7 Cara Mengatasi Cemas Berlebih Akibat Wabah Corona Covid-19, Salah Satunya Berpikir Positif

Galuh Esti Nugraini| Selasa, 24 Maret 2020 20:24 WIB
Galuh Esti Nugraini | Selasa, 24 Maret 2020 20:24

Kapanlagi.com - Perkembangan kasus Covid-19 saat ini berdampak kepada stres dan kecemasan berlebih banyak orang. Hal ini terjadi karena banyaknya perbincangan publik mengenai Covid-19. Tak jarang orang menjadi panik sehingga mempengaruhi kesehatan mental akibat rasa takut akan terpapar Covid-19 maupun kehilangan orang-orang yang mereka cintai.

Kecemasan berlebih bisa berdampak kepada psikologis seseorang. Hal ini terjadi karena fisik seseorang yang meliputi rasa takut, khawatir terhadap kesehatan diri mereka sendiri maupun orang-orang terdekat mereka.

Kalau sudah begitu, akan mempengaruhi kesehatan dan berakibat perubahan pola tidur, pola makan, yang dapat menurunkan daya tahan tubuh seseorang. Padahal, daya tahan tubuh merupakan salah satu hal penting yang harus dijaga agar tetap sehat.

Lalu, bagaimana cara mengatasi cemas berlebih akibat Covid-19? Berikut kapanlagi.com merangkum cara mengatasi cemas berlebih akibat Covid-19.

1 Dari 7 Halaman

1. Cari Sumber Terpercaya

Cari Sumber Terpercaya (credit: pixabay)
Maraknya berita hoax akan membuat kamu merasa lebih was-was. Bahkan dalam sehari, banyak sekali informasi yang beredar mengenai Covid-19. Informasi yang kamu konsumsi melalui group aplikasi pesan, maupun sosial media, harus benar-benar kamu saring kebenarannya.

Informasi yang beredar dari teman maupun keluarga juga patut anda waspadai. Sebaiknya anda memantau perkembangan Covid-19 dari sumber-sumber benar dan terpercaya. Informasi hoax akan membuat anda justru lebih panik dan cemas.

2 dari 7 halaman

2. Alihkan Perhatian

Alihkan Perhatian (credit: pixabay)
Wabah Covid-19 yang menghantui kecemasan diri kamu, tentu membuat kamu merasa berfokus terus menerus terhadap wabah ini. Tidak ada salahnya jika kamu selalu waspada, namun jangan sampai informasi yang kamu konsumsi membuat pikiranmu menjadi panik.

Kamu harus bisa berpikir lebih tenang dan mengalihkan perhatian kamu untuk bersantai dan menenangkan pikiran. Sebagai contoh, kamu bisa mengalihkan perhatian kamu kepada hobi seperti membaca buku, merawat tanaman, memasak, dan masih banyak lagi.

3 dari 7 halaman

3. Jaga Kesehatan

Jaga Kesehatan (credit:pixabay)
Menjaga kesehatan merupakan hal yang paling penting untuk kamu lakukan. Terapkan pola hidup sehat untuk menjaga diri kamu dengan cara:

- Mengonsumsi air putih, jangan sampai kamu kekurangan cairan di dalam tubuh kamu. Baiknya kamu konsumsi air putih minimal 2 liter per hari untuk orang dewasa.

- Konsumsi makanan sehat dan seimbang, perbanyak makan sayur-sayuran dan buah untuk menjaga tubuh agar tetap fit.

- Tetap rajin berolahraga. Ditengah mewabahnya covid-19, tetap lakukan olahraga di sekitar rumah. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh seseorang.

- Istirahat yang cukup, hindari begadang untuk hal-hal yang kurang penting. Ada baiknya kamu tidur setidaknya 7-9 jam untuk orang dewasa

- Cuci tangan sesering mungkin, tangan merupakan sarang virus yang paling banyak. Oleh sebabnya, kamu harus sesering mungkin mencuci tangan. Setidaknya 20 detik dengan air dan sabun.

4 dari 7 halaman

4. Berpikir Positif

Berpikir Positif (credit:pixabay)
Tips dalam menghadapi kecemasan berlebih ditengah-tengah mewabahnya covid-19 salah satunya dengan berpikir positif. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk terus berpikir positif.

Kamu bisa memulainya memberikan sugesti positif pada diri kamu sendiri. Point ini sangat penting karena jika anda menghilangkan pikiran negatif pada diri anda, pikiran anda akan jauh lebih tenang. Mulailah untuk mencobanya.

Hal lain yang bisa kamu lakukan dengan cara memberikan sugesti positif kepada diri sendiri maupun ke orang lain. Mulailah berfokus pada hal-hal yang menurut kamu menyenangkan seperti berbagi cerita dengan teman, berkomunikasi melalui telepon, dan masih banyak cara lainnya.

5 dari 7 halaman

5. Jauhi Rokok, Alkohol, dan Narkoba

Jauhi Rokok, Alkohol, dan Narkoba (credit:pixabay)
Pada dasarnya rasa ingin tau terhadap sesuatu hal yang negatif bisa saja terjadi. Tapi, jangan sampai kamu mencoba hal buruk yang dapat menjerumuskan kamu. Oleh sebabnya, menjauhi rokok, alkohol, dan narkoba merupakan langkah yang tepat.

Barang larangan yang disebut dapat mengendalikan emosi itu bukan satu-satunya cara yang harus kamu lakukan. Kamu bisa mengendalikan emosi menggunakan keterampilan yang kamu punya dengan melakukan hobi yang kamu gemari.

Antisipasi lainnya terhadap Covid-19 yakni agar tetap menjaga kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan. Gunakan masker, selalu cuci tangan, serta konsumsi sayur dan buah yang bisa menjaga imunitas dan daya tahan tubuh kamu.

6 dari 7 halaman

6. Melatih Mindfulness

Melatih Mindfulness (credit:pixabay)
Melansir dari Very Well Mind, meditasi mindfulness merupakan teknik meditasi yang melatih kita agar berfokus pada emosi, pikiran dan sensasi yang kita alami pada saat ini. Bukan yang sudah berlalu atau yang akan datang.

Teknik meditasi yang bisa kamu lakukan bervariasi. Salah satunya, kamu bisa memulainya dengan mencari tempat yang tenang dan nyaman. Mulailah mencoba latihan pernafasan dengan cara mengatur nafas dan memusatkan pikiran untuk lebih rileks.

7 dari 7 halaman

7. Tertawa

Tertawa (credit:pixabay)

(kpl/dtm/gen)


Editor:  

Dita Tamara

Join Kapanlagi.com