Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Cara Merekam Suara di HP Agar Hasilnya Jernih, Pakai Aplikasi Unggulan yang Mudah Digunakan

Sabtu, 12 Maret 2022 10:22 WIB
Cara Merekam Suara di HP Agar Hasilnya Jernih, Pakai Aplikasi Unggulan yang Mudah Digunakan

Kapanlagi.com - Handphone atau hp kini jadi satu benda yang punya banyak sekali kegunaan. Tak saja dipakai untuk berkomunikasi, hp juga disertai dengan berbagai fitur yang berguna. Salah satu fitur yang cukup penting dan sering dipakai ialah merekam suara. Biasanya, orang menggunakan cara merekam suara di hp untuk berbagai keperluan. Misalnya, untuk dokumentasi atau pengumpulan data saat melakukan wawancara. 

Dengan berbagai aplikasi yang terpasang, cara merekam suara di hp bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Kini, untuk merekam suara tak lagi memerlukan alat perekam khusus. Meski begitu, terkadang merekam suara dengan aplikasi bawaan hp justru menghasilkan suara yang terdengar tidak jelas dan tidak jernih. Untuk itu, agar maksimal terkadang diperlukan aplikasi khusus untuk menghasilkan suara yang lebih jernih.

Lantas, aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk cara merekam suara di hp agar hasilnya maksimal? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Audio Recorder

Gambar

Audio recorder menjadi salah satu aplikasi yang bisa dipakai untuk cara merekam suara di hp dengan jernih. Aplikasi perekam yang satu ini disertai beberapa fitur unggulan.

Salah satunya, pengguna bisa langsung mengunggah hasil rekaman suara ke berbagai layanan, seperti Google Drive ataupun Cloud. Sehingga, pengguna tak perlu khawatir kalau memori di hp bakal jadi cepat penuh. Selain itu, keunggulan lainnya aplikasi rekam suara bisa dioperasikan dengan mudah dan praktis. Meski begitu kualitas suara yang dihasilkan tetap berkualitas.

2. Voice Recorder

Opsi aplikasi rekam suara lain yang tak kalah hebat adalah voice recorder. Dengan aplikasi voice recorder, kalian bisa merekam suara dengan hasil jernih selama mungkin tanpa batasan waktu. Selain durasi yang tak terbatas, aplikasi telah dilengkapi dengan konfigurasi 8 bit dan 16 bit. Inilah yang membuat hasil rekaman dengan voice recorder lebih unggul dibandingkan aplikasi perekam suara biasa bawaan.

Namun tak sampai di situ, aplikasi ini juga punya keunggulan lainnya yaitu dapat terhubung langsung dengan melodi. Oleh karena itu, aplikasi ini sangat cocok bagi kalian yang sering melakukan cara merekam suara di hp untuk tujuan cover lagu.

3. Easy Voice Recorder

Gambar

Ketiga, cara merekam suara di hp agar jernih juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi bernama Easy Voice Recorder. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bisa digunakan dengan cara yang sangat mudah. Semudah, kalian tinggal membuka aplikasi kemudian menekan tombol rekam, kemudian menyimpannya. 

Meski begitu, aplikasi ini tetap punya keunggulan dibandingkan aplikasi perekam bawaan hp. Salah satunya, kalian bisa memilih jenis format untuk hasil rekaman. Di samping itu, apabila menggunakan versi pro, kalian juga menggunakan mode stereo. Aplikasi versi pro juga bisa dikoneksikan dengan mikrofon bluetooth, sehingga hasil yang dihasilkan bisa lebih maksimal. 

Aplikasi ini akan sangat berguna bagi kalian yang ingin membuat konten vlog, podcast, atau musik dan lagu.

4. RecForge II

Berikutnya, ada aplikasi RecForge II yang juga bisa dipakai untuk cara merekam suara di hp. Dibandingkan aplikasi-aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga tak kalah keren untuk dicoba. Terutama, bagi kalian yang menggunakannya untuk kebutuhan merekam musik. Pasalnya RecForge II mempunyai fitur unggulan yang bisa dipakai untuk mengatur pitch hingga tempo.

Hasil rekaman yang dihasilkan RecForge II juga sangat jernih. RecForge II juga menyediakan beberapa pilihan format, dengan sample rate yang terbilang tinggi yaitu bisa mencapai 48 kHz. Cara pemakaiannya yang mudah dengan fiturnya yang lengkap tentu jadi keunggulan sekaligus daya tarik tersendiri dari aplikasi ini. Bagaimana, tertarik memakainya?

5. Hi-Q MP3 Voice Recorder

Gambar

Pilihan aplikasi lainnya untuk cara merekam suara di hp adalah Hi-Q MP3 Voice Recorder. Aplikasi perekam suara ini bisa menghasilkan simple rate hingga 44 kHz. Sehingga, hasil yang diberikan akan jernih dan tak kalah maksimal dibandingkan aplikasi perekam lainnya.

Cara penggunaannya juga sangat mudah dan praktis. Maka dari itu, aplikasi ini terbilang sangat cocok untuk kalian yang masih pemula dalam aktivitas merekam suara.

Hal menarik lain dari aplikasi ini, pengguna bisa menyimpan hasil rekaman dalam format MP3, sehingga akan sangat mudah diakses dalam berbagai perangkat. Di samping itu, aplikasi perekam suara ini juga disertai dengan fitur transmisi data yang cepat. Hebatnya lagi, proses pengiriman data bisa dilakukan secara wireless.  

6. Smart Voice Recorder

Untuk kalian yang merekam suara untuk kemudian ditranskrip, maka aplikasi Smart Voice Recorder bisa jadi jawabannya. Sebab, sesuai dengan namanya, aplikasi rekam suara yang satu ini bisa dipakai untuk mengubah data suara menjadi tulisan secara langsung dan cepat. Sama seperti aplikasi lainnya, aplikasi perekam suara ini juga masih punya beberapa keunggulan.

Aplikasi Smart Voice Recorder dapat merekam audio secara jernih dalam waktu yang lumayan lama. Selain itu, aplikasi ini mampu menghentikan rekaman secara otomatis ketika objek yang direkam berhenti bersuara dan suasana menjadi hening. Jadi, kalian tak perlu khawatir bakal ketinggalan dan tentunya aplikasi ini juga tidak boros baterai.

Itulah di antaranya beberapa ulasan cara merekam suara di hp dengan beberapa aplikasi unggulan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/gen/psp)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com