Cara Senam Kegel Bagi Pria dan Wanita, Ketahui Manfaatnya!

Editor KapanLagi.com | Senin, 08 Februari 2021 10:11 WIB
Cara Senam Kegel Bagi Pria dan Wanita, Ketahui Manfaatnya!

Kapanlagi.com - Bagi sebagian orang tentu sudah nggak asing lagi mendengar senam kegel. Senam kegel sendiri merupakan jenis senam untuk melatih otot dasar panggul. Tak heran jika senam ini cukup populer di kalangan wanita. Namun, tak menutup kemungkinan bagi pria melakukan olahraga ini.

Senam kegel sendiri terfokus untuk mengencangkan otot panggul bawah. Sehingga meskipun disebut senam, tapi cara senam kegel ini tidak perlu menggerakkan anggota tubuh lho. Otot panggul sendiri sering digunakan untuk mengendalikan urin. Bahkan, jenis senam yang satu ini terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai masalah seputar panggul dan organ intim jika dilakukannya secara rutin. Cara melakukan gerakan senam kegel pun cukup mudah. Penasaran? Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

 

 

 

1. Cara Melakukan Senam Kegel Wanita

Pada mulanya, senam kegel dikenal sebagai senam bagi ibu yang baru saja melahirkan. Namun, tak hanya itu saja, ternyata ada beragam manfaat lainnya senam kegel bagi wanita yang sayang untuk kalian lewatkan. Tak heran jika banyak yang menyarankan untuk melakukan senam ini karena menyangkut kesehatan organ intim seseorang. Yuk langsung saja intip cara senam kegel yang benar sebagai berikut.

-Pertama-tama, kencangkan otot panggul kalian terlebih dahulu selama tiga detik.

-Saat kalian mengencangkan otot, pastikan jangan menahan napas atau mengencangkan otot perut, paha, dan pantat.

-Setelah itu, lemaskan kembali otot panggul bawah selama tiga detik.
-Kalian bisa mengulangi latihan otot ini hingga 10 kali.

-Ada baiknya, kalian melakukan kegiatan ini sebanyak 3 kali tiga kali sehari untuk hasil yang maksimal.

2. Manfaat Melakukan Senam Kegel Bagi Wanita

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, manfaat senam kegel bagi wanita tak hanya baik untuk ibu hamil saja. Akan tetapi, ada manfaat baik lainnya yang perlu kalian ketahui. Apa saja? Yuk langsung saja simak manfaat melakukan senam kegel bagi wanita.

-Mempercepat pemulihan vagina setelah melahirkan. Hal ini lantaran senam kegel bisa meningkatkan sirkulasi darah yang lancar ke arah vagina. Darah yang mengandung oksigen dan berbagai nutrisi sangat diperlukan untuk meregenerasi beragam sel dan jaringan vagina yang mengalami kerusakan akibat episiotomi.

-Merapatkan vagina, jika kalian rutin melakukan senam kegel, maka kalian akan mendapatkan manfaat yaitu vagina kalian menjadi rapat. Terlebih bagi kalian yang baru saja melakukan persalinan normal, ada baiknya untuk melakukan senam ini.

-Membantu mengatasi gejala-gejala proplas organ panggul. Kondisi ini dimana saat otot dan ligamen yang menopang organ-organ di area panggul melemah.

-Mengatasi wasir, wasir atau ambeien menjadi salah satu masalah kesehatan yang tidak bisa dianggap sepele. Sebagai upaya mengatasinya, kalian bisa melakukan senam kegel. Hal ini lantaran senam kegel dapat melancarkan peredaran darah menuju dubur dan vagina.

3. Cara Melakukan Senam Kegel Pria

Senam kegel tak hanya populer di kalangan wanita. Para pria pun juga dianjurkan untuk melakukan senam ini lho. Itulah mengapa senam yang satu ini sangat dianjurkan bagi siapa saja untuk melatih otot panggul. Yuk langsung saja intip cara senam kegel pria yang benar sebagai berikut.

-Kalian bisa melakukan senam kagel sambil berbaring supaya kalian lebih rileks.

-Pastikan letak otot dasar panggul kalian. Cobalah untuk mengencangkan otot seolah sedang menahan laju urin. Nah, otot yang berkontraksi, itulah otot dasar panggul kalian.

-Kencangkan otot panggul tersebut selama 3 detik.

-Selama mengencangkan otot panggul bawah, bernapaslah seperti biasa dan jangan menahan otot perut, paha, atau pantat.

-Lemaskan otot panggul bawah dan beri jeda kira-kira 3 detik.
-Ulangi latihan otot selama 10 kali.

-Usahakan untuk melakukan senam kegel tiga kali sehari.

4. Manfaat Melakukan Senam Kegel Pria

Ada sederet manfaat yang kalian lakukan jika rutin melakukan senam kegel. Apa saja manfaatnya bagi pria? Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

-Melancarkan peredaran darah sehingga penis bisa ereksi lebih kuat saat berhubungan seks.

-Mencegah dan membantu mengatasi ejakulasi dini. Menurut sebuah penelitian, melakukan senam kegel selama krang lebih dua belas minggu dapat membantu mengatasi masalah ejakulasi dini dan menunda orgasme, sehingga seks lebih memuaskan.

-Mencegah kencing tidak tuntas atau kencing yang masih menetes setelah buang air kecil.

-Menjaga kesehatan prostat pria. Seperti yang kalian ketahui ika senam ini sangat baik untuk otot-oto yang ada di sekitar prostat, sehingga dapat menopang berbagai oran reproduksi pria dengan kuat.-Membantu meredakan inkontinensia urin. Kondisi ini merupakan sulitnya menahan buang air krcil atau selalu merasa ada desakan untuk buang air kecil.

Itulah sederet cara melakukan senam kegel bagi pria dan wanita beserta manfaatnya yang perlu kalian ketahui. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:   Dita Tamara

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com