Cara Registrasi Ulang Kartu XL Dan Apa Saja Yang Perlu Disiapkan, Lengkap!

Editor KapanLagi.com | Jum'at, 21 Juni 2019 09:20 WIB
Cara Registrasi Ulang Kartu XL Dan Apa Saja Yang Perlu Disiapkan, Lengkap!

Kapanlagi.com - Dilansir dari www.xl.xo.id, registrasi ulang kartu XL wajib dilakukan menggunakan data identitas kependudukan yang valid sesuai catatan di Direktorat Jendral Kependudukan & Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri RI atau Dikjen Dukcapil . Tujuannya adalah agar pengguna jasa layanan komunikasi mendapatkan perlindungan jika terjadi aksi-aksi penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, pengguna juga dimudahkan untuk transaksi online dan non tunai.


Untuk persyaratan yang harus disiapkan oleh pengguna, baik bagi WNI maupun WNA sebagai berikut.


1. WNI (Warga Negara Indonesia)
KTP-Elektronik
Kartu Keluarga


2. WNA (Warga Negara Asing)
KITAP (Kartu Ijin Tinggal Tetap)
KITAS (Kartu Ijin Tinggal Sementara)


Kemudian, informasi yang dibutuhkan dari kartu-kartu yang sudah disebutkan di atas adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga.


Cara melakukan registrasi ulang kartu XL adalah sebagai berikut.
Mengirimkan SMS ke nomor 4444 dengan format: ULANG#NIK#NomorKK
Format SMS registrasi ulang bagi pengguna kartu XL lama berbeda dengan registrasi bagi pengguna baru. Untuk pengguna baru kartu XL dapat mengirimkan sms ke nomor 4444 dengan format sebagai berikut.
ULANG#NIK#NomorKK


Dalam waktu 1x24 jam, pengguna akan mendapatkan SMS balasan dari operator yang berarti nomor sudah berhasil diregistrasi ulang.


Namun, jika kamu mengalami kendala saat melakukan registrasi ulang, kamu dapat menghubungi Customer Service XL melalui surel customerservice@xl.co.id atau menghubungi nomor 817.
Kamu juga bisa menghubungi layanan dari Ditjen Halo Dukcapil Kemendagri di nomor 1500537.


Selain itu, apabila mengalami kendala kependudukan seperti NIK tidak ditemukan, pengguna dapat mengunjungi layanan pelanggan Ditjen Dukcapil atau mengunjungi www.dukcapil.kemendagri.go.id pada hari dan jam kerja.


Pengguna dapat melakukan registrasi maksimal 3 nomor kartu XL untuk setiap NIK. Jika melebihi dapat melakukan registrasi pada gerai penyelenggara jasa telekomunikasi atau gerai mitra penyelengara jasa telekomunikasi.


Penulis: Shahfara Raida Utami

(kpl/mag/fff)

Editor :   Editor KapanLagi.com

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com