ADVERTORIAL

Cerita Kreativitas Tanpa Batas ala Juara Kreatif Lokal Awards 2020, Seperti Apa?

Wuri Anggarini| Jum'at, 27 November 2020 07:15 WIB
Cerita Kreativitas Tanpa Batas ala Juara Kreatif Lokal Awards 2020, Seperti Apa?

Kapanlagi.com - Menjalankan bisnis memang butuh banyak modal. Selain modal berupa uang atau materi untuk membangun bisnis yang diimpikan, penting juga punya konsep usaha matang dan kreativitas tanpa batas untuk mengembangkan produk apapun yang dipasarkan. Berani bereksplorasi adalah kunci.

Hal ini juga yang sudah dibuktikan oleh para juara Kreatif Lokal Awards 2020, sebuah apresiasi terhadap para pelaku usaha yang berhasil menciptakan prestasi kinerja mengagumkan yang dipersembahkan oleh Adira Finance. Apresiasi ini merupakan bagian dari rangkaian event Festival Kreatif Lokal 2020 yang merupakan bentuk kolaborasi bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bertema #BangkitBersamaSahabat.

Setelah bersaing dari ribuan peserta dan lolos penjurian 18 finalis, 6 UKM terpilih menjadi juara Kreatif Lokal Awards 2020 yang dinobatkan dalam Malam Anugerah Kreatif Lokal Award 2020 pada Jumat, 13 November 2020. Yuk, intip inovasi bisnis yang dihadirkan oleh para pahlawan UKM tersebut!

Inovasi Ezmour dalam Mengembangkan Fashion Kulit

(c) Youtube/Adira Finance(c) Youtube/Adira Finance

Fashion items berbahan dasar kulit dikenal dengan harganya yang mahal. Namun, Ezmour berusaha menepis anggapan tersebut dengan memproduksi tas dan sepatu kulit dengan harga yang terjangkau. UKM fashion yang sudah berdiri sejak tahun 2016 ini menggunakan kulit sapi berstandar internasional. Inovasinya ternyata mendapatkan sambutan dari masyarakat dan hingga saat ini mereka bisa memproduksi hingga 1000 produk per bulannya.

Kesuksesan Ezmour juga memberikan social impact kepada masyarakat sekitarnya karena membuka lapangan pekerjaan baru. Di tengah pandemi ini, UKM tersebut ingin membuka lini bisnis baru demi menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat di sekitar.

Unik dan Kreatif, Kotak Narsis Berhasil Bertahan di Tengah Pandemi

Kotak Narsis menjadi UKM di bidang fotografi yang berhasil memikat dewan juri. Pertama kali berdiri tiga tahun lalu di Makassar, ide awalnya terbilang sederhana. Saat menghadiri acara pernikahan, sang founder tidak bisa melihat hasil fotonya sendiri. Dari sinilah Kotak Narsis hadir sebagai photobooth event di mana pengunjung nggak hanya bisa berfoto tapi juga melihat langsung hasil fotonya sekaligus menjadikannya sebagai suvenir.

Di tengah situasi pandemi ini, Kotak Narsis sudah menyiapkan strategi khusus. Mulai dari menciptakan inovasi baru dengan Camera Live 360, melakukan kerja sama digital, dan membuat Kotak Narsis Rangers dengan memberdayakan pelajar atau mahasiswa yang mencari uang saku tambahan.

Serumpun Lima, Jawara yang Melestarikan Budaya Lokal

Selanjutnya di kategori Pertunjukan, ada Serumpun Lima dari Balikpapan, Kalimantan Timur yang berhasil menjadi juara. UKM yang satu ini punya misi mulia, yaitu melestarikan kebudayaan daerah. Hal ini menjadi tantangan tersendiri karena merangkai gerakan, lagu, dan komposisi talent artinya harus mempelajari tentang budaya secara mendalam. Di momen pandemi ini mereka berencana untuk menggelar program pertunjukan virtual dan mengikuti lomba virtual dengan video live.

Dewi Home Crab, Juara Inovasi Olahan Rajungan

(c) Youtube/Adira Finance(c) Youtube/Adira Finance

Lanjut ke kategori Kuliner, Dewi Home Crab menjadi UKM dengan inovasi kreatif karena berhasil mengolah berbagai kuliner dari rajungan, seperti nugget hingga kerupuk. Salah satu produk unggulannya adalah pempek rajungan yang unik, bahkan produk ini belum memiliki pesaingnya lho. Mengusung semangat memanfaatkan hasil kekayaan laut Indonesia, UKM tersebut juga ingin memperluas jaringan dan memasarkan usaha di marketplace sebagai strategi menghadapi pandemi.

Dekardekorshop Jadi Bukti Kreativitas di Tengah Keterbatasan

Cerita inspiratif lainnya datang dari Dekardekorshop, pemenang di kategori Kriya. Sang owner berhasil membuktikan jika keterbatasan fisik nggak menghalanginya untuk berkreasi dan menjalankan usaha poster kayu. Dibantu oleh sang istri, owner yang memiliki kemampuan internet marketing berhasil menciptakan inovasi karya yang simpel dan mudah dibuat. Dekardekorshop pun punya strategi tersendiri di tengah situasi pandemi ini, yaitu menciptakan karya yang lebih ekonomis dengan kualitas terjaga dan meningkatkan budget promosi.

Aceh Documentary, Perjuangkan Industri Perfilman di Aceh

(c) Youtube/Adira Finance(c) Youtube/Adira Finance

Juara kategori Video sekaligus yang menyabet sebagai juara favorit ini bergerak untuk memajukan industri perfilman di Aceh. Berdiri sejak 2013, Aceh Documentary berupaya meningkatkan keahlian kelompok masyarakat di semua aspek perfilman. UKM ini juga mendorong implementasi medium film dalam kampanye sosial, lingkungan, pendidikan, budaya dan kearifan lokal.

Wah, ide usaha mereka benar-benar kreatif kan, KLovers! Bisa jadi inspirasi buat kamu yang ingin mengembangkan bisnis sendiri nih! Setelah Kreatif Lokal Award 2020 digelar, masih ada rangkaian Festival Kreatif Lokal 2020 yang akan menyapa kamu pada Januari 2021 mendatang. Apalagi kalau bukan Konser Kreatif Lokal 2021 yang sudah ditunggu-tunggu. Bakal menghadirkan lineup ternama yang menghibur, tungguin terus update-nya ya!

Selain itu, masih ada lagi Online Workshop & Talkshow bersama ikon kreatif serta konser amal artis ternama untuk memberikan donasi bagi pelaku UKM yang terdampak pandemi. Lewat Festival Kreatif Lokal ini, yuk bangkit bersama dan saling berkolaborasi hadapi tantangan ini!

(adv/wri)

Editor :

Wuri Anggarini

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com