Cara Transfer Pulsa Indosat ke Sesama dan Operator Lain dengan Mudah

Editor KapanLagi.com | Senin, 13 September 2021 15:33 WIB
Cara Transfer Pulsa Indosat ke Sesama dan Operator Lain dengan Mudah

Kapanlagi.com - Bagi kalian pengguna kartu Indosat, mungkin kalian sedang mencari cara transfer pulsa Indosat. Layanan transfer pulsa biasanya memang disediakan oleh penyedia jasa telekomunikasi, termasuk Indosat. Layanan ini sangat berguna jika kebetulan kalian butuh pulsa dalam kondisi mendesak.

Apalagi, pulsa sudah seperti kebutuhan utama bagi manusia. Meski kebanyakan sudah beralih ke aplikasi berbasis internet, ternyata cara transfer pulsa Indosat masih cukup berguna hingga kini. Sebagai pengguna, kalian bisa menjadi pihak pengirim atau penerima, tergantung pada kondisi yang sedang kalian alami.

Tak hanya untuk membayar layanan telepon dan sms, pulsa pun bisa kalian gunakan untuk membeli paket internet. Bayangkan, kalian tak punya jaringan internet di masa kini, sedangkan situasi memaksa untuk tetap bekerja menggunakannya. Maka, memiliki pengetahuan tentang cara transfer pulsa Indosat sebenarnya cukup penting bagi kalian.

Dengan begitu, kalian bisa membantu teman atau kerabat yang sedang kesulitan atau mengajarkan mereka cara transfer pulsa Indosat saat kalian membutuhkan. Oleh karena itu, simak beberapa cara mudah transfer pulsa berikut ini.

 

1. Syarat dan Ketentuan Cara Transfer Pulsa Indosat

Sebelum masuk ke tata cara transfer pulsa Indosat, lebih baik kalian menyimak tentang syarat dan ketentuannya. Hal ini penting untuk menghindari kegagalan transaksi karena ternyata syarat dan ketentuannya tak kalian penuhi. Indosat sebenarnya punya banyak layanan. Selain layanan prabayar dan pascabayar, Indosat juga punya layanan multimedia, seperti multimedia, data comumunication service atau internet.

Atas berbagai layanan yang ditawarkan, melansir dari laman Indosatooredo, jumlah pelanggan seluler meningkat 7 persen YoY (Year over Year) menjadi 60 juta pelanggan pada kuartal 1 tahun 2021. Sebagai salah satu pengguna tersebut, sebaiknya kalian mengetahui beberapa peraturan layanan transfer pulsa berikut ini.

1. Pengirim dan penerima pulsa harus berada dalam masa aktif (kecuali Matrix Ooredoo Auto).

2. Masa aktif transfer pulsa akan mengambil masa aktif terpanjang dengan maksimal 45 hari penambahan masa aktif.

3. Penambahan masa aktif kepada penerima tidak akan mengusik masa aktif pengirim.

4. Penerima pulsa pun akan memperoleh tambahan masa tenggang selama 30 hari (kecuali Matrix Ooredoo Auto).

5. Pulsa tersisa pengirim harus berada di jumlah sekurang-kurangnya Rp 5.000 setelah melakukan transfer dan setelah dipotong biaya kirim.

6. Nominal pulsa yang terkirim akan dialokasikan ke pulsa utama penerima, sehingga tidak akan hilang ketika penerima melakukan perpindahan paket.

7. Pengirim akan dikenakan Rp 600 sebagai biaya transfer yang akan terpotong dari pulsa utama.

8. Layanan ini berlaku untuk pelanggan prabayar Mentari Ooredoo, IM3 Ooredoo, Matrix Ooredoo sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

2. Cara Transfer Pulsa Indosat Melalui SMS

Setelah memastikan bahwa kalian merupakan pengirim yang sudah sesuai syarat dan ketentuan, langsung saja wujudkan niat untuk transfer pulsa. Salah satu cara transfer pulsa Indosat yang bisa kalian tempuh, yaitu dengan menggunakan layanan SMS. Untuk melakukannya, silakan ikuti langkah berikut ini.

1. Buka aplikasi SMS pada ponsel kalian.

2. Ketik SMS dengan format TP (spasi) nomor tujuan (spasi) nominal.

3. Contoh: TP 080234543210 50000.

4. Setelah itu, kirim pesan ke 151.

5. Tunggu beberapa saat hingga muncul konfirmasi token.

6. Kirim SMS OK.

Nah, itulah salah satu cara yang bisa kalian tempuh. Biasanya juga ada konfirmasi sebagai tanda bahwa transaksi yang kalian lakukan berhasil.

3. Cara Transfer Pulsa Indosat Melalui Panggilan

Selain melalui SMS, ada juga cara transfer pulsa Indosat melalui panggilan. Jika kalian ingin melakukannya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka menu panggilan di HP kalian.

2. Bagi kalian pengguna IM3 Ooredoo dan Mentari Ooredoo, tekan *123*7*2*3*1#.

3. Namun, bagi kalian pengguna Indosat Pascabayar (Matrix Ooredoo Auto), tekan *123*7*1*6*1#.

4. Lalu, tekan tombol panggil atau call.

5. Setelah itu, kalian tinggal mengikuti petunjuk yang muncul di layar HP.

Bisanya, kalian akan mendapat pesan konfirmasi sebagai tanda keberhasilan transaksi.

4. Cara Transfer Pulsa Indosat ke Operator Lain

Selain ke sesama Indosat, kalian juga bisa melakukan transfer pulsa ke operator lain. Cara transfer pulsa Indosat ke operator lain bisa kalian lakukan lewat SMS seperti berikut ini.

1. Buka fitur SMS dan buat pesan dengan format TRANSFERPULSA(spasi)NomorHP(spasi)Nominal Pulsa yang akan dikirimkan.

2. Contoh: TRANSFERPULSA 080123456543 50000.

3. Setelah itu, akan ada konfirmasi token yang dikirimkan ke nomor kalian.

4. Ketik OK diikuti nomer token.

5. Selanjutnya, kirim kode token tersebut ke 151.

Cara di atas memang bisa digunakan, tapi tak cukup efektif karena beberapa operator lain tak mendukung layanan ini dengan fitur SMS. Sebagai solusi cara transfer pulsa Indosat, kalian bisa menggunakan kode UMB.

Kode UMB (USSD Menu Browser) merupakan layanan yang disediakan penyedia jasa telekomunikasi yang memuat berbagai informasi untuk diketahui pengguna. Salah satu informasi atau layanan yang kalian manfaatkan, yakni transfer pulsa. Untuk melakukannya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka menu panggilan.

2. Ketik *123*6*8# dan tekan tombol panggil.

3. Tunggu sampai muncul menu transfer pulsa, lalu ketik 1.

4. Masukkan nomor yang dituju dan ikuti langkah-langkah yang ada pada layar.

5. Tunggu SMS notifikasi muncul.

Itulah beberapa cara transfer pulsa Indosat yang bisa kalian lakukan.

(kpl/gen/ans)

Reporter:   Galuh Esti Nugraini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com