan waktu durasi rekaman layar.

- Tombol keyboard logo Windows + Alt + Print Screen berfungsi untuk screenshot layar dalam bentuk gambar yang tersimpan di aplikasi Xbox.

2. Cara Merekam Layar di Laptop Tanpa Aplikasi di Windows

Setelah tahu apa saja fungsi tombol keyboard untuk mengakses fitur Game Bar, berikut ini cara merekam layar di laptop tanpa aplikasi. Artinya kalian bisa menggunakan fitur Game Bar untuk merekam layar di laptop dengan mudah dan praktis banget. Adapun cara merekam layar di laptop tanpa aplikasi sebagai berikut.

- Pertama mengaktifkan fitur Game Bar dengan cara masuk menu Settings melalui Windows menu.

- Lalu klik Menu Gaming.

- Pilih Game Bar dan aktifkan fitur Game Bar.

- Selanjutnya masuk menu Game Bar dengan cara tekan bersamaan shotcut logo Windows + G.

- Setelah itu klik tombol rekaman yakni berwarna merah bulat (Record) berada di menu Capture lalu Screen Recording.

- Selanjutnya kalian bisa merekam layar di laptop sesuai dengan kebutuhan.

- File rekaman tersebut akan tersimpan dengan format MP4.

3. Cara Merekam Layar di Laptop Tanpa Aplikasi di iOS

Sedangkan untuk merekam layar di laptop tanpa aplikasi di sistem iOS, caranya juga cukup simple. Sebab laptop iOS yakni macOS juga dilengkapi fitur untuk merekam layar dengan mudah dan free. Nah, jika kalian termasuk pengguna MacOS. berikut ini cara merekam layar di laptop tanpa aplikasi di IOS.

- Pertama tekan bersamaan tombol shortcut yakni Shift Command + 5 di laptop MacOS.

- Selanjutnya kalian sudah masuk ke menu perekaman layar. Pada bagian toolbar bawah kalian bisa mengatur dan menentukan perekaman layar sesuai kebutuhan.

- Selanjutnya pilih opsi untuk menentukan penyimpanan hasil perekaman layar. Selain itu kalian juga bisa mengatur durasi perekaman pada menu opsi tersebut.

4. Cara Merekam Layar di Laptop dengan Aplikasi VLC Player

Tak hanya bisa menggunakan cara merekam layar di laptop tanpa aplikasi, kalian juga bisa memanfaatkan aplikasi di laptop untuk merekam layar. Aplikasi perekaman layar di laptop ini umumnya sudah terinstal. Sedangkan kalaupun belum terinstal, kalian bisa mengunduh dan menginstal aplikasi bernama VLC Player untuk merekam layar di laptop. Berikut cara merekam layar di laptop pakai aplikasi VLC Player.

- Jika belum memiliki aplikasi ini kalian bisa menginstal VLC player melalui laptop.

- Setelah itu, buka VLC Player lalu pilih media, pilih menu Open Capture Device, pilih capture mode, lalu Desktop.

- Lalu, klik tanda panah ke bawah sebelah tombol Play, lalu pilih Convert.

- Selanjutnya atur file rekaman sesuai kebutuhan kalian.

- Setelah itu, pilih Start untuk merekam layar.

- Rekam layar sesuai keperluan kalian, lalu pilih Stop Recording untuk mengakhirinya.

Nah itulah cara merekam layar di laptop tanpa aplikasi dengan mudah dan praktis banget. Semoga dengan informasi di atas dapat memudahkan kalian merekam layar sesuai dengan kebutuhan.

(kpl/gen/nlw)

Editor:   Nurul Wahida

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com