4 Cara Registrasi Kartu Smartfren Mudah dan Lengkap, Pahami Langkahnya

Editor KapanLagi.com | Selasa, 21 September 2021 17:11 WIB
4 Cara Registrasi Kartu Smartfren Mudah dan Lengkap, Pahami Langkahnya

Kapanlagi.com - Cara registrasi kartu Smartfren perlu diketahui pengguna baru ataupun pengguna lama. Terlebih sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan pemerintah mengacu pada Peraturan Menkominfo Nomor 12/2016, semua pengguna berbagai provider diwajibkan melakukan registrasi kartu.

Registrasi kartu berarti melakukan pendaftaran dan pengaktifan kartu secara resmi. Dengan melakukan registrasi kartu, maka pengguna dapat menikmati berbagai fitur dan layanan yang telah disediakan. Selain itu, registrasi kartu juga dapat mencegah tindak kejahatan yang semakin marak melalui teknologi digital seperti ponsel.

Karena itulah, semua pengguna provider diwajibkan segera melakukan registrasi. Registrasi berlaku untuk semua pengguna baik baru ataupun lama. Salah satunya, cara registrasi kartu Smartfren sangatlah mudah dapat dilakukan melalui SMS ataupun lewat online di website my.smartfren.com.

Adapun cara registrasi kartu Smartfren dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut ulasannya tentang cara registrasi kartu Smartfren mudah dan lengkap.

1. Mengapa Perlu Registrasi Kartu Smartfren?

Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya, registrasi kartu diwajibkan untuk semua jenis provider mengacu pada Peraturan Menkominfo Nomor 12/2016. Kalian mungkin masih bertanya-tanya mengapa perlu adanya registrasi kartu?

Alasannya tentu berkaitan dengan manfaat dari registrasi kartu. Ya, manfaat registrasi kartu sangatlah beragam. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini alasan perlu dilakukan registrasi kartu.

- Mencegah penyalahgunaan data oleh orang tidak bertanggung jawab.

- Mencegah penipuan dengan menggunakan nomor pelanggan.

- Mencegah penyebaran konten negatif dengan menggunakan nomor pelanggan.

- Memudahkan pelanggan menikmati berbagai layanan baik transaksi ataupun komunikasi, dan internet.

2. 4 Cara Registrasi Kartu Smartfren

Cara registrasi kartu Smartfren sangatlah mudah. Pengguna bisa memilih berbagai cara registrasi kartu Smartfren melalui berbagai macam cara. Di antara cara registrasi kartu Smartfren tersebut seperti melalui SMS, aplikasi mySmartfren, melalui gerai resmi, ataupun lewat website Smartfren. Nah berikut ini 4 cara registrasi kartu Smartfren mudah.

1. Registrasi kartu Smartfren melalui SMS: pengguna baru dan lama dapat melakukan registrasi kartu Smartfren melalui SMS dengan kirim ke 4444 sesuai dengan format pesan dan persyaratannya yakni memakai NIK dan nomor KK.

2. Registrasi kartu Smartfren melalui aplikasi mySmartfren: Pengguna baru dan lama dapat melakukan registrasi kartu Smartfren melalui aplikasi mySmartfren yang telah diunduh dan diinstal.

3. Registrasi kartu Smartfren melalui gerai resmi: Registrasi kartu lewat gerai resmi bisa pengguna baru dan lama lakukan dengan mengunjungi gerai Smartfren terdekat. Jangan lupa membawa persyaratan yang dibutuhkan yakni KTP ataupun KK.

4. Registrasi kartu Smartfren melalui website: Pengguna baru dan lama dapat melakukan registrasi kartu melalui website resmi yakni https://my.smartfren.com/prepaid_reg.php.

3. Cara Registrasi Kartu Smartfren Lewat SMS

Cara registrasi kartu Smartfren yang pertama adalah melalui SMS. Cara registrasi kartu Smartfren lewat SMS sangatlah mudah dan simple. Pasalnya pengguna hanya perlu mengirimkan format pesan ke nomor 4444. Adapun persyaratan yang perlu disiapkan yakni Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta nomor KK. Berikut ini cara registrasi kartu Smartfren melalui SMS.

1. Registrasi Kartu Smartfren Pengguna Baru

- Pertama siapkan NIK dan nomor KK.

- Selanjutnya pastikan simcard kartu Smartfren sudah terpasang pada ponsel.

- Setelah itu, buka aplikasi pesan lalu ketik, NIK#nomor KK#.

- Selanjutnya kirim SMS ke 4444.

- Jika berhasil akan muncul pemberitahuan bahwa nomor Smartfren kalian sudah aktif.

Contoh registrasi kartu Sismartfren: 2357253675235732567#3828238238#

2. Registrasi Kartu Smartfren Pengguna Lama

- Pertama siapkan NIK dan nomor KK.

- Selanjutnya pastikan simcard kartu Smartfren sudah terpasang pada ponsel.

- Setelah itu, buka aplikasi pesan lalu ketik, ULANG#NIK#nomor KK#.

- Selanjutnya kirim SMS ke 4444.

- Jika berhasil akan muncul pemberitahuan bahwa nomor Smartfren kalian sudah aktif.

Contoh registrasi kartu Sismartfren: ULANG#2357253675235732567#3828238238#

4. Cara Registrasi Kartu Smartfren Lewat Aplikasi

Sementara untuk registrasi kartu Smartfren melalui aplikasi, pengguna dapat terlebih dulu mengunduh dan menginstal aplikasi mySmartfren di ponsel. Adapun cara registrasi kartu Smartfren tersebut sebagai berikut.

- Buka aplikasi mySmartfren.

- Lalu pilih menu registrasi.

- Setelah itu isi data dan periksa dengan benar.

- Selanjutnya akan muncul registrasi kartu telah berhasil.

5. Cara Registrasi Kartu Smartfren Melalui Gerai Resmi

Jika kalian ingin melakukan registrasi kartu melalui gerai resmi, maka perlu membawa beberapa persyaratannya. Adapun cara registrasi kartu smartfren melalui gerai hanya perlu membawa persyaratan berupa ktp dan kk. Di mana nantinya petugas akan membantumu melakukan registrasi kartu smartfren.

6. Cara Registrasi Kartu Smartfren Melalui Website

Cara registrasi kartu smartfren melalui website juga tak kalah mudah. Adapun langkah-langkah registrasi kartu smartfren melalui website sebagai berikut:

- Pertama buka website https://my.smartfren.com/prepaid_reg.php

- Lalu isi data dengan benar.

- Setelah data terisi dengan benar, pastikan telah menyetujui persyaratan dan ketentuan.

- Selanjutnya masukkan nomor captcha.

- Lalu pilih lanjut.

- Setelah itu nantinya akan ada notifikasi registrasi telah berhasil.

7. Cara Cek Status Registrasi Kartu Smartfren

Untuk cek status registrasi kartu smartfren sangatlah mudah. Pengguna hanya perlu mengecek status tersebut melalui sms. Adapun format pesan untuk cek status registrasi kartu smartfren tersebut yakni (cek kirim ke 4444).

Itulah cara registrasi kartu smartfren mudah banget. Semoga dengan ulasan di atas dapat membantumu melakukan pendaftaran atau pengaktifan kartu.

Sumber: smartfren.com

{NEWS_BOX_PAGGING}

(kpl/nlw)

Editor:   Nurul Wahida

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com