Cara Unreg Kartu Indosat Sebelum Ganti Nomor, Bisa Lewat UMB, SMS, dan Customer Service

Editor KapanLagi.com | Selasa, 21 September 2021 17:44 WIB
Cara Unreg Kartu Indosat Sebelum Ganti Nomor, Bisa Lewat UMB, SMS, dan Customer Service

Kapanlagi.com - Selain cara registrasi, kalian pun perlu mengetahui cara unreg kartu Indosat. Unreg berarti membatalkan resgistrasi atau pendaftaran kartu yang sebelumnya sudah dilakukan. Ada berbagai alasan mengapa seseorang harus membatalkan pendaftaran kartunya.

Misalnya,ketika kalian ingin mengganti nomor, HP hilang, bahkan nomor mati. Oleh karena itu, cara unreg kartu Indosat perlu diketahui agar saat mengalami hal seperti itu, kalian sudah mengetahui langkah yang harus diambil. Jangan sampai kalian membuang kartu tanpa melakukan unreg.

Pasalnya, jumlah kepemilikan nomor yang didaftarkan dengan data diri dibatasi maksimal tiga untuk setiap orang. Jika kalian sudah memenuhi jumlah maksimal, tapi nomor sudah tak digunakan, artinya kalian sendiri yang akan dirugikan.

Nah, oleh karena itu, berikut ini terdapat langkah-langkah atau tata cara unreg kartu Indosat yang bisa kalian simak. Sekali lagi, langkah ini penting untuk kalian lakukan sebelum melakukan registrasi pada kartu baru sebagai pengganti.

1. Cara Unreg Kartu Indosat Secara Mandiri

1. Cara Unreg Kartu Indosat Melalui UMB

Ada beberapa pilihan bagi kalian yang ingin membatalkan pendaftaran kartu. Salah satunya dengan cara unreg kartu Indosat melalui UMB (USSD Menu Browser) atau menu panggilan seperti berikut ini.

- Buka menu panggilan.

- Masukkan kode *123*4444# kemudian pilih 'OK' atau tombol panggilan.

- Selanjutnya, kalian akan diminta memilih salah satu opsi yang terdiri dari registrasi, cek status, cek NIK, dan hapus data registrasi.

- Pilih dan ketik nomor 4 yang berisi 'hapus data registrasi' lalu tekan OK.

- Setelah itu akan muncul kolom konfirmasi ulang, pilih 1 sebagai 'setuju' untuk melanjutkan proses.

- Sebagai tanda unreg berhasil, kalian akan mendapat pemberitahuan yang berbunyi "UNPAIR nomor Anda berhasil".

2.Cara Unreg Kartu Indosat Melalui SMS

Seperti saat melakukan registrasi, cara unreg kartu Indosat pun bisa melalui SMS. Untuk melakukannya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

- Buka menu SMS

- Ketik UNPAIR#Nomor Handphone#.

- Contohnya, UNPAIR#081456789012#

- Selanjutnya, kirim ke nomor 4444.

- Sama seperti proses unreg yang lain, kalian akan mendapat pemberitahuan sebagai tanda jika proses unreg telah berhasil.

2. Cara Unreg Kartu Indosat Melalui Customer Service

3. Cara Unreg Kartu Indosat Saat Gagal Proses Mandiri

Selain melalui cara mandiri di atas, cara unreg kartu Indosat juga bisa kalian lakukan dengan meminta tolong ke petugas. Dengan begitu, tentu saja kalian perlu datang ke gerai Indosat.

Gerai Indosat pun tersebar di berbagai kota, jika tak ada di kota domisili kalian, datangi saja yang terdekat. Namun, kalian perlu ingat, sebelum mendatanginya siapkan dokumen-dokumen yang nantinya diperlukan untuk proses unreg kartu.

Selanjutnya, kalian bisa langsung menuju customer service, utarakan niat kalian untuk unreg kartu, dan serahkan dokumen resmi sepeti NIK dan nomor KK yang sudah disiapkan. Setelah itu petugas akan membantu kalian. Cara ini juga bisa kalian pakai ketika gagal dalam melakukan unreg mandiri baik melalui UMB atau menu panggilan maupun SMS.

4. Cara Unreg Kartu Indosat yang Hilang

HP hilang merupakan salah satu alasan seseorang untuk menerapkan tata cara unreg kartu Indosat. Tentu hal ini tak bisa kalian lakukan sendiri. Agar kartu nomor kalian tak digunakan oleh orang tak bertanggung jawab maka kalian perlu memblokirnya.

Oleh karena itu, kalian perlu menghubungi customer service Indosat di (021) 30003000 untuk meminta bantuan. Selain itu, kalian juga bisa langsung datang ke gerai Indosat dengan membawa dokumen NIK dan nomor KK yang dulu kalian pakai untuk registrasi.

3. Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Unreg Kartu Indosat

Alasan kalian meninggalkan atau mengganti suatu nomor dengan nomor lainnya bisa beragam. Namun yang pasti, kalian perlu menerapkan cara unreg kartu Indosat terlebih dahulu sebelum beralih ke pengganti. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari data ganda.

Selain itu, kesempatan kalian untuk mendaftarkan nomor baru dengan data diri dibatasi maksimal hanya tiga nomor. Oleh karena itu, jika kalian terbiasa menggunakan banyak nomor atau sering berganti, lebih baik biasakan diri untuk melakukan unreg terlebih dahulu.

Hampir seluruh penyedia jasa telekomunikasi, termasuk Indosat, telah menyediakan berbagai layanan untuk unreg. Hal ini pun dibuat dengan cukup sederhana sehingga memudahkan pengguna untuk melakukannya secara mandiri.

Meski bisa dilakukan dengan mudah, kalian tak bisa seenaknya menikmati layanan ini. Pertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan untuk melakukan unreg. Masalahnya, setiap nomor yang sudah berhasil registrasi, kemudian di-unreg maka nomor itu akan mati dan tak bisa kalian pakai hingga seterusnya.

Artinya, kalian harus benar-benar mempertimbangkan hal ini karena nomor tersebut tak akan bisa diaktivasi kembali dengan identitas yang sama di sama depan.

Nah, KLovers, itulah beberapa cara unreg kartu Indosat beserta hal-hal yang perlu kalian pertimbangan sebelum mengambil keputusan.

(kpl/ans)

Editor:   Anik Setiyaningrum

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com