Cara Restart HP Samsung dengan Mudah dan Lengkap, Pahami Setiap Langkah-Langkahnya

Editor KapanLagi.com | Selasa, 19 Oktober 2021 15:55 WIB
Cara Restart HP Samsung dengan Mudah dan Lengkap, Pahami Setiap Langkah-Langkahnya

Kapanlagi.com - Cara restart hp samsung jadi hal penting untuk diketahui terutama bagi penggunanya. Pasalnya tak bisa dipungkiri pula, samsung menjadi salah satu brand hp paling populer saat ini. Teknologi dan fitur canggih yang ditawarkan, membuat banyak orang menjadikan hp samsung sebagai pilihannya. Namun secanggih-canggihnya teknologi, tetap saja ada kalanya terjadi eror pada hp samsung.

Saat hp mengalami masalah, seperti aplikasi yang tiba-tiba keluar, freezing, suara yang tidak muncul, gagal koneksi, dan sebagainya, me-restart bisa jadi satu solusi. Dengan me-restart, hp akan mulai bekerja dari awal dan akan mengesampingkan berbagai gangguan. Dengan begitu, hp samsung kalian bisa bekerja dengan kondisi yang lebih prima.

Sayangnya, masih ada beberapa orang yang bingung dengan langkah-langkah merestart hp samsung. Jika kalian salah satunya, tak perlu khawatir. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara restart hp samsung yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis.

1. Cara Restart HP Samsung dengan Mudah

Salah satu cara restart HP samsung yang paling umum sekaligus mudah dilakukan dengan menekan tombol power. Namun perlu diketahui, bahwa cara restart ini tidak akan menghapus data yang tersimpan di HP. Sehingga, efeknya tidaklah begitu besar terhadap HP nantinya. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah restart HP samsung dari tombol power.

1) Tekan tombol power lalu tahan beberapa saat, hingga muncul pilihan "restart" atau "mulai lagi".

2) Setelah itu, kalian tekan pilihan restart" atau "mulai lagi" tersebut.

3) Secara otomatis, HP samsung kalian akan mulai proses restart ditandai dengan mati kemudian kembali menyala.

2. Cara Merestart HP Samsung Melalui Menu Pengaturan untuk Sistem OneUI

Cara restart HP samsung lainnya bisa kalian lakukan melalui menu pengaturan atau setting. Tak sekadar restart, cara ini juga akan sekaligus mereset HP. Sehingga, membuat HP menjadi lebih enteng layaknya masih dalam kondisi baru. Saat ini, HP Samsung mempunyai dua jenis sistem operasional yaitu dengan OneUI dan TouchWiz. Kedua sistem operasional ini mempunyai cara berbeda untuk melakukan restart.

Berikut cara me-restart HP samsung melalui menu pengaturan untuk sistem OneUI.

1) Buka menu pengaturan atau setting di HP

2) Temukan pilihan menu manajemen umum atau general management. Kemudian, klik.

3) Setelah masuk ke menu manajemen umum, kalian bisa klik reset.

4) Berikutnya, pilih Reset Data Pabrik atau Factory Data Reset.

5) Jika sudah akan muncul pemberitahuan atau notifikasi terkait data-data yang akan terhapus, apabila proses tersebut dilanjutkan.

6) Apabila tetap akan melanjutkan, kalian tinggal tekan Reset. Dengan begitu, proses restart sekaligus reset data pabrik akan mulai berjalan. Setelah proses berakhir, HP akan bekerja lebih ringan layaknya baru.

3. Cara Merestart HP Samsung Melalui Menu Pengaturan untuk Sistem TouchWiz

Seperti yang disinggung sebelumnya, cara restart HP samsung dengan sistem TouchWiz berbeda dengan OneUI. Namun jangan khawatir, cara merestart HP samsung dengan sistem TouchWiz juga tak kalah mudah dan praktis. Berikut langkah-langkahnya.

1) Pertama, masuk ke menu pengaturan atau setting.

2) Kemudian temukan pilihan menu Backup dan Rest.

3) Setelah itu, pilih menu Factory Data Reset.

4) Agar lebih aman, sebelum melakukan proses reset Factory Data, hidupkan tanda centang pada pilihan back up my data.

5) Jika sudah, kalian bisa klik pilihan Factory Data Reset. Dengan begitu, proses restart dan reset akan berjalan. Kalian hanya perlu menunggu hingga HP menyala secara otomatis.

4. Cara Merestart HP Samsung dengan Mode Recovery

Pilihan cara restart HP samsung yang lain juga bisa dilakukan melalui mode recovery. Jika dibandingkan cara-cara yang sebelumnya, cara ini memang dikenal sedikit rumit. Sehingga, tak heran cara ini cukup jarang digunakan. Meski begitu, cara ini terbilang paling optimal dalam membersihkan data dan membuat HP bisa jadi layaknya dalam kondisi baru. Berikut cara restart HP samsung dengan mode recovery.

1) Pertama, matikan HP untuk bisa masuk ke mode recovery.

2) Setelah handphone mati, tekan dan tahan beberapa saat tombol volume bagian atas dan tombol power secara bersamaan. Tahan 4-10 detik.

3) Selanjutnya, layar akan muncul dalam kondisi mode recovery.

4) Gunakan tombol volume untuk mengarahkan pilihan. Pilih menu Wide Data atau Factory Riset lalu tekan tombol power sebagai ganti Ok.

5) Berikutnya, akan muncul pilihan Yes - Delete All Data. Kalian bisa pilih dengan tekan tombol power.

6) Proses reset akan berjalan secara otomatis. Setelah itu, kalian tinggal pilih menu Reboot System Now untuk me-restart HP Samsung agar kembali ke kondisi seperti sedia kala.

Itulah di antaranya beberapa cara restart HP Samsung yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/gen/psp)

Reporter:   Galuh Esti Nugraini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com